Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 terbaru

Silabus bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 terbaru
Foto oleh Jess Bailey Designs dari Pexels

Silabus bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 terbaru

Silabus bahasa Indonesia – anak – anak kelas 8 SMP merupakan cikal bakal penerus bangsa, di tangan merekalah masa depan bangsa ini akan di tentukan. Kita sebagai seorang guru mempunyai tugas yang sangat berat untuk membimbing mereka dalam rangka meraih cita – cita yang mereka inginkan.

Kita harus bisa memaksimalkan pengetahuan dan pribadi dari setiap anak – anak kita di kelas 8 ini, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mempersiapkan administrasi guru dengan sebaik – baiknya.

Dengan kita bisa menyediakan administrasi yang lengkap seperti silabus bahasa Indonesia ini, kita harapkan agar kegiatan pembelajaran yang kita adakan bisa menjadi maksimal sehingga akan mendongkrap daya serap dari anak – anak ini.

Silabus bahasa Indonesia ini akan sangat membantu kita didalam mengelola pembelajaran dan juga mengelola waktu pelaksanaan dari pembelajaran itu sendiri.  Silabus ini sendiri akan sangat membantu kita di dalam menyusun silabus bahasa Indonesia karena baik itu waktu dan rencana kegiatannya telah tertulis di dalam silabus bahasa Indonesia yang kita susun.

Untuk mendapatkan RPP yang berkualitas, kita harus mampu untuk menyusun silabus yang baik dan benar. Dengan kata lain semakin baik silabus bahasa Indonesia yang bisa kita susun, semakin baik pula RPP yang bisa kita susun, dan semakin baik RPP bahasa Indonesia yang kita susun akan semakin baik pula kegiatan pembelajaran bisa berjalan.

Silabus bahasa Indonesia kelas VIII semester 2 

Untuk susunan dari penyusunan silabus ini sendiri masih sama seperti silabus sebelumnya, hal ini akan memudahkan kita di dalam menyusun silabus bahasa Indonesia. Karena akan memudahkan kita di dalam menyusun administrasi ini.

Kop silabus bahasa Indonesia akan kita mulai dari satuan pendidikan, untuk bagian ini akan kita isi dengan tempat kita bertugas. Jangan sampai diisi dengan satuan pendidikan yang lain karena akan membuat silabus yang kita susun menjadi tidak valid.

Setelah kita selesai menginput satuan pendidikan, kita akan lanjut untuk mengisi mata pelajaran. Pada bagian mata pelajaran ini akan kita isi dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Dibawah mata pelajaran akan terdapat kelas/ semester, pada bagian ini akan kita isi dengan kelas VIII semester 2.

Dan yang terakhir akan kita isi bagian tahun pelajaran, pada bagian ini akan tercantum tanggal berlakunya silabus bahasa Indonesia ini. dengan menyelesaikan bagian kop ini, kita akan masuk kedalam bagian kompetensi inti.

Pada bagian ini akan kita input kompetensi yang diharapkan untuk di capai pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 SMP semester 2. Dan setelah menyelesaikan pengisian kompetensi inti, kita akan masuk kedalam tabel silabus bahasa Indonesia. Tabel inilah yang akan menjadi inti dari silabus yang kita susun.

Silabus kelas 8 bahasa Indonesia semester 2

Di dalam tebel yang tersedia di silabus bahasa Indonesia ini akan kita awali dengan kompetensi dasar, materi pelajaran, nilai karakter, indikator, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, sumber belajar, dan penilaian.

Kesemua aspek tersebut harus berada di dalam silabus bahasa Indonesia, dan jika kita telah berhasil untuk menyelesaikannya, kita jangan sampai lupa untuk menginput identitas dari si pembuat dan identitas dari kepala sekolah.

Setelah menyelesaikan penyusunan dari silabus ini, kita harus menyerahkan silabus bahasa Indonesia ini kepada kepala sekolah untuk di koreksi. Apabila silabus yang telah kita susun ini lolos dari koreksi kepala sekolah, maka silabus yang kita susun ini akan di bubuhi tanda tangan dan cap dari sekolah.

Setelah kita bisa meyelesaikan penyusunan dari silabus bahasa Indonesia, baru kita bisa menyusun administrasi – administrasi lain seperti RPP , jurnal mengajar dan masih banyak lagi lainnya. Semua administrasi ini akan kita butuhkan ketika kita melaksanakan kegiatan pembelajaran dan juga kegaiatan penilaian.

Semua yang kita lakukan ini untuk keberhasilan pembelajaran yang kita lakukan, karena harapan kita anak – anak kelas 8 ini bisa menyerap semua pembelajaran yang kita berikan dengan semaksimal mungkin agar dapat mengatrol nilai mereka ketika mengikuti suatu kegiatan penilaian.

Dunia guru 87 juga telah menyediakan silabus bahasa Indonesia yang telah jadi, dengan harapan silabus ini bisa membantu kita di dalam menyusun administrasi – administrasi penunjang lainnya.

Download silabus bahasa Indonesia kelas 8 semester 2

Silahkan mengunduh berkas silabus bahasa Indonesia ini pada bagian link yang telah di sediakan di bawah ini, 

Silabus bahasa Indonesia semester 2 ( LINK )

Demikianlah penjabaran artikel tentang silabus bahasa Indonesia kelas 8 semester 2, semoga saja silabus ini bisa meringankan beban kita di dalam mengelola materi ajar di kelas 8. Dunia guru 87 sangat berharap agar kita semua bisa memaksimalkan pembelajaran dan memaksimalkan semua kemampuan kita agar anak – anak kita bisa mendapatkan aktivitas yang juga maksimal.