Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS Matematika kelas 8 semester gasal terbaru

Soal PTS Matematika kelas 8 semester gasal terbaru
Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/ipad-perak-di-tumpukan-buku-289738/

Soal PTS Matematika kelas 8 semester gasal terbaru

PTS Matematika – pada pertengahan tahun ajaran semester 1 akan kita adakan kegiatan penilaian wajib, kegiatan penilaian tersebut adalah PTS Matematika. Kegiatan penilaian ini telah terjadwal pasti di dalam kalender pendidikan, sehingga mau tidak mau kita harus mengadakan kegiatan penilaian ini.

Agar peserta didik kita bisa menyelesaikan soal dari PTS matematika ini, kita wajib untuk penyelesaikan pembahasan materi tepat pada waktunya. Tapi tidak hanya sekedar menyelesaikan pembahasan materi saja, kita wajib untuk memastikan peserta didik kita berhasil untuk menguasai semua materi yang akan di ujikan.

Hal ini sangatlah penting karena akan mempengaruhi semangat belajar peserta didik di sisa setengah semester. Kita tentu sangat mengharapkan agar hasil anak anak ini sesuai dengan ekspektasi kita, karena semakin baik nilai mereka akan semakin baik pula kegiatan pembelajaran yang telah peserta didik lewati.

Dalam menyusun soal PTS matematika, kita harus memperhatikan aspek tingkat kesukaran dari soal tersebut. Dunia guru sangat mengharapkan agar kita tidak menyusun soal yang terlalu sulit untuk di kerjakan atau di selesaikan oleh peserta didk kita.

Karena semakin sulit atau sukar soal yang kita berikan, persentase anak – anak kita untuk bisa menjawab akan semakin kecil. Tapi ada beberapa dari kita yang memang sengaja untuk menyusun soal yang memang tidak bisa di jawab oleh peserta didik, mereka akan merasa puas karena anak – anaknya tidak bisa menyelesaikan soal yang di berikan.

Hal ini tentu saja salah dan sudah masuk kedalam prilaku yang menyimpang, penyusunan soal yang terlalu sulit akan mempengaruhi semangat belajar dari peserta didik. mungkin karena inilah mata pelajaran Indonesia sering di sebut dengan mata pelajaran killer, mata pelajaran yang tidak di gemari oleh banyak orang.

Soal PTS matematika kelas 8 semester 1 beserta kunci jawaban

Kita harus menyusun dengan sebaik – baiknya tingkat kesulitan dari soal PTS matematika ini, agar nantinya peserta didik mampu menyelesaikan soal sesuai dengan kedalaman materi yang mereka dapatkan ketika belajar.

Selain itu kita juga boleh mengembangkan soal - soal PTS Matematika ini agar kita bisa menghasilkan soal yang bervariatif, tapi dengan catatan soal yang akan kita kembangkan ini tetap ada berhubungannya dengan materi PTS yang di ujikan.

Nilai dari PTS matematika ini akan kita pergunakan ketika kita merekap nilai – nilai ujian dan latihan yang telah di lakukan oleh peserta didik. semua nilai – nilai ini akan kita kumpulkan dan menjadi nilai akhir yang di peroleh peserta didik di akhir semester ini.

Agar mendapatkan nilai yang memuaskan dari PTS matematika ini, kita wajib untuk mengkondisikan kelas yang siap untuk mengikuti suatu pembelajaran. Kita harus bisa menyediakan kelas yang bersih dan rapi sebelum peserta didik memulai suatu pembelajaran.

Hal ini sangat mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran, karena apabila kondisi kelas nya tidak bersih dan rapi akan mengurangi konsentrasi peserta didik ketika mengikuti pembelajaran yang kita adakan. Selain itu peserta didik akan merasa tidak nyaman terhadap lingkungan belajarnya , dan tentu saja hal ini sangat kita tidak inginkan untuk terjadi.

Selain itu perlengkapan belajar dari peserta didik juga akan mempengaruhi daya serap dari anak – anak kita di kelas 8, maka dari itu kita wajib untuk memastikan kesiapan belajar dari peserta didik kita di kelas sebelum kita mulai aktivitas belajar.

Soal PTS Matematika semester ganjil kelas 8

Semua itu kita lakukan agar peserta didik kita bisa belajar dengan baik, dan bisa mengerjakan soal ketika mereka mengikuti kegiatan penilaian. Semua perjuangan kita ini akan terbayarkan saat kita mengetahui nilai – nilai dari anak – anak kita yang bisa mencapai batas minimal target yang telah kita tentukan.

Hasil dari kegiatan penilaian ini akan kita jadikan patokan di dalam melaksanakan pembelajaran di akhir semester. Kita harus bisa menyempurnakan kegiatan pembelajaran yang kita lakukan agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Kita harus selalu instrospeksi diri dan memperbaharui skill  kita agar sesuai dengan perkembangan jaman. Hal inilah yang diharapkan oleh dunia guru 87, agar kita selalu berkembang mengikuti perkembangan dunia pendidikan yang ada di Indonesia ini.

Salah satunya adalah tata cara penyusunan soal, tata cara penyusunan soal ini telah mengalami beberapa kali perubahan. Hal inilah salah satu contoh bahwa kita harus mengikuti perubahan jaman agar kita tetap up to date

Salah satu contoh lainya adalah ketika masa pandemi corona, kita di paksa untuk bisa mengadakan kegiatan pembelajaran yang berbasis online. Meskipun tidak semua pihak yang bisa menerapkan kegiatan berbasis online ini.

Tapi mau tidak mau kita harus tetap mengadakan kegiatan pembelajaran yang berbasis online ini, dan ini juga menjadi salah satu contoh bahwa kita harus mengikuti perkembangan jaman dan kondisi yang berlaku.

Downlaod soal PTS Matematika semester gasal

Bagi teman – teman yang menginginkan soal untuk PTS matematika untuk kelas 8 semester 1 ini bisa langsung mengunduhnya di bawah ini.

Soal PTS semester gasal ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang soal PTS semester ganjil untuk kelas 8 semester 1, semoga saja soal PTS ini bisa kita gunakan di tempat kita bertugas. Harapan dunia guru 87 adalah semoga soal yang di bagikan ini sudah sesuai dengan harapan kita semuanya.