Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini dengan 6 cara jitu

 Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini dengan 6 cara jitu

Menumbuhkan minat baca - Perkembangan tekhnologi yang begitu pesat pada masa sekarang ini, menyebabkan terjadinya perubahan kebiasaan yang sangat terlihat di masyarakat. Dan perkembangan tekhnologi yang pesat ini juga sangat mempengaruhi kegiatan anak anak kita.

Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini dengan 6 cara jitu
 Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini dengan 6 cara jitu

Kita sudah sangat jarang menjumpai anak anak yang menghabiskan waktu mereka untuk bermain bersama sama, baik itu bermain sepakbola, bermain masak masakan, bermain petak umpet, dan masih banyak lagi kegiatan anak anak yang sudah sangat jarang kita temui.

Anak anak kita sekarang lebih sering menghabiskan waktu mereka di depan layar gadget, atau di depan layar televisi, karena mereka menganggap kegiatan itu lebih menarik daripada kegiatan kegiatan lain. Kegiatan ini sangat tidak baik untuk perkembangan anak anak kita, karena mereka akan menjadi malas dan menjadi pribadi yang lebih mementingkan kepentingan pribadi.

Menumbuhkan minat baca anak usia dini

Salah satu cara agar kita bisa menekan kebiasaan jelek anak anak kita ini adalah dengan cara menumbuhkan minat baca anak, ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dengan kegiatan menumbuhkan minat baca anak.

Hal hal positif yang bisa kita dapatkan dengan kegiatan menumbuhkan minat baca anak ini antara lain

  • Dengan menumbuhkan minat baca pada anak akan memperkaya perbendaharaan kosa kata dari anak tersebut, ini disebabkan karena dengan membaca anak anak akan menemukan kata kata baru yang akan mereka cari tahu artinya. Sehingga pengetahuan anak tentang kosakata akan bertambah dengan sendirinya
  • Dengan menumbuhkan minat baca pada anak, akan membuat anak anak lebih lancar dalam berbicara. Hal ini bisa terjadi karena anak anak ketika membaca suatu bacaan, akan membacanya dengan nyaring.
  • Dengan menumbuhkan minat baca pada anak, akan secara otomatis menambah pengetahuan diluar dari pengetahuan yang kita berikan. Pengetahuan tersebut mereka dapatkan dari bacaan yang mereka dapatkan ketika membaca buku.
  • Dengan menumbuhkan minat baca pada anak, akan bisa membangun motivasi dari anak itu sendiri. Ini bisa terjadi apabila kita memberikan bacaan bacaan motivasi kepada anak, dan ini harus kita lakukan agar anak mempunyai motivasi yang besar dan tidak mudah putus asa.
  • Dengan menumbuhkan minat baca pada anak, akan meningkatkan kreativitas anak . ini bisa terjadi apabila kita memberikan bacaan yang isinya tentang kreativitas, karena seperti yang kita tahu anak anak memiliki sifat keingin tahuan yang sangat besar. Dan yang terakhir adalah anak anak akan menjadi karakter yang lebih baik setelah kita dapat menumbuhkan minat baca pada anak dan menjadikannya sebuah kebiasaan yang harus di lakukan secara terus menerus.

6 cara menumbuhkan minat baca anak

Di bawah ini adalah 6 cara menumbuhkan minat baca pada anak antara lain :

  • Menyediakan buku bacaan yang bervariasi untuk anak

Langkah pertama yang bisa kita lakukan dalam menumbuhkan minat baca pada anak adalah, dengan menyediakan buku bacaan di rumah. Dengan buku bacaan yang bervariasi, akan secara otomatis menumbuhkan rasa ingin tahu dari anak tersebut. Dan dari rasa ingin tahunya inilah akan otomatis tumbuh minat baca, yang akan kita arahkan menjadi suatu kebiasaan . Yang menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua adalah menyediakan bacaan yang sesuai dengan tumbuh kembang mereka, ini bertujuan untuk membangun karakter dari anak itu sendiri.

  •  Menyediakan waktu untuk membaca yang rutin di rumah

Dalam kegiatan menumbuhkan minat baca anak, kita sebagai orang tua harus berperan aktif dalam mengatur waktu membaca anak di rumah. Kita bisa menetapkan waktu waktu yang akan kita gunakan sebagai kegiatan membaca.

Dengan kegiatan membaca yang kita lakukan secara terus menerus bersama anak ini, kita harapkan menjadi suatu kebiasaan yang baik dan juga bisa mengoptimalkan waktu kumpul bersama keluarga.  

  • Membacakan bacaan atau cerita secara langsung

Langkah ketiga yang bisa kita lakukan dalam menumbuhkan minat baca anak adalah membacakan bacaan atau berdongeng. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang di gemari anak anak.

Kita bisa membacakan cerita atau berdongeng saat anak anak mulai beranjak tidur, dampingi mereka saat mereka mulai beranjak tidur dan buat mereka nyaman dengan dongeng dongeng penghantar tidur. Kegiatan ini juga termasuk kedalam cara menumbuhkan minat baca, karena ketika kita membacakan sebuah cerita mereka akan ikut mengamati bacaan yang tengah kita baca tersebut.

  • Menceritakan buku yang telah di baca

Untuk cara ke empat yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan minat baca pada anak adalah dengan memerintahkan atau mengajak mereka untuk menceritakan bacaan yang telah mereka baca.

Dalam kegiatan ini, selain minat baca yang menjadi fokus kita bisa tercapai, anak anak akan bisa belajar menggunakan kosa kata dalam kegiatan menceritakan kembali isi cerita tersebut. Dan kreativitas anak akan otomatis tumbuh karena mereka akan berusaha menceritakan isi bacaan yang telah mereka baca.

  •   Ajak anak membeli buku

Selain keempat cara yang telah saya bahas di atas, cara lain untuk menumbuhkan minat baca anak adalah dengan cara mengajak mereka ke toko buku.

Dan kita tahu di dalam toko buku terdapat banyak jenis jenis buku yang bervariasi isinya, biarkanlah mereka untuk memilih buku bacaan yang mereka inginkan. Karena dari buku yang mereka ingin beli tersebut, pasti ada rasa penasaran yang timbul pada anak tentang isi dari buku yang telah mereka beli. Dan dapat di pastikan mereka akan membaca buku yang telah mereka beli tersebut. 

  • Mengajak anak untuk berkunjung ke perpustakaan

Langkah terakhir dalam kegiatan menumbuhkan minat baca anak adalah dengan cara mengajak mereka untuk berkunjung ke perpustakaan. Sama seperti ketika kita mengajak mereka membeli buku di toko buku.

Ada banyak jenis jenis buku yang ada di perpustakaan, biarkanlah mereka berkeliling di areal perpustakaan untuk memilih buku bacaan yang ingin mereka baca. Dan biarkan mereka menghabiskan waktu mereka membaca di perpustakaan.


Demikianlah 6 cara menumbuhkan minat baca anak yang bisa saya bagikan kali ini, besar harapan saya 6 cara menumbuhkan minat baca ini bisa membantu teman teman dalam mengurangi pengaruh gadget yang sekarang tengah mengekang anak. Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.