Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 1 2 3 terbaru – dunia guru 87

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 1 2 3 terbaru – dunia guru 87

Soal kelas 4 – soal kelas 4 tema 9 adalah salah satu rangkaian kegiatan pembelajaran yang akan di lakukan oleh guru kelas 4, setelah selesai melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Soal kelas 4 ini akan di berikan oleh guru kelas untuk melihat perkembangan pengetahuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 1 2 3 terbaru – dunia guru 87
Foto oleh Andy Barbour dari Pexels

Kita sebagai seorang guru, pasti menginginkan peserta didik mampu menyelesaikan soal kelas 4 ini dengan baik. Karena pencapaian yang di raih peserta didik, akan menjadi gambaran seperti apa hasil yang mereka dapatkan di kelas.

Tapi apabila peserta didik tidak mampu menyelesaikan soal kelas 4 ini dengan baik, hal yang pertama bisa kita lakukan adalah memberikan mereka kegiatan pengayaan. Kegiatan pengayaan ini kita berikan dengan tujuan peserta didik mampu mengejar ketertinggalan materi beserta pemahamannya.

Selain pemberian kegiatan pengayaan ke peserta didik, kita juga harus bisa menginstrospeksi diri sebagai seorang guru. Apakah kegiatan belajar mengajar yang kita laksanakan sudah berjalan dengan baik atau belum.

Soal kelas 4 SD tema 9

Hal – hal yang bisa menentukan keberhasilan kegiatan belajar mengajar di kelas ada banyak, diantaranya kondisi kelas, media pembelajaran, model pembelajaran, kondisi lingkungan, dan lain – lain.

Dalam rangka mensukseskan soal kelas 4 ini, kita harus bisa menciptakan kondisi kelas yang bersih dan kondusif. Karena dengan kondisi kelas yang bersih dan kondusif, akan meningkatkan konsentrasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Selain kondisi kelas, kita juga harus bisa menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan di bahas. Tapi media pembelajaran tidak hanya harus sesuai dengan materi, media pembelajaran yang kita sediakan juga harus menarik. Dengan media pembelajaran yang menarik, akan otomatis menarik perhatian dari anak anak kita di kelas. Sehingga target soal kelas 4 dapat dengan mudah kita capai.

Selanjutnya adalah model pembelajaran, model pembelajaran ini sangat penting dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Karena model pembelajaran inilah yang akan menentukan seperti apa kegiatan yang harus di lakukan peserta didik. Sebagai seorang guru kelas, kita harus bisa menentukan model pembelajaran apa yang sesuai dengan karakteristik peserta didik kita, karena semakin sesuai model pembelajaran yang kita pakai, semakin cepat pula materi pembelajaran dapat di cerna oleh peserta didik.

Setelah itu, faktor penentu berikutnya adalah kondisi lingkungan sekitar sekolah. Peserta didik tidak akan bisa maksimal dalam menyerap materi pembelajaran, apabila lingkungan sekitar sekolah tidak mendukung terjadinya proses belajar mengajar. Sebagai contoh ketika kelas sedang berlangsung, ternyata di luar sekolah ada kegiatan yang di lakukan oleh masyarakat yang mengganggu konsentrasi belajar peserta didik seperti sabung ayam, kerja bakti, dan kegiatan kegiatan lain yang mampu mengalihkan perhatian anak anak dalam kelas.

Yang bisa dilakukan oleh bapak ibu guru beserta pihak sekolah adalah mengundang komite sekolah dan tokoh tokoh masyarakat sekitar sekolah. Tujuan kita mengundang komite dan tokoh tokoh ini adalah mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan mengurangi kegiatan kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian anak anak dalam kelas.

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 1

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 1 ini membahas tentang kekayaan sumber energi di Indonesia. Pada soal subtema 1 ini, kita harus bisa merangkum soal yang bisa mencerminkan tentang jenis – jenis sumber energi yang ada di Indonesia. Sehingga tujuan yang akan kita dapatkan adalah siswa mampu menyebutkan dan mengerti tentang sumber – sumber energi.

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 2

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 2 ini berfokus kepada pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Pada soal subtema 2 ini, kita harus bisa merangkum soal yang akan mencerminkan cara pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia. Sehingga tujuan yang kita harapkan dapat tercapai adalah siswa mampu menyebutkan bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Indonesia.

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 3

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 3 ini tentang pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Setelah sub tema 1 dan  sub tema 2 mampu peserta didik lalui, pada subtema 3 ini kita harus bisa merangkum soal tentang langkah langkah apa saja yang bisa kita lakukan dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya alam. Tujuan yang ingin kita capai dalam soal subtema 3 ini adalah siswa dapat menyebutkan cara cara dalam melestarikan sumber daya alam.

Download soal kelas 4 SD tema 9

Di bawah ini adalah link download soal kelas 4 SD tema 9, silahkan mengklik kata link untuk memulai pengunduhan.

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 1 ( LINK )

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 2 ( LINK )

Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 3 ( LINK )

Demikianlah Soal kelas 4 SD tema 9 subtema 1 2 3 yang bisa dunia guru 87 bagikan kali ini, besar harapan saya soal kelas 4 ini bisa membantu bapak ibu guru kelas 4 dalam melaksanakan kegiatan penilaian di dalam kelas.

Dan besar harapan saya, agar bapak ibu guru kelas 4 tidak pernah menyerah dalam mendidik dan membimbing peserta didik di dalam kelas maupun di luar kelas. Karena masa depan Bangsa Indonesia ada di tangan tangan kecil mereka, dan merekalah yang akan menggantikan kita di masa depan nanti.