Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota Bahasa Inggris kelas 7 semester 1 dan 2 terbaru

Prota Bahasa Inggris kelas 7 semester 1 dan 2 terbaru
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Prota Bahasa Inggris kelas 7 semester 1 dan 2 terbaru

Prota Bahasa Inggris – bahasa inggris merupakan salah satu pelajaran yang ada di sekolah dasar hingga sekolah tinggi, hal ini bisa terjadi karena bahasa inggris adalah bahasa internasiol yang di pakai oleh semua negara yang ada di dunia.

Karena hal inilah yang menyebabkan kita harus sedini mungkin untuk bisa mengarahkan anak didik kita untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di kelas, dan untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran tersebut kita harus memiliki perencanaan yang matang dan sesuai dengan tujuan dari suatu materi.

Perencanaan ini adalah administrasi guru bahasa inggris yang harus kita miliki. Dengan adanya administrasi guru bahasa inggris, kita akan lebih mudah dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru. Hal ini bisa terjadi karena di dalam administrasi telah tertera dengan jelas apa saja yang bisa dan harus kita lakukan , kita hanya perlu untuk mengikutinya saja dan saya jamin kegiatan kita akan berjalan sesuai degan rencana.

Salah satu administrasi tersebut akan saya bahas pada artikel kali ini, administrasi tersebut adalah Prota Bahasa Inggris. Dari namanya saja kita telah mengetahui bahwa administrasi ini akan di pakai dalam satu tahun ajaran, dan sudah pasti semua materi bahasa inggris yang ada di kelas 7 akan di input kedalamnya.

Prota Bahasa Inggris kelas 7

Prota Bahasa Inggris ini akan kita susun di awal semester 1 dan akan di gunakan untuk semester 1 dan juga semester 2. Prota ini yang akan menentukan pembagian waktu pelaksanaan setiap materi, agar setiap materi bisa tersampaikan dengan maksimal dan tidak terjadi kekurangan waktu dalam pembahasan suatu materi.

Prota bahasa Inggris adalah administrasi pokok yang akan menentukan isi dari administrasi – administrasi lainnya, maka dari itu kita harus bisa menyusun administrasi Prota ini dengan sebaik – baiknya agar administrasi lainnya juga bisa tersusun dengan baik juga.

Prota bahasa inggris ini bisa disusun apabila kita telah memiliki atau mempunyai kalender pendidikan. Kita tidak akan bisa menyusun Prota apabila kita belum memiliki kalender pendidikan, dan juga kita tidak bisa menggunakan kalender pendidikan dari daerah lain karena isi dari kalender tersebut tidak akan sesuai dengan daerah kita.

Kita ambil contoh kalender pendidikan provinsi A dengan kalender pendidikan provinsi B, kedua kalender pendidikan ini akan sangat berbeda isinya karena perbedaan adat istiadat dan budaya setiap daerah. Perbedaan inilah yang akan mengakibatkan waktu belajar efektif yang tidak akan sama satu sama lainnya. Oleh karena itulah saya katakan kita tidak bisa menggunakan kalender pendidikan dari daerah lain .

Prota Bahasa Inggris SMP kelas 7

Setelah kita mengantongi kalender pendidikan dari daerah kita, langkah selanjutnya adalah melakukan analisa waktu belajar efektif yang tersedia selama satu tahun ajaran. Waktu efektif tersebutlah yang akan kita input kedalam prota bahasa inggris.

Untuk susunan dari format Prota bahasa inggris masih sama seperti format prota yang telah lewat, hal ini akan sangat memudahkan kita dalam menyusun prota.kita mulai dari kop prota yang terdiri dari mata pelajaran yang akan kita isi dengan mata pelajaran bahasa inggris.

Di bawahnya ada satuan pendidikan yang akan kita isi dengan tempat kita bertugas saat ini, lalu ada kelas dan juga semester yang akan kita isi dengan kelas 7 semester 1 dan 2, dan yang terakhir di kop prota adalah tahun pelajaran yang akan kita isi dengan tahun pelajaran saat ini.

Setelah kita menyelesaikan bagian kop dari prota bahasa inggris, kita akan lanjut kebagian KI atau kompetensi Inti, pada bagian ini akan kita isi dengan semua kompetensi inti yang ada di materi bahasa inggris kelas 7 .

Setelah itu kita akan masuk kedalam tabel inti dari prota bahasa inggris, pada bagian ini akan kita input semua materi yang ada di kelas 7 baik itu semester 1 dan juga semester 2. Selain itu dalam tabel ini juga harus kita input alokasi waktu yang akan kita berikan pada setiap materi tersebut.

Pada bagian terakhir adalah bagian identitas pembuat prota dan juga identitas dari kepala sekolah kita, bagian ini juga merupakan bagian penting karena pada bagian inilah yang akan mematenkan hak milik kita sebagai penyusun prota bahasa inggris. Dan biasanya sebelum kepala sekolah membubuhi tanda tangannya, dia akan memeriksa terlebih dahulu isi dari Prota yang kita susun, apakah sudah sesuai atau belum.

Download Prota Bahasa Inggris kelas 7 

Prota Bahasa Inggris ( LINK )

Demikianlah pembahasan dari prota bahasa inggris kelas 7 yang bisa dunia guru 87 bahas, semoga saja artikel ini bisa membantu meringankan beban kita sebagai guru.