Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota matematika kelas 8 terbaru – dunia guru 87

Prota matematika kelas 8 terbaru
Foto oleh Oladimeji Ajegbile: https://www.pexels.com/

Prota matematika kelas 8 terbaru – dunia guru 87

Prota matematika – administrasi ini adalah administrasi inti dari semua administrasi yang wajib untuk guru matematika penuhi. Dari administrasi inilah baru kita bisa menyelesaikan penyusunan dari administrasi – administrasi lainnya.

Kita tidak bisa menyelesaikan penyusunan dari administrasi guru matematika apabila kita belum memiliki prota matematika sebagai dasar penyusunan. Maka dari itu kita harus menyelesaikan penyusunan dari prota matematika ini sebelum kita bisa menyelesaikan administrasi lainnya.

Sebelum kita memulai untuk menyusun prota matematika, kita harus memiliki kalender pendidikan terlebih dahulu. Kalender pendidikan ini akan di keluarkan oleh dinas terkait di setiap daerah di Indonesia. Kalender pendidikan di setiap daerah akan berbeda – beda satu sama lainnya, sehingga kita tidak akan bisa untuk menggunakan kalender pendidikan dari daerah lain.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan adat istiadat setiap daerah, perbedaan adat istiadat ini akan berimbas terhadap hari efektif belajar yang bisa kita pergunakan di sekolah. Oleh karena itulah kita tidak bisa menggunakan kalender pendidikan dari daerah lain, karena akan merusak dan mengacaukan pelaksanaan dari administrasi dan pembelajaran di kelas 8.

Setelah kita bisa mendapatkan kalender pendidikan dari daerah tempat kita bertugas, baru kita bisa memulai untuk menyusun prota matematika ini.  langkah pertama dari menyusun prota matematika ini adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu materi – materi matematika yang ada di kelas 8, hal ini sangatlah penting karena setiap materi ini harus mendapatkan jam ajar yang sesuai. 

Prota matematika kelas 8 semester satu

Setelah kita mengetahui semua materi matematika yang ada di kelas 8, baru kita bisa membagi waktu efektif yang tersedia di kalender pendidikan kepada materi – materi tersebut.  Usahakan untuk memberikan waktu yang lebih untuk materi yang kita anggap terlalu padat, agar materi tersebut bisa terselesaikan dan bisa di serap dengan baik.

Kabar baiknya adalah format dari prota matematika ini masih sama dengan format prota tahun ajaran yang telah lewat. Hal ini tentu akan sangat memudahkan kita di dalam menyusun dan menyelesaikan penyusunan dari prota matematika.

Dengan selesainya penyusunan dari prota matematika untuk kelas 8 ini, baru kita bisa menyelesaikan administrasi berikutnya yang juga merupakan administrasi pokok yaitu promes. Kita akan menyusun dua promes matematika setiap satu tahun ajaran.

Promes untuk semester satu dan promes untuk semester 2, agar mendapatkan promes yang baik kita harus benar – benar teliti di dalam menyusun prota matematika , karena promes matematika ini akan berpatokan kepada isi dari prota yang telah kita selesaikan.

Prota matematika kelas 8 semester genap

Setelah kita bisa menyelesaikan prota matematika dan juga promes matematika, baru kita bisa masuk ke administrasi lainnya seperti silabus , rpp dan masih banyak lagi lainnya. Semua administrasi tersebut akan berpatokan kepada prota dan promes yang telah kita selesaikan terlebih dahulu.

Semua administrasi ini harus kita terapkan semaksimal mungkin, agar kegiatan pembelajaran yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai administrasi yang telah susah – susah kita susun dan kita selesaikan ini hanya menjadi penghias meja atau lemari saja.

Administrasi ini tidak akan berguna apabila kita tidak menggunakan administrasi yang kita susun, dan hal inilah yang terjadi di lapangan. Ada banyak guru matematika yang tidak menggunakan administrasi guru matematika ketika mengajar.

Jangankan untuk menggunakan, memiliki administrasi guru matematika pun tidak. Hal ini bisa terjadi karena materi matematika di kelas 8 ini telah di kuasai oleh guru yang mengajar, sehingga menimbulkan rasa malas ketika mereka menyusun dan menyelesaikan penyusunan dari administrasi guru.

Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kegiatan pembelajaran yang kita lakukan, kita bisa membandingkan hasil dari pembelajaran yang menggunakan administrasi sebagai pegangan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan administrasi sebagai pegangan. Tentu saja hasilnya akan sangat jauh lebih baik ketika kita menggunakan administrasi guru matematika sebagai pengangan.

Download prota matematika kelas 8 

Bagi guru matematika yang mengajar di kelas 8 yang menginginkan prota matematika ini, bisa langsung mengunduhnya di link yang telah di sediakan di bawah ini.

Prota matematika kelas 8 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang prota matematika untuk kelas 8, di dalam prota ini telah tersedia untuk semester 1 dan semester 2. Semoga saja prota matematika ini bisa membantu kita di dalam menyusun administrasi lain yang memang wajib untuk kita lengkapi.

Selain prota matematika untuk kelas 8 ini, di dalam web dunia guru 87 telah di sediakan semua administrasi untuk guru matematika yang mengajar di kelas 8. Semua administrasi yang di sediakan dunia guru 87 ini di harapkan bisa membantu kita di dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita di dalam kelas.