Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara gampang mengatasi Nyeri Haid yang melanda

5 Cara gampang mengatasi Nyeri Haid yang melanda
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

5 Cara gampang mengatasi Nyeri Haid yang melanda

Nyeri Haid – rasa nyeri / kram yang ada pada wanita/ perempuan saat akan atau sedang haid sangatlah menggangu, kita tidak bisa beraktivitas dengan leluasa ketika nyeri ini menyerang. Konsentrasi kita pun akan terpecah antara menahan rasa sakit yang melanda dan juga target dalam mengerjakan tugas – tugas.

Dunia guru 87 telah merangkum beberapa metode yang mampu kita terapkan untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul ketika menstruasi, dan mampu kita terapkan di rumah sebagai alternatif sebelum teman – teman membeli obat di apotik.

Cara menghilangkan nyeri haid

Dibawah ini adalah 5 cara mengatasi nyeri haid yang dapat teman – teman aplikasikan di rumah

1. Air putih

Mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan dalam rangka menjaga kesehatan tubuh, selain itu dengan mengkonsumsi air putih kita juga mampu menekan rasa nyeri yang datang ketika masa - masa menstruasi. Lebih di rekomendasikan untuk mengkonsumsi air yang masih hangat, karena dapat melancarkan peredaran darah dan mampu untuk menenangkan perut yang keram.

2. Kompres

Mengkompres bagian perut yang sakit saat haid, sangat direkomendasikan karena selain mampu untuk meredakan rasa keram, air yang hangat juga membuat tubuh kita menjadi lebih rileks lagi.

3. Jahe

Meminum jahe hangat adalah salah satu obat untuk mengurangi rasa nyeri ketikanhaid dari masa ke masa. Jahe hangat dapat  menekan rasa keram dan juga nyeri yang melanda. Cara membuatnya pun sangatlah gampang, kita hanya perlu memasukkan beberapa irisan jahe kedalam gelas yang berisi air yang panas. Konsumsilah ketika masih hangat dan lakukanlah secara teratur.

4. Berolahraga

Dalam rangka mengurangi rasa nyeri haid yang melanda, kita bisa mencoba untuk berolahraga yang ringan selama beberapa menit. Karena ketika kita berolahraga, sirkulasi darah kita akan menjadi lancar. Hal ini dapat meminimalisir rasa nyeri/ keram yang melanda.

5. Teh herbal

Cara mengurangi nyeri haid selanjutnya adalah dengan meminum teh herbal. Senyawa antispasmodik dalam teh herbal dapat mengurangi kejang otot di rahim yang akan menimbulkan rasa kram.

Kegiatan yang harus di hindari ketika sedang haid

1. Kafein

Minuman yang mengandung kafein memang merupakan minuman favorit bagi sebagian orang. Selain rasanya yang nikmat, minuman yang mengandung kafein ini juga merupakan cara kita untuk menahan rasa kantuk. Tapi ketika kita tengah mengalami menstruasi, minuman ini sangatlah tidak di anjurkan karena aliran darah ke rahim akan berkurang ketika kita mengkonsumsi minuman bercofein.

2. Diam diri

Ketika kita mengalami masa menstruasi, rasa malas akan menyerang kita. Hal ini juga harus dihindari, karena dengan bergerak atau beraktifitas dapat memperlancar peredaran darah. Sehingga kram / nyeri pada perut dapat berkurang.

3. Merokok

Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. di kutip dari jurnal tobacco control, wanita perokok akan mengalami rasa nyeri yang lebih menyakitkan di bandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Selain itu teman – teman juga akan terhindar dari penyakit kanker ( kantong kering ).

4. Begadang

Seperti kata bang Rhoma Irama, begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya. Tubuh kita juga membutuhkan istirahat yang cukup, apalagi ketika masa menstruasi melanda. Dengan beristirahat yang cukup , akan membuat tubuh kita lebih segar lagi.

Demikianlah artikel tentang 5 Cara  gampang mengatasi Nyeri Haid yang melanda, semoga saja artikel ini bisa membantu teman – teman dalam mengatasi rasa nyeri dan kram yang menyerang.