Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal tematik kelas 4 tema 2 subtema 1 2 3 baru – dunia guru 87

Soal tematik kelas 4 tema 2 subtema 1 2 3 baru – dunia guru 87

Soal tematik – penilaian adalah salah satu kegiatan yang harus di laksanakan agar kita bisa mengetahui sejauh mana peserta didik mampu menyerap apa yang telah kita sampaikan di tema 2 ini. hasil dari pelaksanaan soal tematik ini akan menjadi patokan kita dalam memberikan penilaian kepada peserta didik.

Soal tematik kelas 4 tema 2 subtema 1 2 3 baru
Foto oleh Andy Barbour dari Pexels

Oleh karena itu, sebelum kita melaksanakan soal tematik ini, kita harus memastikan terlebih dahulu apakah peserta didik telah mampu menyerap materi yang telah kita berikan di dalam kelas. Tujuannya adalah agar peserta didik mampu mencapai target yang telah kita tetapkan, dan tidak ada peserta didik yang harus mengikuti kegiatan remidial.

Tapi apabila peserta didik kita  mayoritasnya harus mengikuti kegiatan remidial, berarti kemungkinannya ada yang salah terjadi ketika pembelajaran berlangsung. Atau mungkin juga media dan model pembelajaran yang kita gunakan kurang tepat untuk di terapkan di tema 2 ini.

Maka dari itu, kita harus bisa membuat media pembelajaran yang sesuai dengan materi selalu berhemat energi. Media yang bisa kita gunakan antara lain media berupa video pembelajaran, dengan bantuan video pembelajaran ini peserta didik akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dalam belajar. Hal ini bisa terjadi karena visual dan pendengaran mereka akan terfokus pada video pembelajaran yang sedang kita putar.

Keberhasilan dari penggunaan media pembelajaran ini adalah ketika berlangsungnya sesi tanya jawab. Keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan kita adalah patokannya. Selain media pembelajaran berupa video, kita juga bisa menggunakan media gambar sebagai penunjang kita dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.

Sediakanlah beberapa  gambar yang berhubungan dengan kegiatan hemat energi, lalu adakanlah kegiatan tanya jawab dari setiap gambar tersebut. Tujuannya yang ingin kita capai adalah agar peserta didik bisa belajar berpikir kritis dan mampu menungkapkan semua pemikirannya.

Soal tematik kelas 4

Keberhasilan pelaksanaan soal tematik ini juga di tentukan oleh beberapa aspek lainnya, diantaranya kondisi kelas yang kondusif. Tak bisa kita pungkiri, kondisi kelas yang kondusif ini berperan sangat penting terhadap keberhasilan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, alangkah baiknya bapak ibu guru mengecek terlebih dahulu kondisi kelasnya. Apahkah kelas kita sudah bersih atau belum, selain itu apakah kondisi kelas sudah memungkinkan untuk di laksanakannya kegiatan pembelajaran atau belum. Semua itu harus bapak ibu guru periksa terlebih dahulu.

Selain kondisi kelas kita yang harus kondusif, kondisi kelas di sebelah kelas kita juga harus kondusif juga. Peserta didik tidak akan bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, jika kelas di sebelahnya tidak kondusif. Yang bisa kita lakukan adalah berkomunikasi dengan peserta didik dan guru lainnya agar kegiatan pembelajaran di dalam kelas bisa menjadi kondusif.

Kondisi lingkungan sekitar sekolah juga menjadi salah satu pendukung terjadinya pembelajaran yang kondusif. Disinilah kita harus bisa memaksimalkan peran dari, komite sekolah dan tokoh – tokoh yang ada di lingkungan tempat tugas.  Dukungan dari komite dan tokoh tokoh tersebut sangat penting dalam rangka melaksanakan pembelajaran di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Bapak ibu guru yang saya hormati, tema 2 kelas 4 ini akan membahas tentang selalu berhemat energi. Dan tema selalu berhemat energi ini juga akan dibagi lagi kedalam beberapa subtema diantaranya sumber energi ( sub tema 1 ), manfaat energi ( sub tema 2 ), energi alternatif ( sub tema 3 ). Ketiga sub tema inilah yang akan kita input kedalam soal tematik kelas 4 tema 2.

Soal kelas 4 tema 2 subtema 1 

Soal kelas 4 tema 2 subtema 1 ini akan membahas tentang sumber energi. Kita sebagai seorang guru harus bisa merangkai soal tematik, yang mampu merangkum materi dari sumber energi. Agar peserta didik mampu menyebutkan sumber sumber energi yang ada di lingkungan sekitarnya, di Indonesia dan di Dunia.

Soal kelas 4 tema 2 subtema 2

Soal kelas 4 tema 2 subtema 2 ini akan membahas tentang mafaat energi. Materi manfaat energi ini harus bisa kita input kedalam soal tematik kelas 4 tema 2, agar peserta didik mampu menyebutkan manfaat manfaat apa saja dari energi yang ada di sekitarnya.

Soal kelas 4 tema 2 subtema 3

Soal kelas 4 tema 2 subtema 3 ini akan berfokus pada energi alternatif. Kita harus bisa merangkum materi energi alternatif ini agar peserta didik mampu menyebutkan energi alternatif apa saja yang telah ada hingga kini, dan bisa menyebutkan manfaat dari energi alternatif itu sendiri.

Download soal tematik kelas 4

Di bawah ini adalah link unduhan soal tematik kelas 4 tema 2 yang bisa bapak ibu unduh

Soal kelas 4 tema 2 subtema 1 ( LINK )
Soal kelas 4 tema 2 subtema 2 ( LINK )
Soal kelas 4 tema 2 subtema 3 ( LINK )

Demikianlah soal tematik kelas 4 tema 2 yang bisa saya bagikan kali ini, besar harapan saya artikel ini bisa membantu bapak ibu guru dalam melaksanakan tugasnya sehari hari di sekolah. Dan terima kasih juga karena telah berkunjung ke www.duniaguru87.com . sebuah blog pendidikan yang membahas tentang administrasi guru, bank soal dan media pembelajaran. Sampai jumpa di artikel – artikel berikutnya.