Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Obat batuk alami yang terbukti manjur dan wajib untuk di coba

6 Obat batuk alami yang terbukti manjur dan wajib untuk di coba
Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels


6 Obat batuk alami yang terbukti manjur dan wajib untuk di coba

Obat batuk – Batuk adalah jenis penyakit yang sangat mengganggu kita dalam beraktivitas sehari – hari. Konsentrasi kita akan buyar dengan seketika ketika penyakit batuk ini datang menyerang, selain itu penyakit batuk ini juga akan menggangu waktu istirahat kita.

Kita akan melakukan berbagai cara agar penyakit batuk yang menyerang ini bisa cepat – cepat sembuh, hal yang paling sering kita lakukan adalah mencari obat batuk di apotik – apotik terdekat. Tapi tidak sedikit orang yang masih menggunakan obat tradisional dalam mengobati penyakit batuk.

Macam – macam Obat Batuk alami

Pada artikel kali ini, dunia guru 87 telah merangkum beberapa macam obat batuk alami yang bisa kita gunakan dalam mengobati penyakit batuk.

1. Daun Sirih

Obat batuk yang pertama saya bahas disini adalah daun sirih. Selain dikenal mampu untuk merawat areal kewanitaan dan juga mimisan, daun sirih ini ternyata mampu untuk mengobati penyakit batuk. 

Kita cukup mencampur dua gelas air dengan 4 lembar daun sirih, setelah itu kita rebus hingga mendidih. Teman – teman bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih ini, lakukanlah secara teratur hingga penyakit batuk ini sembuh.

2. Teh Herbal yang di campur dengan madu

Dikutip dari harian kompas , madu merupakan obat batuk bagi anak – anak yang alami dan mampu dengan cepat meredakan gejala batuk. Yang bisa kita lakukan adalah dengan mencampur teh herbal dengan dua sendok teh madu, minumlah campuran ini minimal satu kali sehari. Niscaya batuk yang teman – teman alami akan cepat reda.

3. Air Garam

Obat batuk berikutnya adalah air garam, dikutip dari hellosehat.com menggunakan garam untuk berkumur dapat meminimalisir kemungkinan berkembangnya bakteri dalam tenggorokan. Kita cukup mencampur garam dengan air hangat lalu berkumur dengan campuran ini setiap beberapa jam sekali.

4. Jahe

Sifat anti inflamasi yang terdapat dalam jahe merupakan obat batuk kering dan juga mampu untuk meredakan rasa mual dan nyeri. Teman – teman bisa mengiris jahe ini menjadi potongan – potongan kecil lalu memasukkannya kedalam air panas, selain untuk meredakan penyakit batuk, air jahe ini juga di percaya mampu untuk menghangatkan tubuh.

5. Memperbanyak minum air putih

Bagi teman – teman yang tengah mengalami batuk dan juga pilek, sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Dalam beberapa studi membuktikkan bahwa meminum air putih mampu untuk menenangkan gejala penyakit batuk dan juga pilek.

6. Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah – buahan yang mampu untuk di gunakan sebagai obat batuk yang alami. Buah lemon mampu untuk menekan peradangan pada tenggorokan, dan juga memberikan suntikan vitamin C bagi tubuh.

Cara menggunakannya adalah dengan meminum campuran dari perasan lemon dan di campur dengan madu ( 1 sendok makan ) beberapa kali sehari hingga batuk ini reda.

Jenis makanan yang wajib di hindari ketika batuk

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang mampu untuk memicu terjadinya  penyakit batuk diantaranya

1. Makanan olahan
2. Gorengan
3. Minuman kafein
4. Dll.

Selain itu pola hidup sehat juga merupakan salah satu penentu, apakah orang tersebut gampang atau tidaknya terserang penyakit batuk. Daripada kita sibuk mencari obat batuk , alangkah baiknya kita lebih menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terjangkit suatu penyakit.

Demikianlah artikel tentang “ 6 Obat batuk alami yang terbukti ampuh dan wajib untuk di coba “ , semoga saja artikel ini mampu untuk membantu teman – teman dalam mencari obat batuk yang alami .