Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat susu untuk kesehatan yang amat wajib kita ketahui

 10 Manfaat susu untuk kesehatan yang amat wajib kita ketahui

Manfaat susu – Susu merupakan minuman favorit hampir semua orang sampai saat ini, rasanya yang nikmat membuat kita ketagihan untuk menikmatinya lagi dan lagi. Tapi tahukah kamu, tentang manfaat yang  dari segelas susu ?

10 Manfaat susu untuk kesehatan yang amat wajib kita ketahui
Foto oleh Charlotte May dari Pexels


Manfaat Susu bagi kesehatan

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari segelas susu, oleh karena itu kita sangat di anjurkan untuk rutin mengkonsumsi susu agar kesehatan kita bisa terjaga dan dapat meningkatkan daya imun tubuh.

10 manfaat susu bagi kesehatan

1. Menekan risiko terjangkit penyakit kanker

Manfaat susu yang pertama adalah mampu menekan risiko kita terjangkit penyakit kanker. Kandungan dalam susu yaitu asam lemak omega3 dipercaya mampu menekan resiko penyakit ini. selain itu kandungan beta karoten dalam susu juga mampu mengurangi kerusakan sel yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker.

2. Penawar racun dalam tubuh

Manfaat susu yang kedua adalah sebagai penawar racun dalam tubuh kita. Salah satu contohnya adalah susu mampu menolong kita untuk mengeleminasi Pencemaran udara yang diserap kulit saat kita sibuk beraktifitas di tempat kerja. susu juga membantu kita menetralisir paru – paru dari efek yangn di timbulkan oleh polusi udara.

3. Menghindari dehidrasi

Manfaat susu yang ke tiga adalah menekan dehidrasi yang mungkin di alami tubuh. Fungsi susu di sini mirip dengan fungsi air putih yaitu sebagai pengganti cairan tubuh dan menyediakan mineral dan juga vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia.

4. Menekan pengaruh negatif dari pms

Manfaat susu yang selanjutnya adalah dapat membantu wanita – wanita yang sering mendapatkan keluhan saat siklus mens akan tiba. Susu adalah minuman berkalsium tinggi yang mampu menekan efek PMS yang sangat mengganggu seperti sakit kepala, perut keram dan lain sebagainya.

5. Menjaga kesehatan jantung

Dengan rutin mengkonsumsi susu, akan membuat jantung kita menjadi sehat. Fungsi jantung kita bisa terjaga berkat asam lemak omega3 yang terkandung dalam susu. Tapi kita tidak boleh mengkonsumsi susu secara berlebihan karena akan meningkatkan kolesterol tubuh yang akan memacu terjadinya penyakit jantung.

6. Tidur lebih nyenyak

Manfaat susu yang ke enam adalah membantu tidur kita menjadi lebih nyenyak. Cobalah teman teman untuk mengkonsumsi susu hangat sebelum beranjak tidur, karena dengan mengkonsumsi susu sebelum kita tidur akan membantu saraf kita menjadi lebih tenang. Hal ini bisa terjadi karena salah satu kandungan yang terkandung dalam susu yang bernama triptofan yang berubah menjadi melatonin yang membantu tidur kita lebih nyenyak.

7. Salah satu opsi diet

Sangat banyak orang yang mengurangi konsumsi susu ketika mencoba suatu program diet. Tapi ternyata fakta nya itu salah, dengan mengkonsumsi susu rendah lemak mampu lebih baik dalam membantu kita untuk mensukseskan program diet. Teman – teman bisa mengkombinasikan susu dengan buah buahan sebagai pengganti nasi di malam hari.

8. Membantu perkembangan dari gigi dan tulang

Manfaat susu yang ke delapan adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium yang terkandung dalam susu tidak hanya bagus untuk perkembangan tulang anak anak, tapi sangat baik juga untuk mempertahankan tulang orang dewasa dari risiko terjadinya osteoporosis.

9. Membantu pencernaan

Bagi teman teman yang mengalami gangguan pencernaan, susu bisa menjadi salah satu opsi yang bisa teman teman pakai. Mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan yang bisa terjadi pada hari berikutnya.

10. Mengeleminasi rasa capek ketika selesai berolahraga

Fungsi susu yang terakhir adalah membantu kita mengurangi rasa lelah ketika selesai berolahraga. Kandungan Protein yang terdapat dalam susu akan membantu menutrisi otot otot kita, sehingga rasa lelah yang di timbulkan dari berolahraga akan berkurang.

Selain banyaknya manfaat susu yang bisa kita dapatkan, ternyata terdapat juga efek samping yang bisa merugikan kesehatan kita yang harus kita hindari.

Efek samping susu

1. Risiko Patah tulang

Mengkonsumsi susu dapat mencegah kita untuk terjangkit penyakit osteoforosis. Tapi tahukah kamu, mengkonsumsi susu secara berlebihan akan menyebabkan kita mudah untuk terkena patah tulang. Hal ini terjadi karena tubuh akan menetralisir protein hewani dengan menggunakan kalsium yang ada dalam tubuh.

2. Kelebihan berat badan

Susu rendah lemak memang membantu kita untuk menjalankan program diet, tapi beda halnya dengan susu yang mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Tapi apabila teman teman sedang ingin menambah berat badan, susu dengan lemak dan kalori yang tinggi bisa jadi salah satu opsi yang bisa membantu teman – teman untuk menambah berat badan dengan cepat.

3. Gangguan pencernaan

Biasanya setelah kita mengkonsumsi susu, kita akan merasa malas untuk makan. Padahal kita membutuhkan serat yang sangat di butuhkan tubuh untuk membantu pencernaan. Dengan kurangnya serat yang di serap tubuh ini, akan menyebabkan terjadinya penyakit sembelit.

4. Anemia 

Efek samping selanjutnya dari mengkonsumsi susu secara berlebihan adalah terjadinya anemia. Tubuh akan terganggu dalam proses penyerapan zat besi, sedangkan zat besi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membentuk hemoglobin. Dan yang terjadi adalah tubuh kita akan sangat gampang lelah, sering merasa mengantuk, sulit untuk berkonsentrasi dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel yang bisa saya bagikan kali ini tentang manfaat susu dan efek samping dari susu itu sendiri. Besar harapan saya artikel ini bisa membantu teman – teman untuk lebih menjaga kesehatan tubuh.