Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Lidah Buaya untuk mempercantik kulit wajah

7 Manfaat Lidah Buaya untuk mempercantik kulit wajah 

Lidah buaya – lidah buaya atau lebih dikenal dengan nama aloe vera ini adalah jenis tanaman yang memiliki daging yang tebal dan berasal dari daerah jazirah arab. Tanaman lidah buaya ini telah tersebar di seluruh dunia karena beragam fungsi yang di tawarkannya.

7 Manfaat Lidah Buaya untuk mempercantik kulit wajah
7 Manfaat Lidah Buaya untuk mempercantik kulit wajah

Tanaman Lidah buaya ini telah di budidayakan untuk keperluan pengobatan, pertanian, dan tanaman hias. Di masa sekarang ini lidah buaya sudah bisa kita temukan dalam produk produk kosmetik, minuman, dan berbagai produk obat – obatan.

Lidah buaya adalah tanaman yang tidak memiliki batang atau bisa di katakan berbatang pendek. Ciri khas dari tanaman lidah buaya ini adalah berdaging tebal, memiliki warna kehijauan dan terdapat gerigi kecil di pinggir daunnya.

Manfaat Lidah Buaya

Seperti yang kita ketahui, Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang bisa kita maksimalkan untuk kehidupan sehari hari.  Dibawah ini ada beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah yang dunia guru 87 rangkum antara lain

1. Mengobati kulit kering

Lidah buaya mengandung vitamin C, A, dan E, yang di percaya dapat mengobati kulit kering. Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam lidah buaya dapat menjaga kulit wajah dari pengaruh radikal bebas.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, teman teman bisa menggunakan pelembab kulit yang mengandung lidah buaya setelah teman - teman  selesai mandi.

2. Sebagai opsi Krim cukur 

Teman teman bisa menggunakan gel lidah buaya sebagai salah satu opsi krim cukur,  karena lidah buaya dapat melembakan kulit setelah kita selesai bercukur. Selain itu kandungan yang terdapat dalam lidah buaya juga dapat menekan pertumbuhan bakteri akibat kegiatan mencukur tersebut. Lidah buaya sangat di rekomendasikan sebagai krim cukur alami, karena lidah buaya sangat mudah kita temukan dan mudah untuk di budidayakan di Indonesia.

3. Membersihkan riasan wajah

Kita pasti selalu ingin tampil cantik dan menawan di muka umum, agar bisa tampil cantik teman teman bisa menggunakan riasan wajah yang sesuai dengan karakteristik kulit. Tapi masalahnya adalah saat kita membersihkan sisa – sisa dari riasan wajah tersebut, karena jika tidak di bersihkan akan bisa menimbulkan iritasi dan keriput pada kulit.

Teman teman cukup menggunakan gel lidah buaya sebagai masker, diamkan beberapa saat dan bilas dengan menggunakan air.  Wajah akan terlihat lebih bersih dan lembut secara alami.

4. Mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari

Pengaruh sinar matahari sangatlah besar bagi kulit manusia, terkena sinar matahari secara langsung dan dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan kulit kita menjadi memerah, melepuh dan terasa sakit apabila kita sentuh. Untuk mengatasi kulit yang terbakar ini kita bisa memanfaatkan masker dari lidah buaya. Rasa dingin yang di timbulkan dari lidah buaya ini akan membantu kulit kita dalam proses pengobatan akibat luka bakar dari sinar matahari.

5. Mengobati jerawat

Asam salisilat yang terkandung dalam lidah buaya bisa menekan perkembangan bakteri yang menyebabkan terjadinya jerawat. Tapi sebelum masker lidah buaya ini digunakan di kulit wajah, saya sarankan agar masker ini di gunakan dulu di kulit tangan. Apabila dirasakan sudah aman bagi kulit wajah, baru teman teman bisa menggunakan masker lidah buaya ini pada wajah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko peradangan kulit wajah.

6. Menahan terjadinya penuaan dini

Kita semua pasti tidak ingin penuaan dini terjadi pada diri kita, apalagi kita yang selalu melaksanakan aktivitas diluar ruangan yang langsung terkena efek dari sinar matahari. Teman teman bisa menggunakan masker lidah buaya untuk mengurangi keriput yang muncul di kulit wajah yang menjadi awal dari tanda penuaan dini.

7. Obat  luka bakar

Perlu teman – teman ketahui bahwa lidah buaya dapat mengobati luka bakar, teman teman bisa menggunakan getah dari tanaman lidah buaya ini sebagai salep untuk  mempercepat penyembuahan luka bakar.

Hal ini bisa terjadi karena antioksidan yang terdapat dalam lidah buaya dapat melembabkan kulit dan mampu memperbaiki sel kulit yang rusak akibat luka bakar.

Efek samping dari lidah buaya

Selain beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan lidah buaya untuk kesehatan kulit, ternyata lidah buaya juga membawa beberapa efek samping yang harus kita ketahui.

  • Efek samping yang pertama adalah terjadinya peradangan pada kulit. Pada beberapa kasus orang orang yang memiliki kulit yang sensitif, sangat tidak dianjurkan menggunakan lidah buaya sebagai masker karena dapat menimbulkan  peradangan pada kulit wajah.
  • Efek samping yang kedua adalah timbulnya bintik merah pada kulit. Seperti efek samping yang pertama, penggunaan lidah buaya sangat tidak direkomendasikan bagi kulit kulit yang sensitif. Lidah buaya dapat menimbulkan bintik bintik merah pada kulit. Cara gampang untuk mengetahui kulit kita bisa menggunakan lidah buaya adalah mengoleskan lidah buaya di belakang telinga dan menunggu reaksinya.
  • Efek samping yang ketiga adalah dapat menimbulkan kulit gatal. Tanda tandanya adalah kulit berubah menjadi merah dan mulai timbulnya rasa gatal pada kulit. Ketika tanda tanda ini muncul, teman teman bisa menghentikan penggunaan lidah buaya, dan apabila rasa gatal ini menjadi lebih parah, teman teman bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikianlah pembahasan artikel tentang lidah buaya kali ini, semoga saja artikel ini bisa membantu teman teman dalam memanfaatkan  lidah buaya untuk mempercantik kulit wajah.