Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP PJOK kelas 2 semester 2 kurikulum 2013 baru

RPP PJOK kelas 2 semester 2 kurikulum 2013 baru
Foto oleh Ron Lach dari Pexels


 RPP PJOK kelas 2 semester 2 kurikulum 2013 baru

RPP PJOK– bapak ibu guru PJOK yang bertugas di sekolah dasar dan mengampu kelas 2 pasti tengah menyusun RPP PJOK yang akan bapak ibu persentasikan di hadapan peserta didik. Rencana pelaksanaan pembelajaran ini merupakan salah satu tugas pokok seorang guru, yang harus bapak ibu guru penuhi dan lengkapi sebelum memulai suatu pembelajaran.

RPP PJOK ini adalah gambaran materi – materi yang akan bapak ibu guru sampaikan ke peserta didik, dengan bantuan RPP ini materi akan lebih tertata dengan rapi. Hal ini akan memudahkan kita dalam melaksanakan tugas kita sebagai seorang guru.

Maka dari itu, kita harus mampu menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran yang mampu merangkum semua materi di kelas 2 ini. hal ini bertujuan agar ketika peserta didik mengikuti kegiatan penilaian, peserta didik mampu mencapai target – target yang telah bapak ibu guru tetapkan sebelumnya.

Dalam penyusunan RPP PJOK ini, bapak ibu guru harus menyusun PROTA dan PROMES terlebih dahulu, karena dengan adanya PROTA dan PROMES ini bapak ibu guru akan mengetahui berapa banyak waktu yang tersedia dalam mempraktekkan semua RPP yang bapak ibu guru susun.

Selain PROTA dan juga PROMES , bapak ibu guru juga harus berpatokan pada silabus, karena dengan bantuan silabus bapak ibu guru PJOK akan lebih mudah dalam menyusun suatu rencana pelaksanaan pembelajaran.

RPP PJOK kelas 2 semester 2

Bapak Ibu guru PJOK yang sangat saya banggakan, sebelum menyusun RPP PJOK kelas 2, bapak ibu guru harus mengetahui terlebih dahulu materi – materi apa saja yang ada di kelas 2 ini. Materi – materi ini antara lain gerak dasar aktivitas air, manfaat pemanasan dan pendinginan aktivitas fisik, menjaga kebersihan lingkungan, variasi pola gerak dasar aktivitas gerak berirama,  dan variasi pola gerak dasar dominan senam lantai.

Materi gerak dasar aktivitas air ini merupakan salah satu materi di kelas 2 semester 2. Materi ini akan kita buatkan RPP yang bertujuan agar memudahkan kita dalam menyampaikan materi gerak dasar aktivitas air.

Tujuan yang ingin dicapai dari materi gerak dasar aktivitas air ini adalah agar peserta didik mampu untuk mempraktekkan secara berulang ulang gerakan dasar lokomotor, non lokomotor, dan juga manipulatifnya dalam bentuk bentuk permainan, selain itu peserta didik diharapkan mampu untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain ketika melakukan aktivitas air.

Materi berikutnya adalah manfaat pemanasan dan pendinginan aktivitas fisik. Dalam materi ini peserta didik diharapkan mampu untuk membuat suatu kesimpulan setelah melakukan diskusi tentang manfaat dari kegiatan pemanasan dan juga kegiatan pendinginan. Selain itu peserta didik juga diharapkan untuk mampu melakukan kegiatan aktivitas fisik baik secara perorangan maupun secara berkelompok.

RPP PJOK kelas 2

Selanjutnya dalam RPP PJOK juga terdapat materi menjaga kebersihan lingkungan, materi ini sangat penting untuk diresapi oleh peserta didik. harapan kita adalah dari materi ini akan timbul rasa dan prilaku menjaga kebersihan lingkungan, mulai dari diri sendiri terlebih dahulu baru menyusul ke tingkat keluarga dan juga masyarakat.

Variasi pola gerak dasar aktivitas gerak berirama juga merupakan salah satu materi yang ada di kelas 2, yang juga harus kita susun RPP PJOK nya. Tujuan dari materi ini adalah agar peserta didik mampu mempraktekkan variasi –  variasi gerakan dasar lokomotor, dan juga non lokomotor, dan juga siswa mampu memanipulatif lokomotor yang sesuai dengan irama.

Materi terakhir yang akan di bahas dalam RPP PJOK kelas 2 adalah variasi pola gerak dasar dominan senam lantai. Tujuan yang ingin kita capai dari materi ini adalah peserta didik mampu mempraktekkan variasi berbagai pola – pola gerak dominan pada senam lantai

Download RPP PJOK kelas 2 semester 2 

Gerak dasar aktivitas air ( LINK )
Manfaat pemanasan dan pendinginan aktivitas fisik ( LINK )
Menjaga kebersihan lingkungan ( LINK )
Variasi pola gerak dasar aktivitas gerak berirama ( LINK )
Variasi pola gerak dominan senam lantai  ( LINK )

Demikianlah artikel tentang RPP PJOK kelas 2 semester 2 kurikulum 2013 baru yang bisa dunia guru bagikan, sampai jumpa lagi di artikel – artikel lainnya.