Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PAT kelas 3 kurikulum 13 baru – dunia guru 87

Soal PAT kelas 3  kurikulum 13 baru – dunia guru 87


Soal PAT kelas 3  kurikulum 13 baru – dunia guru 87

Soal PAT – setiap akhir tahun ajaran peserta didik akan melaksanakan kegiatan penilaian akhir tahun. Kegiatan ini akan di laksanakan apabila teman teman telah menyelesaikan pembahasan materi yang ada di semester 2 kelas 3.

Soal PAT ini adalah rangkaian kegiatan yang akan di lalui peserta didik sebelum peserta didik tersebut di nyatakan naik ke kelas 4 atau tetap tinggal di kelas 3. Tapi kegiatan penilaian ini bukan satu – satunya penentu apakah peserta didik dapat naik ke kelas yang lebih tinggi.

Ada banyak faktor yang akan menentukan apakah peserta didik tersebut dapat naik ke kelas yang lebih tinggi, salah satunya adalah hasil penilaian setiap tema yang ada di semester 2. Dalam semester 2 ini peserta didik akan mengikuti 4 kegiatan penilaian setiap tema dan satu kegiatan penialaian tengah semester.

Nilai – nilai ini akan di gabung dengan nilai yang di dapatkan peserta didik setelah menyelesaikan soal PAT. Selain itu karakter dari peserta didik itu sendiri juga menjadi salah satu penentu apakah peserta didik tersebut berhak naik kelas atau tetap tinggal kelas.

Saya ambilkan salah satu contoh, misalnya ada peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, seperti nakal, mengganggu teman, dan jarang masuk sekolah. Peserta didik seperti ini tentunya tidak akan mendapatkan nilai yang baik baik itu secara karakter dan juga nilai dari suatu penilaian.

Peserta didik seperti ini bisa kita tetapkan di kelas 3, tapi sebelum mengambil sebuah keputusan alangkah baiknya teman – teman berkonsultasi terlebih dahulu dengan kepala sekolah dan juga dinas terkait. Ini bertujuan untuk mendapatkan keputusan yang tepat untuk peserta didik.

Soal PAT kelas 3 kurikulum 2013

Agar peserta didik mampu untuk menyelesaikan soal PAT yang telah kita susun, kita harus mampu dan memastikan semua materi yang ada di semester 2 ini telah selesai di bahas. Selain itu kita juga harus memastikan materi yang telah di bahas ini mampu di serap dengan baik, karena semakin baik daya serap peserta didik semakin baik pula hasil penilaian yang di dapatkan.

Kita tentu sangat mengharapkan agar nilai yang di peroleh peserta didik mampu untuk melampaui batas minimal yang telah di tentukan, agar kita tidak perlu untuk mengadakan kegiatan remidial. Karena jika peserta didik harus mengikuti kegiatan remidial, kita harus menyiapkan waktu tambahan dalam rangka mengadakan kegiatan tersebut.

Hal ini tentu saja sangat tidak efisien dan akan membuang banyak waktu kita. Selain itu kepercayaan diri peserta didik juga akan menurun, karena mereka pasti akan merasa tidak mampu untuk menyelesaikan setiap soal yang akan kita berikan nantinya.

Soal PAT kelas 3 

Agar hal tersebut tidak terjadi, kita sebagai seorang guru harus mengerahkan segenap kemampuan kita dalam mengelola kelas dan menyampaikan semua materi. Kita harus bisa menumbuhkan semangat belajar peserta didik agar materi yang kita berikan bisa lebih mudah untuk di tangkap.

Kita juga harus menggunakan model pembelajaran yang cocok dengan kondisi kelas kita, selain itu kita juga harus memaksimalkan penggunaan media pembelajaran agar materi tersebut lebih mudah untuk di mengerti.

Dalam menyusun soal PAT, saya telah melampirkan contoh soal dalam artikel ini. harapan saya agar soal ini bisa menjadi panduan teman teman dalam menyusun soal yang sesuai dengan materi, dan mempersingkat waktu penyusunan soal. Karena di sekolah terdapat banyak tugas yang harus kita selesaikan selain menyusun soal PAT ini.

Kita mungkin bisa menyusun soal PAT ini dirumah, tapi hal ini tentu akan sulit untuk di lakukan karena di rumah kita juga memiliki kehidupan sendiri bersama keluarga. Kita akan mengalami kesulitan dalam membagi waktu di rumah , karena akan ada hal – hal di luar tugas kita sebagai guru yang harus di kerjakan.

Download soal PAT kelas 3 

Tema 5 ( LINK )
Tema 6 ( LINK )
Tema 7 ( LINK )
Tema 8 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Soal PAT kelas 3  kurikulum 13 baru yang bisa dunia guru 87 bagikan, semoga saja soal PAT ini bisa membantu dalam melaksanakan penilaian.