Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus PKN kelas 8 semester 2 terbaru – dunia guru 87

Silabus PKN kelas 8 semester 2 terbaru
Foto oleh Idriss Meliani dari Pexels

Silabus PKN kelas 8 semester 2 terbaru – dunia guru 87

Silabus PKN – pembelajaran akan menjadi maksimal apabila kita sebagai guru bisa mempersiapkan perencanaan yang matang sebelum memulai suatu pembelajaran. Dengan adanya perencanaan yang matang akan mampu untuk mempermudah anak – anak kita di dalam mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.

Salah satu perencanaan tersebut adalah silabus PKN, silabus ini akan sangat membantu kita di dalam mengajar. Silabus ini akan menggambarkan kegiatan pembelajaran yang akan kita laksanakan di dalam kelas.

Silabus PKN ini merupakan turunan dari prota PKn yang harusnya kita selesaikan terlebih dahulu. Dalam satu tahun ajaran akan terdapat dua silabus , silabus untuk semester 1 dan silabus untuk semester 2. Kedua silabus in akan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran di setiap semester nya.

Oleh karena itu saya sangat mengharapkan agar kita bisa menyusun silabus PKN yang  baik dan benar, karena  seperti yang kita ketahui silabus ini sangatlah penting bagi keberhasilan suatu pembelajaran. Selain itu silabus ini juga akan menjadi gambaran kita di dalam mengajar, semua inti dari materi – materi yang ada di kelas 8 akan tertuang di dalam silabus ini.

Bukan perkara yang sulit bagi kita yang telah terbiasa menghadapi penyusunan administrasi – administrasi seperti silabus PKN ini. kita semua tentu telah berkali – kali juga mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan penyusunan administrasi guru PKN. Sehingga saya sangat yakin silabus ini bisa terselesaikan dalam waktu yang singkat.

Silabus PKN kelas 8 semester 2

Untuk memudahkan kita di dalam menyusun silabus PKN ini, dunia guru 87  telah menyediakan silabus jadi yang akan memudahkan kita untuk melengkapi administrasi ini. tapi sebelum kita menggunakan administrasi ini, alangkah baiknya kita memeriksa terlebh dahulu silabus ini apakah materi yang ada di dalam nya telah sesuai dengan harapan kita.

Apabila telah sesuai dengan apa yang kita inginkan , kita bisa langsung menggunakan administrasi ini. tapi apabila administrasi silabus PKN ini belum sesuai , kita harus merevisinya terlebih dahulu agar lebih sesuai dan bisa di terapkan untuk menunjang pembelajaran yang kita lakukan.

Untuk format dari silabus PKN ini sendiri masih sama seperti silabus pendahulunya, sehingga akan sangat memudahkan kita untuk mengerti isi dari silabus ini. selain itu format silabus ini juga sangat memudahkan kita di dalam penyusunannya.

Sebelum kita menyusun silabus PKN ini, kita harus mengetahui dulu materi – materi apa saja yang ada di semester 2 agar lebih mempermudah kita di dalam menyusunnya. Materi – materi tersebut antara lain semangat kebangkitan nasional, sumpah pemuda dalam bingkai bhineka tunggal ika, memperkuat komitmen kebangsaan, semua materi tersebut harus kita input kedalam silabus PKN kelas 8 semester 2 yang kita susun.

Materi – materi ini sangatlah penting bagi peserta didik, kita karena materi ini akan secara tidak langsung membangun dan membentuk karakter dari anak – anak ini agar cinta kepada tanah airnya. Dan hal ini sangatlah kita harapkan karena dari rasa cinta tanah air, anak – anak ini akan berusaha membangun negerinya di masa yang akan datang.

Silabus kelas 8 semester 2 PKN

silabus PKN ini juga harus menginput sumber belajar yang kita gunakan, hal ini untuk mempermudah kita untuk mengetahui sumber belajar yang kita gunakan. Selain itu kegiatan penilaian yang akan kita terapkan pada materi tersebut juga harus tertera di dalam silabus PKN ini, sehingga kita bisa tahu dan bisa mempersiapkan penilaian yang sesuai dengan apa yang tertera di dalam silabus.

Silabus PKN ini akan berkolaborasi dengan administrasi – administrasi lain untuk membangun pembelajaran yang maksimal. Tapi semua administrasi ini harus di barengi dengan pelaksanaan yang mantap juga, akan menjadi mubazir apabila administrasi yang kita susun sudah lengkap tapi kita tidak bisa mempergunakannya.

Kita juga membutuhkan media pembelajaran untuk mendukung terciptanya pembelajaran yang kondusif dan juga menarik. Media pembelajaran ini akan sangat membantu kita di dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Media pembelajaran ini juga akan berfungsi untuk membangkitkan konsentrasi peserta didik kita di kelas 8. Maka dari itu kita harus bisa menampilkan media pembelajaran yang menarik agar hal tersebut bisa terlaksana, meskipun kelemahannya adalah kita harus menyisihkan sedikit waktu kita di dalam menyusun media pembelajaran ini.

Download silabus PKN kelas 8 semester 2

Link unduhan dari silabus PKN ini telah di sediakan di bawah, silahkan mengklik kata link yang telah di sediakan.

Silabus PKN semester 2 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang silabus PKN kelas 8 semester 2, semoga saja artikel ini bisa membantu kita di dalam mengelola pembelajaran. Dan semoga saja pembelajaran yang kita lakukan bisa menjadi maksimal dan sesuai dengan harapan.