Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Efek begadang yang sangat perlu kita ketahui – dunia guru 87

5 Efek begadang yang sangat perlu kita ketahui – dunia guru 87
Foto oleh Daria Shevtsova dari Pexels

5 Efek begadang yang sangat perlu kita ketahui – dunia guru 87

Efek begadang – tanpa kita sadari, aktivitas yang kita lakukan setiap hari kerap menyita waktu hingga larut malam. Hal ini akan mengakibatkan jam tidur/ istrahat kita menjadi berkurang, dan juga akan ber efek pada pola makan yang tidak sehat.

Kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup, untuk dapat membuat tubuh kita lebih fresh lagi di pagi hari. Dengan tubuh yang segar akan meningkatkan semangat kita dalam melaksanakan aktivitas, tapi apabila kita tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, akan sangat berimbas negatif pada setiap aktivitas yang kita lakukan.

5 efek samping begadang 

Dunia guru 87 telah merangkum beberapa efek begadang yang bisa kita alami, sehingga kita bisa mengurangi kebiasaan buruk ini.

1. Sakit kepala

Efek begadang yang pertama adalah sakit kepala. Pada umumnya rasa sakit kepala ini akan muncul pada siang hari ketika aktivitas kita sedang padat – padatnya. Pada sebagian orang akan mengalami migrain atau lebih di kenal  dengan sakit kepala sebelah. 

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kita dalam beraktivitas, apalagi bagi kita yang biasanya selalu di kejar oleh deadline. Yang bisa kita lakukan pertama adalah mengkonsumsi obat untuk mengurangi rasa sakit ini, dan berusaha untuk mengubah jam istirahat kita agar kembali normal.

2. Meningkatnya gula darah

Tidak banyak yang tahu dan sadar bahwa kebiasaan begadang bisa mengingkatkan gula darah kita. Sebuah penelitian yang di kerjakan pada tahun 2015, merangkum bahwa kadar gula yang tinggi ternyata banyak di temukan pada orang orang yang senang begadang. Yang perlu kita ketahui adalah gula darah ini merupakan salah satu faktor munculnya penyakit ginjal bahkan jantung.

3. Obesitas 

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa efek bagadang ini mampu untuk membuat kita menderita obesitas, di bandingkan dengan orang orang yang memiliki jam istirahat yang cukup setiap harinya.

Metabolisme kita akan sangat terganggu akibat dari efek begadang ini. selain metabolisme, pola makan kita pun akan sangat terganggu dan kita akan lebih mudah untuk merasa lapar. Hal inilah yang akan menjadi salah satu penyebab kita bisa mengalami obesitas.

4. Gangguan pada mata

Efek begadang yang berikutnya adalah gangguan pada mata. Apalagi bagi teman – teman yang menghabiskan malamnya dengan bermain gadget. Kadar oksigen pada mata akan sangat berkurang ketika kita begadang, hal inilah yang menjadi penentu melebarnya pembuluh darah di areal mata dan akan membuat mata terlihat memerah.

Selain hal tersebut, kebiasaan begadang yang terus menerus akan mampu membuat mata kita mengalami peradangan.  

5. Penyakit jantung

Sudah banyak penelitian yang membukitkan bahwa salah satu penyebab penyakit jantung adalah begadang. Yang perlu kita ketahui adalah bagi orang orang yang doyan begadang, kemungkinannya meningkat 11 persen untuk terserang penyakit jantung.

6. Mengalami penuaan Dini

Efek begadang yang berikutnya adalah penuaan dini, hormon kortisol atau yang lebih di kenal dengan hormon setres ini akan mampu untuk menghancurkan susunan kolagen yang ada pada kulit. Dengan rusaknya kolagen ini, akan mengakibatkan lahirnya garis dan juga kerutan pada kulit wajah. Hal inilah yang akan menjadi cikal bakal penuaan dini.

7. Kesulitan untuk berkonsentrasi

Efek negatif lain yang terjadi karena kurangnya waktu istirahat adalah kesulitan untuk berkonsentrasi. Kemampuan otak kita untuk memecahkan suatu permasalahan dan berpikir akan sangat terganggu.

Selain itu kita juga akan sangat sulit sekali untuk bisa memfokuskan diri pada apa yang kita buat, apalagi saat kantuk ini mulai menyerang. Semua pekerjaan kita akan buyar dengan sekejap mata.

8. Menurunnya gairah seksual

Efek begadang yang berikutnya adalah menurunnya gairah seksual. Efek begadang yang biasa kita rasakan adalah cepat lelah, kantuk, energi yang kurang dan lain sebagainya. Dari efek – efek inilah akan menyebabkan menurunnya gairah seksual yang kita miliki.

Demikianlah artikel tentang 5 Efek begadang yang sangat perlu kita ketahui yang bisa dunia guru 87 bagikan kali ini. Semoga saja dari artikel ini, teman – teman bisa mengurangi kebiasaan begadang dan belajar untuk menerapkan gaya hidup sehat.