Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal kelas 4 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 – dunia guru 87

Soal kelas 4 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 – dunia guru 87

Soal kelas 4 – bapak ibu guru kelas 4 yang saya sangat hormati, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang soal kelas 4 tema 5 yang akan bapak ibu laksanakan ketika telah menyelesaikan materi di tema 5.

Soal kelas 4 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013
Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Soal kelas 4 ini akan menjadi cerminan hasil belajar peserta didik di dalam kelas. Sedalam apa peserta didik mampu menyerap materi, akan tergambar jelas dari hasil yang mereka dapatkan setelah mengikuti kegiatan penilaian soal kelas 4. Soal kelas 4 ini juga menjadi tolak ukur keberhasilan kita dalam menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas.

Oleh karena itu dalam menyusun soal kelas 4 ini, bapak ibu harus bisa merangkum semua materi yang ada di tema 5 . tujuannya adalah agar soal kelas 4 ini bisa menjadi gambaran keberhasilan kegiatan belajar peserta didik yang telah di laksanakan. Bapak ibu guru boleh – boleh saja mengembangkan soal kelas 4 ini, selama soal itu masih berkaitan dengan materi tema 5. Jangan sampai bapak ibu guru mengembangkan soal yang terlalu jauh dari materi tema 5, hal ini akan menyebabkan soal kelas 4 yang bapak ibu guru laksanakan tidak akan bisa menjadi gambaran hasil belajar peserta didik.

 Bapak ibu guru yang sangat saya banggakan, keberhasilan soal kelas 4 ini akan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya model pembelajaran yang kita pakai, media pembelajaran yang kita terapkan, kondisi ruang kelas yang kondusif, kondisi ruang kelas lainnya di sekolah, kondisi lingkungan sekolah, dan pribadi peserta didik itu sendiri

Model pembelajaran sangat berperan penting dalam keberhasilan suatu pembelajaran, dalam tema 5 yang akan membahas materi tentang pahlawanku ini saya biasanya lebih condong untuk menggunakan model pembelajaran kontekstual. Model kontekstual lebih cenderung saya pakai untuk materi ini karena tujuh komponennya yang mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik. ketujuh komponen tersebut diantaranya kontruktivisme, inquiry, bertanya, learning community, modeling, refleksi, dan penilaian nyata.

Tapi model yang saya gunakan ini belum tentu bisa bapak ibu guru pakai di kelas bapak ibu guru, karena karakteristik peserta didik yang berbeda. Maka dari itu dalam menggunakan model pembelajaran, usahakan untuk menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik di kelas dan materi yang akan di bahas.

Soal kelas 4 Tema 5

Keberhasilan Soal kelas 4 tema 5 ini juga di tentukan oleh media pembelajaran yang di terapkan ketika berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Ada banyak jenis media pembelajaran yang bisa kita pakai di kelas, tapi saya lebih cenderung menggunakan media pembelajaran berupa video dan gambar.

Media pembelajaran berupa video yang cocok untuk materi pahlawanku ini adalah video pendek perjuangan para pahlawan, karena dari video inilah akan membangkitkan semangat nasionalis dari peserta didik. selain itu dengan bantuan video pembelajaran ini, akan membantu peserta didik untuk mengasah kemampuan berpikir kritis mereka.

Selain video pembelajaran, media yang biasa saya gunakan adalah gambar. Saya biasanya menyediakan  beberapa gambar yang berkaitan dengan materi, dan mengadakan tanya jawab pada setiap gambar yang saya tampilkan. Tujuannya adalah untuk membangun kelas yang aktif dan mampu berpikir kreatif.

Selain model dan media pembelajaran, keberhasilan pelaksanaan soal kelas 4 ini juga di tentukan oleh kondisi kelas peserta didik. kondisi kelas yang tidak kondusif dan tidak bersih, akan menggangu konsentrasi belajar peserta didik sehingga hasil yang di capai dari soal kelas 4 ini tidak akan maksimal. Oleh karena itu sebelum memulai kelas / pembelajaran, siapkanlah kelas kita terlebih dahulu. Mulai dari kebersihan kelas, hingga kondisi dari peserta didik yang ada di dalam kelas. Tujuannya adalah agar tercapainya hasil yang maksimal ketika berjalannya proses belajar mengajar.

Bapak ibu guru yang saya sangat banggakan, tema 5 ini akan membahas tentang kepahlawanan. Materi kepahlawanan ini juga akan di bagi lagi kedalam beberapa subtema diantaranya perjuangan para pahlawan ( subtema 1 ), pahlawanku kebanggaanku ( subtema 2), sikap kepahlawanan ( subtema 3 )

Soal kelas 4 tema 5 subtema 1

Soal kelas 4 tema 5 subtema 1 ini akan membahas tentang perjuangan para pahlawan, oleh karena itu kita harus bisa menyusun soal yang bisa membahas tentang perjuangan para pahlawan. Sehingga tujuan yang bisa di capai adalah peserta didik mengetahui tentang beratnya perjuangan para pahlawan.

Soal kelas 4 tema 5 subtema 2

Soal kelas 4 tema 5 subtema 2 ini akan membahas tentang pahlawanku kebanggaanku. Pada subtema ini kita akan merangkum materi pahlawanku kedalam soal kelas 4  tema 5 subtema 2 . sehingga tujuan yang bisa kita capai adalah peserta didik bangga terhadap perjuangan para pahlawannya.

Soal kelas 4 tema 5 subtema 3

Soal kelas 4 tema 5 subtema 3 ini akan membahas tentang sikap kepahlawanan, oleh karena itu kita harus bisa merangkum soal kelas 4 tema 5 yang mampu mencerminkan sikap kepahlawanan. Sehingga tujuan yang bisa kita capai adalah peserta didik mampu menyebutkan dan mencontoh sikap sikap pahlawan.

Download soal kelas 4 tema 5 

Soal kelas 4 tema 5 subtema 1 ( LINK )
Soal kelas 4 tema 5 subtema 2 ( LINK )
Soal kelas 4 tema 5 subtema 3 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang soal kelas 4, dan terimakasih karena telah berkunjung ke blog ini.