Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PROTA DAN PROMES KELAS 6 K2013 TERBARU – dunia guru 87

PROTA DAN PROMES  KELAS 6 K2013 TERBARU – dunia guru 87

Prota dan Promes - Kelas 6 adalah kelas akhir di Sekolah dasar, di masa ini siswa mulai mencari jati dirinya sehingga membutuhkan bimbingan dan perhatian khusus dari Guru. Guru di tuntut untuk lebih aktif dalam membantu siswa menemukan jati dirinya

PROTA DAN PROMES  KELAS 6 K2013 TERBARU
Foto oleh Pragyan Bezbaruah dari Pexels

Prota dan Promes adalah salah satu langkah dalam membantu siswa menemukan jati dirinya, dan membimbingnya agar materi pelajaran di kelas dapat tercapai sesuai dengan aturan yang berlaku

Karena dengan bantuan prota dan promes kita akan bisa menyusun kegiatan peserta didik dengan lebih teratur, dan memudahkan kita dalam mencapai target yang telah kita tetapkan di kelas 6.

Prota dan promes ini adalah bagian kecil dari administrasi – administrasi guru kelas yang harus kita miliki dan kita lengkapi. Selain prota dan promes, masih banyak lagi administrasi guru kelas yang harus ada antara lain rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, jurnal harian mengajar, dan masih banyak lagi lainnya.

Prota dan Promes kelas 6

Prota sendiri adalah program tahunan yang di susun guru agar selama setahun pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana, karena dengan perencanaan yang bagus akan dapat mengoptimalkan pencapaian target guru dalam mengajar

Sedangkan Promes adalah penjabaran dari Prota dan dilaksanakan dalam 6 bulan,sehingga gabungan dari 2 promes yaitu semester 1 dan semester 2, Promes adalah target pencapaian yang ingin dicapai guru dalam semester

Dalam pelaksanaannya Prota dan Promes dapat berubah atau di modifikasi sesuai dengan kondisi kelas dilapangan, karena tidak semua rencana yang telah kita susun akan sesuai dengan pelaksanaannya

Prota dan Promes

Dalam penyusunan Prota dan promes ini akan berpatokan pada kalender pendidikan yang telah di bagikan oleh dinas tempat bertugas bapak ibu guru, Prota dan promes ini tidak akan bisa di susun jika kita belum memiliki kalender pendidikan.

Kalender pendidikan ini terdapat waktu belajar aktif dan tanggal merah, waktu aktif belajar inilah yang akan kita input kedalam prota dan promes yang tengah kita susun. Dan kita bagi kedalam satu semester dan satu tahun ajaran.

Tanpa kalender pendidikan, prota dan promes ini tidak akan tersusun dengan baik. Bahkan akan cenderung tidak berhasil, karena kita tidak akan tahu pelaksanaan pembelajaran yang tepat agar materi kelas 6 ini bisa di selesaikan tepat waktu.

Kalender pendidikan yang disusun dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang telah di tetapkan, akan mempermudah kita dalam menyusun administrasi guru kelas lainnya. Prota dan promes ini akan menjadi patokan kita dalam menyusun administrasi administrasi guru lainya, karena dalam prota dan promes ini berisikan waktu pelaksanaan pembelajaran suatu kelas.

Sebelum kita menyusun Prota dan promes, kita sebagai seorang guru yang mengampu kelas 6 harus mengetahui dulu tema – tema yang ada di kelas 6. Selain tema tema tersebut, sebagai guru kelas 6 kita juga harus mengetahui subtema dari setiap tema tersebut. Hal ini akan memudahkan kita dalam menyusun prota dan promes.

Pada artikel ini telah saya sediakan prota dan promes kelas 6 yang bisa bapak ibu guru pakai sebagai gambaran. Bapak ibu guru hanya tinggal menyesuaikan tanggal pelaksanaannya sesuai dengan kalender pendidikan yang bapak ibu guru miliki. 

Download Prota dan Promes

Di bawah ini adalah Link download Prota dan Promes

1. PROTA ( LINK )
2. PROMES ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Prota dan Promes kelas 6 kurikulum 2013, semoga saja Prota dan Promes kelas 6 ini bisa membantu bapak ibu guru dalam melaksanakan tugas di sekolah.

Sebagai seorang guru, kita harus bisa membangun dan mengarahkan peserta didik kita agar bisa berjalan pada jalur yang benar. Karena di tangan peserta didik inilah, masa depan peserta didik kita akan di tentukan.

Kita pasti tidak ingin anak didik kita mendapatkan kesulitan pada masa mendatang, oleh karena itu kita kita sebagai seorang guru harus bisa menyampaikan materi – materi di kelas 6 dengan sebaik baiknya. Sehingga tujuan dari prota dan promes yang telah kita tetapkan bisa berjalan sesuai dengan rencana.