Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus Bahasa Indonesia kelas 8 semester 1 baru

Silabus Bahasa Indonesia kelas 8 semester 1 baru
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Silabus Bahasa Indonesia kelas 8 semester 1 baru

Silabus bahasa Indonesia – bahasa Indonesia merupakan bahasa wajib di negara Indonesia, mata pelajaran bahasa Indonesia ini juga telah di ajarkan mulai dari kelas rendah hingga kelas yang tinggi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tata bahasa dari anak – anak kita.

Kita harus bisa mengarahkan anak – anak kita untuk bisa berbahasa yang baik dan benar, dan dengan bantuan mata pelajaran bahasa Indonesia inilah kita bisa mewujudkannya. Maka dari itu kita harus bisa memaksimalkan semua kegiatan pembelajaran yang kita adakan , agar anak – anak bisa menyerap semua materi ini dengan baik.

Dalam rangka mendongkrak daya serap peserta didik ini, kita harus mempersiapkan perencanaan yang matang. Perencanaan ini salah satunya adalah dengan cara melengkapi administrasi guru bahasa Indonesia termasuk silabus bahasa Indonesia.

Silabus bahasa Indonesia ini akan mengatur atau memanage pembelajaran yang akan kita lakukan agar bisa berjalan sesuai dengan rencana. Semakin baik kita memanage suatu pembelajaran, akan berimbas terhadap daya serap peserta didik yang juga akan meningkat. Yang pada akhirnya akan bisa kita lihat di setiap kegiatan penilaian.

Kegiatan penilaian yang akan kita adakan ini biasanya akan mampu untuk mencapai target minimal yang telah di tentukan karena semua kegiatan pembelajaran yang kita lakukan telah berpatokan pada administrasi guru bahasa Indonesia termasuk silabus bahasa Indonesia.

Silabus bahasa Indonesia kelas VIII semester 1

Saya sangat mengharapkan agar kita bisa dan mau untuk menyusun silabus bahasa Indonesia, karena kita semua tahu pengaruh besar dari silabus ini terhadap keberhasilan semua kegiatan kita dan juga peserta didik di kelas 8.

Untuk format dari silabus bahasa Indonesia masih sama seperti silabus – silabus sebelumnya, sehingga tidak akan membawa kesulitan bagi kita ketika menyusunnya. Kita telah hafal sepenuhnya tata cara penyusunan dari silabus ini, selain itu materi – materi yang ada di dalam silabus juga telah kita kuasai sepenuhnya.

Yang menjadi permasalahan besar bagi sebagian besar dari kita adalah melawan rasa malas. Tidak sedikigt dari kita yang hingga saat ini menganggap remeh pengaruh dari silabus ini, padahal kita semua tahu peran serta dari silabus ini sendiri sangatlah penting.

Sebagian dari kita enggan untuk menyusun administrasi ini di awal semester, karena kita masih hanyut akan euforia liburan akhir tahun. Hal ini akan mengakibatkan mundurnya penyusunan dari administrasi – administrasi lainnya, karena kita malas untuk menyusun administrasi seperti prota promes dan juga silabus.

Dan tidak sedikit dari kita memang sengaja untuk tidak menyusun silabus bahasa Indonesia, dan tidak mempersiapkan apa – apa untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang akan kita lakukan di kelas. Hal ini bisa terjadi karena kita menganggap bahwa materi ajar bahasa Indonesia di kelas 8 ini telah kita kuasai sepenuhnya.

Silabus kelas 8 semester 1 bahasa Indonesia

Memang masih bisa pembelajaran yang kita adakan ini berjalan, tapi hasil yang akan kita dapatkan tidak akan semaksimal jika kita bisa mempersiapkan administrasi ini selengkap – lengkapnya. Yang biasanya terjadi adalah pembelajaran yang kita adakan akan tidak memiliki tujuan yang pasti, dan akan lebih cenderung untuk keluar dari pembahasan materi yang harusnya kita ajarkan.

Hal ini akan sangat berimbas kepada kegiatan penilaian yang nantinya akan kita laksanakan, hasil yang di capai peserta didik akan cenderung tidak memuaskan sehingga kita harus mengadakan kegiatan remidial untuk menutup lubang tersebut.

Dengan harus diadakannya kegiatan remidial, akan menandakan bahwa kegiatan pembelajaran yang kita lakukan tidak berjalan sesuai dengan rencana. Dari hal ini kita harus bisa menginstrospeksi diri kita dan harus berbuat lebih maksimal lagi agar nantinya pembelajaran bisa berjalan dengan lebih maksimal lagi.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk menyusun silabus bahasa Indonesia dan administrasi lainnya, karena kita akan sangat terbantukan dengan adanya administrasi ini. tapi administrasi ini akan sia – siap apabila administrasi ini hanya menjadi administrasi semata tidak kita presentasikan atau kita terapkan.

Kita harus mampu untuk menerapkan semua administrasi yang kita susun dengan sebaik – baiknya karena seperti yang sudah saya jabarkan di atas bahwa administrasi ini akan berperan penting terhadap keberhasilan suatu pembelajaran.

Download silabus bahasa Indonesia kelas 8 semester 1

Dibawah ini adalah link unduhan dari silabus bahasa Indonesia kelas 8 semester 1, kita bisa mengunduhnya lewat kata link yang telah tersedia di bawah ini.

Silabus semester 1 ( LINK )

Demikianlah pembahasan dari silabus bahasa Indonesia semester 1 untuk kelas 8, semoga saja silabus ini bisa membantu kita di dalam mendongkrak kegiatan pembelajaran yang kita laksanakan. Harapan dunia guru 87 adalah agar kita bisa memaksimalkan semua aktivitas kita di dalam maupun di luar kelas agar mendapatkan hasil yang maksimal juga.