Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjaga kesehatan mata dengan 6 cara gampang ala dunia guru 87

Menjaga kesehatan mata dengan 6 cara gampang ala dunia guru 87

Kesehatan mata – mata adalah salah satu aset dari tubuh kita yang harus kita jaga, tapi tanpa kita sadari beberapa prilaku dan aktivitas kita bisa mengganggu dan merusak kesehatan mata. Pada artikel kali ini dunia guru 87 akan mencoba membahas tentang cara cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata dengan 6 cara gampang ala dunia guru 87
Foto oleh Michael Morse dari Pexels

Alasan dari kenapa dunia guru 87 membahas tentang kesehatan mata adalah karena semua aktivitas yang kita lakukan setiap hari, membutuhkan bantuan dari mata agar semua kegiatan kita bisa berjalan dengan baik.

Menjaga Kesehatan mata

Kesehatan mata sering kali tidak kita hiraukan, kita sering melakukan aktivitas aktivitas yang kemungkinan besar dapat mengganggu fungsi dan kesehatan mata. Entah itu bekerja, menonton tv, membaca, atau bahkan mengintip tetangga ( hehe bercanda ).

Teman teman dunia guru 87, kesehatan mata dapat kita jaga dengan beberapa cara gampang. Di bawah ini adalah 6 cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita.

  • Memeriksakan  mata secara teratur

Baik anak anak hingga lanjut usia, sangat dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan mata minimal 2 tahun sekali.  Dan bagi yang telah berusia di atas 40 tahun sangat di anjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter setiap satu tahun sekali Karena semakin bertambahnya usia, mata kita akan semakin rentan terjangkit suatu penyakit. 

Dengan memeriksakan mata kita kedokter, kita akan bisa mengetahui keadaan mata kita dan bisa mencegah mata kita dari penyakit penyakit mata yang mungkin menyerang.

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat adalah salah satu penunjang dalam rangka menjaga kesehatan mata.  Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E, selenium, omega 3, lutein, karena Nutrisi nutrisi inilah yang akan membantu kita dalam menjaga kesehatan mata dari penyakit yang di timbulkan dari pertambahan umur.

  • Menghindari penggunaan gadget  dan komputer terlalu lama

Penggunaan gadget dan komputer dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan mata kita menjadi lelah. Ciri – ciri dari mata lelah antara lain nyeri pada leher, sakit bahu, sakit kepala, mata menjadi kering, dan pandangan kita menjadi kabur.

Jika pekerjaan anda menuntut untuk selalu berada di depan komputer, usahakanlah luangkan waktu untuk bisa mengistirahatkan mata selama 20 menit setiap 3 jam sekali demi kesehatan mata. Teman teman juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk membantu mata kita lebih rileks ketika istirahat.

  • Mengurangi kebiasaan merokok

Seperti yang kita ketahui, asap rokok bisa menyebabkan timbulnya penyakit katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengurangi kebiasaan merokok atau kalau bisa menghilangkan kebiasaan merokok demi kesehatan mata kita. Karena selain untuk menjaga kesehatan mata, berhenti merokok juga akan membantu kita menjaga kesehatan tubuh kita sendiri dan orang lain.

  • Rajin berolahraga

Dengan rajin berolahraga akan menekan kemungkinan kita terjangkit penyakit mata. Karena dengan berolahraga akan mengurangi kemungkinan terjangkitnya penyakit diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan kehilangan fungsi dari penglihatan.

  • Menghindari kebiasaan membaca yang salah

Kebiasaan membaca yang salah antara lain membaca buku dengan jarak kurang dari 25 cm, membaca sambil tidur – tiduran, dan membaca di tempat yang memiliki pencahayaan yang kurang. Selain membaca , kebiasaan menontot televisi dalam jangka waktu yang lama juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Cara memeriksa kesehatan mata sendiri

Apabila teman teman belum sempat berkunjung ke dokter untuk memeriksakan mata. Teman teman bisa melakukan hal hal di bawah ini untuk mengecek kesehatan mata.

  • Melihat jarum jam

Pada cara ini, teman teman bisa menggunakan jam analog untuk memeriksa kesehatan mata. Caranya adalah dengan cara melihat jarum jam pada jam analog tersebut, apabila salah satu jarum jam tersebut terlihat lebih jelas daripada jarum lainnya, ada kemungkinan penglihatan mata teman teman mulai kabur. Untuk memastikannya teman – teman bisa berkunjung ke dokter mata terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  • Ketahanan mata di depan komputer

Sebagian besar dari kita, menghabiskan waktu dengan bekerja di depan komputer. Namun apabila mata teman teman mulai memerah dan timbul bintik bintik selain itu juga sering terserang pusing kepala, kemungkinan besar pada mata teman teman telah terjadi infeksi. Cara terbaiknya adalah mengunjungi dokter kandungan, eh salah dokter mata maksudnya. 

  • Ruang gelap

Cara mengecek kesehatan mata yang terakhir adalah teman teman bisa lakukan dengan cara memasuki ruangan yang gelap. Pada ruangan yang gelap, mata teman teman akan beradaptasi dengan lingkungan gelap tersebut. Apabila adaptasi mata tersebut memakan waktu lebih dari satu menit, kemungkinan yang terjadi adalah mata teman teman kekurangan vitamin A.

Jenis jenis penyakit mata

Teman teman dunia guru 87 pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit penyakit mata yang mungkin menyerang mata kita. Di bawah ini adalah jenis jenis penyakit mata yang mungkin saja menyerang mata kita dengan sepengetahuan kita atau tanpa sepengetahuan kita.

  • Mata kering
  • Katarak
  • Konjungtivitis
  • Glaukoma
  • Penglihatan buram
  • Kelainan kornea
  • Gangguan retina
  • Dll

Demikianlah artikel Menjaga kesehatan mata dengan 6 cara gampang ala dunia guru 87, yang bisa saya sampaikan. Besar harapan saya artikel ini bisa membantu teman teman dalam menjaga kesehatan mata. Karena kita pasti tidak ingin mata kita sakit atau rusak sebelum waktunya.