Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota IPS kelas 7 SMP Terbaru – dunia guru 87

Prota IPS kelas 7  SMP Terbaru – dunia guru 87
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Prota IPS kelas 7  SMP Terbaru – dunia guru 87

Prota IPS – dalam rangka memperlancar kegiatan pembelajaran di kelas, kita sebagai seorang guru harus bisa mempersiapkan perencanaan dengan semaksimal mungkin. Tujuannya adalah agar semua yang kita berikan bisa diterima dengan lengkap oleh anak didik kita nantinya.

Salah satu perencanaan yang harus kita miliki atau kita lengkapi adalah PROTA IPS. Dengan adanya Prota ini , kita akan lebih mudah lagi dalam melaksanakan setiap materi pelajaran di dalam kelas. Karena di dalam Prota telah tertata dengan baik susunan waktu pelaksanaan dari  materi – materi ips di kelas 7.

Prota IPS ini sendiri adalah salah satu administrasi inti. Administrasi inti inilah yang akan menjadi kerangka kita dalam menyusun administrasi administrasi lainnya, maka dari itu usahakan agar kita bisa menyusun Prota IPS ini dengan sebaik baiknya agar administrasi lainnya bisa berjalan dengan baik pula.

Dalam menyusun PROTA IPS ini, kita harus berpegangan pada kalender pendidikan yang harys kita milliki terlebih dahulu. Kalender pendidikan ini akan kita pakai untuk mencari jumlah waktu efektif belajar yang bisa kita pakai selama satu semester ke depan.

Kita tidak akan bisa menyusun prota ips ini tanpa adanya bantuan dari kalender pendidikan. Maka dari itu kita harus sudah memiliki kalender pendidikan sebelum kita mulai menyusun PROTA IPS. Dan pastikan kalender pendidikan tersebut memang berlaku di daerah kita, karena kita tidak bisa menggunakan kalender pendidikan dari daerah lain.

Prota IPS kelas 7 semester 1

Setelah kita telah menerima kalender pendidikan yang di bagikan oleh dinas yang terkait, langkah selanjutnya adalah membagi materi IPS di kelas 7 ini ke dalam dua semester. Setelah itu kita tinggal menginput semua materi kita kedalam Prota yang tengah kita susun . dan membaginya kedalam waktu yang tersedia di  dalam kalender pendidikan.

Prota IPS ini sangatlah penting untuk kita, karena dengan adanya Prota ini kita bisa memanage waktu dengan sebaik – baiknya sehingga semua materi bisa terselesaikan tepat pada waktunya. Hal ini sangatlah penting karena dengan pembagian waktu yang tepat akan memaksimalkan tercapainya pembelajaran yang efektif.

Dan secara tidak langsung akan berimbas pula pada kegiatan penilaian yang peserta didik ikuti. Hasil yang mereka capai akan lebih baik daripada saat kita tidak menggunakan PROTA IPS sebagai pegangan. Maka dari itu saya sangat mengharapkan agar kita bisa menyusun PROTA ini di awal tahun agar semua administrasi penunjang lainnya bisa kita susun dengan  baik juga .

Untuk mempermudah kita dalam menyusun PROTA IPS kelas 7, dunia guru 87 telah melampirkan prota yang bisa kita gunakan sebagai pegangan atau gambaran. Maksud dari pegangan disini adalah apabila kita ingin menggunakan prota yang di bagikan dunia guru 87 ini sebagai gambaran awal dalam menyusun sebuah prota.

Prota IPS kelas 7 semester 2

Tapi apabila kita tidak mempunyai waktu yang cukup, kita cukup mengisi waktu pelaksanaan yang ada di prota yang di bagikan ini, ini sangatlah simpel karena seperti yang telah saya katakan tadi, kita hanya membutuhkan kalender pendidikan saja dalam membagi materi yang ada di kelas 7 ini.

Kita pasti sangat mengharapkan semua materi yang kita miliki ini bisa terselesaikan dengan tepat waktu, kita juga akan sangat merasa puas apabila semua materi kita bisa di serap dengan maksimal. Untuk merealisasikan hal tersebut, kita harus memiliki administrasi – administrasi lainnya selain PROTA IPS ini.

Salah satu administrasi yang penting adalah jurnal harian mengajar atau lebih di kenal dengan agenda harian. Dalam jurnal harian mengajar ini, kita akan mengetahui kegiatan apa saja yang akan kita lakukan baik itu di kelas maupun di luar kelas.

Dengan adanya jurnal harian mengajar ini, kita akan lebih percaya diri lagi dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Kita tidak akan keluar dari jalur materi karena semua telah tertulis di dalam jurnal ini, sekarang coba kita bandingkan saat kita tidak menggunakan jurnal ini ketika mengajar, pembelajaran akan sulit untuk mencapai target yang di inginkan dan akan memperbesar kemungkinan keluar atau melenceng dari materi yang tengah di bahas.

Selain administrasi – administrrasi yang harus kita miliki, kita juga harus bisa menguasai kelas kita. penguasaan kelas ini sangatlah penting karena dengan kita bisa menguasai kelas, kita akan lebih mudah lagi dalam menyampaikan semua materi materi yang ada di kelas 7 ini.

Download Prota IPS kelas 7 terbaru 

Silahkan melakukan pengunduhan pada link di bawah ini

Prota IPS ( LINK )

Sekian pembahasan artikel tentang PROTA IPS kelas 7 kali ini, semoga saja artikel ini bisa membantu kita semua.