Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus PKN kelas 7 semester 2 terbaru

Silabus PKN kelas 7 semester 2 terbaru
Foto oleh Taryn Elliott dari Pexels

Silabus PKN kelas 7 semester 2 terbaru

Silabus PKN – salah satu administrasi yang harus kita miliki adalah silabus . dengan adanya silabus , kita akan lebih mudah dalam mengelola suatu pembelajaran. Hal ini bisa terjadi karena di dalam silabus telah tertera rencana kegiatan yang akan kita laksanakan di dalam kelas.

Maka dari itu kita harus bisa mempersiapkan silabus PKN ini dengan sedemikian rupa, agar kegiatan pembelajaran yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan juga sesuai dengan rencana. Semakin baik silabus yang kita susun , semakin baik pula nantinya pembelajaran yang akan kita laksanakan di dalam kelas .

Silabus PKN ini sendiri merupakan salah satu dari beberapa administrasi guru PKN yang harus kita miliki. Silabus ini biasanya akan kita susun di awal semester sebelum memulai suatu pembelajaran, hal ini bertujuan agar pembagian waktu dari setiap materi bisa sesuai dan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Hal ini sangat kita harapkan agar semua pembelajaran yang kita lakukan bisa sesuai dengan rencana dan juga bisa memaksimalkan daya serap dari anak – anak kita di kelas 7. Isi dari silabus PKN ini adalah materi dari semester 2 yang akan kita bahas di kelas, di sertai juga dengan waktu pelaksanaannya.

Sehingga akan meminimalisir kita untuk kekurangan waktu dalam mengajar. Dengan tercapainya kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan rencana , akan mendongkrak hasil dari kegiatan penilaian yang akan di ikuti oleh anak didik kita di kelas 7.

Silabus PKN kelas 7 semester 2

Kita bisa menyusun silabus PKN ini apabila kita telah menyusun PROTA dan juga promes terlebih dahulu, sedangkan prota dan juga promes bisa di susun apabila kita telah memiliki kalender pendidikan yang telah di bagikan oleh dinas terkait.

Fungsi dari kalender pendidikan sangatlah penting , karena di dalam kalender pendidikan akan tersedia waktu efektif di dalam mengajar yang akan kita pakai dalam mengajar. Setelah kita memiliki kalender pendidikan , baru kita bisa menyusun PROTA dan juga promes.  Kita akan berpatokan pada promes semester 2 dalam menyusun silabus PKN ini.

Maka dari itu kita harus bisa menyusun prota dan promes dengan sebaik – baiknya, agar nantinya kita bisa memudahkan kita dalam menyusun silabus PKN. Prota dan promes ini akan menentukan keberhasilan dari penyusunan dari administrasi – administrasi lainnya, oleh karena itu seperti yang saya katakan tadi kita harus bisa menyusun prota dan promes dengan sebaik – baiknya agar bisa memudahkan kita dalam menyusun administrasi lainnya.

Silabus PKN kelas 7

Dengan adanya  silabus PKN ini , akan memudahkan kita dalam mengelola waktu yang tersedia. Kita tidak akan merasa khawatir dengan masalah kekurangan waktu dalam mengajar, beda halnya apabila kita tidak menggunakan silabus ini sebagai pegangan. Pembelajaran akan menjadi tidak teratur, sehingga memperbesar kemungkinan untuk terjadinya kekurangan waktu dalam mengajar.

Walaupun silabus PKN ini sangat penting  terhadap kelangsungan suatu pembelajan, tidak sedikit dari kita yang tidak menggunakan silabus sebagai pegangan. Sebagian dari kita lebih nyaman untuk melaksanakan suatu pembelajaran tanpa menggunakan administrasi guru.

Hal ini bisa terjadi karena kita merasa lebih mudah dalam mengajar apabila tidak menggunakan administrasi, walaupun kita tahu kegiatan pembelajaran yang kita lakukan tidak akan semaksimal ketika menggunakan silabus PKN sebagai pegangan dalam mengajar.

Sebagian dari kita malas untuk menyusun silabus karena beragam alasan , mulai dari alasan tidak memiliki waktu yang cukup, hingga malas untuk menyusunnya. Hal ini akan berimbas terhadap pembelajaran yang kita lakukan, anak didik kita akan mengalami kesulitan dalam menerima apa yang kita berikan di kelas.

Saya sangat mengharapkan agar kita semua memiliki administrasi berupa silabus PKN ini sebelum memulai suatu pembelajaran. Karena kita semua tahu peran penting silabus ini terhadap keberhasilan suatu pembelajaran.

Download silabus PKN kelas 7 semester 2 

Silabus PKN kelas 7 ( LINK )

Demikianlah pembahasan dari silabus PKN semester 2 kelas 7, semoga saja silabus PKN ini bisa memudahkan kita dalam menjalankan kewajiban di kelas.