Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Matematika kelas 8 semester 2 terbaru

RPP Matematika kelas 8 semester 2 terbaru
Foto oleh Stas Knop: https://www.pexels.com/id-id/foto/halaman-buku-putih-1340588/

RPP Matematika kelas 8 semester 2 terbaru

RPP Matematika – mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang memerlukan ketelitian dan keuletan dari seorang peserta didik, semua peserta didik harus rajin dan tekun untuk belajar agar materi yang di bahas tersebut lebih mudah untuk di serap oleh mereka.

Dalam rangka untuk mempermudah peserta didik di dalam menyerap semua materi yang kita berikan, kita membutuhkan perencanaan yang matang sebelum memulai suatu pembelajaran. Perencanaan tersebut adalah RPP Matematika.

RPP Matematika ini sangat kita butuhkan ketika kita melaksanakan suatu pembelajaran, hal ini di sebabkan oleh isi dari RPP matematika ini. Di dalam RPP matematika, telah di cantumkan semua kegiatan kita mulai dari kegiatan pendahuluan hingga kegiatan penutup.

Rentetan kegiatan yang telah di atur inilah yang akan membantu kita di dalam mencapai target suatu materi, sehingga peserta didik bisa lebih mudah di dalam memahami apa yang ingin kita sampaikan. Maka dari itu karena penting dan besarnya pengaruh RPP Matematika ini terhadap suatu pembelajaran, kita harus bisa menyediakan RPP matematika sebelum kegiatan pembelajaran di mulai.

Semua kegiatan yang kita lakukan di jamin akan lebih baik apabila kita bisa memaksimalkan pelaksanaan dari RPP Matematika yang kita susun, sehingga daya serap peserta didik kita akan lebih tinggi lagi.

Hal ini akan berbanding terbalik apabila kita tidak menggunakan RPP Matematika sebagai pegangan ketika mengajar di dalam kelas. Jika kita tidak menggunakan RPP Matematika, pembelajaran yang kita lakukan akan tidak memiliki tujuan yang pasti.

RPP Matematika kelas 8 semester 2

Dengan tujuan yang tidak pasti, mengakibatkan suatu pembelajaran akan berjalan tanpa arah. Suatu pembelajaran akan berjalan dengan keinginan guru, dan akan berakibat suatu pembelajaran melebar kemana – mana. 

Maka dari itu dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa memiliki RPP Matematika ini sebelum memulai suatu pembelajaran. Tapi pada kenyataannya , masih banyak dari kita yang tidak memiliki RPP Matematika ini.

Dan ada juga  yang memiliki RPP Matematika tapi tidak memanfaatkan RPP yang telah di miliki, anggapannya adalah materi matematika tersebut telah di kuasai oleh guru yang bersangkutan. Meskipun materi matematika ini telah di kuasai dengan sempurna oleh guru yang bersangkutan, tapi di dalam pelaksanaannya kita membutuhkan RPP untuk bisa mengurutkan kegiatan pembelajaran agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

Kita juga tidak akan kehabisan topik ketika mengajar, karena semua kegiatan yang akan kita lakukan  telah tercantum di dalam RPP Matematika. Hal inilah yang menyebabkan RPP ini sangat di butuhkan ketika kita mengajar di kelas 8.

Di dalam pelaksanaan RPP matematika yang kita susun ini, kita membutuhkan media pembelajaran yang sesuai dengan pembahasan materi. Tujuannya adalah agar isi dari RPP yang kita susun ini bisa lebih cepat dan mudah untuk tersampaikan ke peserta didik kita di dalam kelas.

RPP Matematika kelas 8

Media pembelajaran ini bisa kita ambil dari stock media pembelajaran yang tersedia di sekolah tempat kita bertugas. Saya rasa di sekolah tempat kita bertugas telah banyak di sediakan media pembelajaran yang sesuai dengan pembahasan materi matematika untuk kelas 8, kita cukup mencocokkan media tersebut dengan apa yang akan kita ajarkan.

Tapi alangkah baiknya kita bisa mempersiapkan media pembelajaran sendiri, karena media pembelajaran yang kita susun sendiri ini akan lebih sesuai dengan RPP matematika yang telah kita susun. Selain itu media pembelajaran yang kita susun sendiri ini juga akan lebih mengasah kreativitas kita di dalam berkarya.

Karena materi matematika yang tergolong membutuhkan konsentrasi yang tinggi, kita juga harus menyelipkan ice breaking di sela – sela pembelajaran. Tujuannya adalah untuk menjaga tingkat konsentrasi belajar dari peserta didik kita di dalam kelas, selain itu ice breaking juga bisa membangkitkan semangat belajar dari peserta didik kita di dalam kelas.

Jangan lupa juga untuk mengadakan kegiatan penilaian di akhir pembelajaran, tujuannya adalah untuk mengetahui daya serap peserta didik ketika mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Selain itu kegiatan penilaian ini juga bisa kita gunakan untuk membangun kegiatan pembelajaran berikutnya, agar kegiatan pembelajaran berikutnya bisa berlangsung lebih baik lagi. Hal ini harus kita lakukan terus menerus agar kegiatan pembeljaaran yang kita lakukan bisa terus berkembang.

Download RPP Matematika kelas 8 semester 2

Bagi teman teman yang menginginkan RPP matematika yang di peruntukan untuk kelas 8 semester 2 ini, bisa langsung mengunduhnya pada link yang telah di sediakan di bawah ini.

RPP Matematika bab 6 ( LINK )
RPP Matematika bab 7 ( LINK )
RPP Matematika bab 8 ( LINK )
RPP Matematika bab 9 ( LINK )
RPP Matematika bab 10 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang RPP Matematika kelas 8 semester 2, semoga saja dengan tersedianya RPP Matematika ini kita bisa menciptakan linkungan belajar yang lebih baik lagi. Sehingga nantinya hasil belajar yang bisa di raih peserta didik bisa meningkat, dan sesuai dengan harapan yang kita inginkan.

Sebagai seorang guru yang mengajar matematika, saya sangat mengharapkan agar teman – teman bisa mengubah mind set dari peserta didik kita di dalam kelas. Dari yang awalnya matematika di jadikan sebagai mata pelajaran yang di anggap killer, menjadi mata pelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk di pelajari oleh peserta didik kita di dalam kelas.