Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Jitu Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

 5 Cara Jitu Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Menanamkan kebiasaan anak menabung sejak usia dini bukan merupakan hal yang mudah untuk kita lakukan. Perlu tahapan tahapan dan trik trik khusus agar kita bisa mengajarkan anak menabung sejak usia dini.

5 Cara Jitu Mengajarkan Anak Menabung
 5 Cara Jitu Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Seperti yang kita ketahui, anak anak memiliki sifat ingin tahu yang sangat besar, dan Rasa ingin tahunya inilah yang akan menyebabkan anak anak menjadi boros. Karena mereka akan lebih cenderung membeli sesuatu yang mereka anggap menarik dan bisa memuaskan kebutuhan mereka.

Oleh karena itu kita perlu mengajarkan anak menabung sejak dini, agar anak anak kita tidak terbawa dengan rasa ingin tahunya dan menjadi suatu kebiasaan bagi anak untuk boros. Hal inilah yang tidak kita inginkan untuk terjadi, sehingga kita harus bisa mengajarkan anak menabung dan menjadikan menabung tersebut menjadi suatu kebiasaan yang harus di lakukan.

Dibawah ini ada 5 cara jitu mengajarkan anak menabung sejak dini yang bisa kita lakukan, agar kebiasaan menabung ini bisa tertanam dalam diri anak anak kita, 5 cara tersebut antara lain :

   Memberitahu Anak Tentang Manfaat Menabung

Memberitahu anak tentang manfaat menabung adalah cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak menabung sejak dini. Kita bisa memotivasinya dengan hal yang tengah mereka inginkan

Misalnya mereka saat ini sangat ingin memiliki mainan baru, dari keinginan mereka ini kita bisa memberitahu manfaat dari menabung demi tujuan membeli mainan baru tersebut. Hal inilah yang otomatis menumbuhkan minat anak untuk menabung untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan. Karena mereka telah mengetahui manfaat dari menabung tersebut.

Mengajarkan Anak Menabung Dengan Menyisihkan Uang Jajan

Cara kedua yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak menabung sejak usia dini adalah mengajarkan mereka untuk menyisihkan uang jajan. Dengan menyisihkan uang jajan, anak anak akan secara otomatis belajar menabung tanpa mereka sadari.

Dan kita harus bisa menjadikan kebiasaan menyisihkan uang jajan ini, menjadi suatu kebiasaan yang harus terus menerus dilakukan oleh anak. Sehingga tujuan kita agar anak anak kita tidak boros bisa tercapai. Dan dari kebiasaan menyisihkan uang jajan ini , anak anak akan belajar menggunakan uang seperlunya saja dan tidak akan menghambur hamburkan uang untuk hal hal yang tidak mereka perlukan.

Mengajarkan Anak Menabung Dengan Memberikan  Celengan Lucu

Salah satu cara agar kita bisa mengajarkan anak menabung adalah dengan membelikan atau memberikan mereka celengan yang lucu. Celengan yang lucu inilah yang akan membangun memotivasi mereka untuk belajar menabung

Kita bisa membelikan mereka celengan berbentuk hewan, dan mengumpamakan uang adalah makanan bagi celengan yang berbentuk hewan tersebut. Dari perumpamaan tersebut anak anak akan secara otomatis menabung karena mereka tidak ingin hewan ( celengan ) mereka kelaparan.

Mengajarkan anak menabung dengan Buka tabungan bank

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak menabung adalah membukakan mereka buku tabungan bank. Perlihatkanlah mereka nama pemilik buku tabungan tersebut, dan biarkan mereka menyimpan sendiri buku tabungannya

Setelah kita membukakan buku tabungan ini, kita bisa mengatur jadwal rutin anak untuk menabung ke bank . selain bertujuan untuk mengajarkan anak menabung, dengan adanya jadwal rutin ini akan mendidik anak untuk memanage waktunya.

Mengajarkan anak menabung dengan memberikan contoh

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak menabung adalah dengan cara memberikan mereka contoh secara langsung. Karena kita tahu anak anak adalah peniru yang ulung, apapun yang kita lakukan akan ditiru oleh mereka.

Kita bisa mengajak mereka berkunjung ke Bank, saat kita hendak menabung.  Kita juga bisa menabung di celengan saat kita sedang bersama mereka, dan anak anak kita akan otomatis melihat apa yang sedang kita lakukan . ini bertujuan untuk memberikan stimulus ke anak agar mengikuti apa yang kita lakukan.

Demikianlah 5 cara jitu mengajarkan anak menabung sejak dini, yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. besar harapan saya artikel ini bisa membantu bapak dan ibu dalam mengajarkan anak menabung sejak dini. dan terimakasi telah berkunjung ke blog www.duniaguru87.com  . Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.