Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal kelas 3 tema 3 benda di sekitarku – dunia guru 87

Soal kelas 3 tema 3 benda di sekitarku – dunia guru 87

soal kelas 3 – kegiatan penilaian adalah kegiatan rutin yang biasa di laksanakan oleh guru untuk mengetahui sejauh mana daya tangkap peserta didik terhadap materi yang telah kita sampaikan di dalam kelas.

Soal kelas 3 tema 3 benda di sekitarku – dunia guru 87
Foto oleh nappy dari Pexels

Keberhasilan suatu pembelajaran akan ditentukan oleh hasil yang di capai peserta didik setelah mengikuti kegiatan pelaksanaan soal kelas 3 ini. maka dari itu dalam rangka mencapai target dari kegiatan soal kelas 3, kita harus bisa menyusun soal kelas 3 yang  mampu merangkum materi – materi yang ada di tema 3.

Soal yang kita susun ini harus bisa menggambarkan materi materi yang telah kita sampaikan di depan kelas. Untuk pengembangan soalnya,itu tergantung pada diri bapak ibu guru sendiri, sejauh mana bapak ibu guru ingin mengembangkan soal kelas 3 ini. Harapan saya pengembangan soal kelas 3 yang bapak ibu guru susun ini , tidak terlalu jauh atau menyimpang dari materi tema 3 agar tidak terjadi kebingungan pada peserta didik kita.

Pada artikel ini telah saya selipkan contoh soal kelas 3 yang bisa bapak ibu guru pakai dalam menyusun soal kelas 3. Besar harapan saya soal kelas 3 yang saya bagikan ini bisa memotivasi bapak ibu guru dalam menyusun soal. Bapak ibu guru bisa memodifikasi soal yang telah saya bagikan ini agar lebih cocok di terapkan di kelas bapak ibu guru.

Soal dan Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 SD

Soal kelas 3 ini juga telah saya lengkapi dengan kunci jawabannya, yang akan sangat membantu bapak ibu guru dalam memeriksa hasil penilaian soal kelas 3. Setelah kita selesai memeriksa hasil pekerjaan peserta didik, langkah selanjutnya adalah mengelompokkan peserta didik kedalam 2 kelompok. Akan ada kelompok remidial dan kelompok pengayaan.

Peserta didik harus mengikuti kegiatan remidial apabila, peserta didik tersebut belum mampu mencapai target minimal yang telah di tentukan oleh seorang guru. Tujuan dari diadakannya kegiatan remidial ini adalah untuk mengejar ketertinggalan beberapa peserta didik terhadap materi yang telah di sampaikan.

Sedangkan bagi peserta didik yang telah mampu mencapai target yang telah di tentukan, peserta tersebut akan mengikuti kegiatan pengayaan. Tujuan dari diadakannya kegiatan pengayaan ini adalah untuk memperdalam pemahaman mereka, terharap materi yang telah mereka lewati. Hal ini sangat penting karena akan membantu mereka menginjak ke kelas yang lebih tinggi.

Kita pasti lebih mengharapkan peserta didik kita bisa mengikuti kegiatan pengayaan, karena apabila masih banyak peserta didik kita yang mengikuti remidial, akan menandakan ada sesuatu yang kurang selama kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dan hal tersebut harus kita cari akar permasalahannya dan berusaha untuk menyelesaikannya.

Keberhasilan suatu pembelajaran itu tergantung pada individual setiap peserta didik itu sendiri. Kita tidak akan mampu mentransfer suatu ilmu apabila peserta tersebut tidak mau atau tidak termotivasi dalam belajar.

Latihan soal kelas 3 tema 3

Kita harus bisa memotivasi peserta didik agar materi yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh peserta didik, sehingga hasil yang di capai setelah mengikuti latihan soal kelas 3 tema 3 ini bisa sesuai dengan harapan bapak ibu guru.

Selain individu dari peserta didik, kondisi kelas juga sangat mempengaruhi suati pembelajaran. Pembelajaran tidak akan bisa berjalan dengan maksimal apabila kelas tidak kondusif dan tidak bersih. Maka dari itu sebelum memulai suatu pembelajaran, kita sebagai seorang guru harus mengecek terlebih dahulu kondisi kebersihan kelas kita. Selain kebersihan, kita jaga harus bisa menguasai kelas agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan baik.

Setelah kelas kita kondusif dan bersih, kita juga harus memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran. Fungsi dari rencana pelaksanaan pembelajaran ini adalah untuk memanage materi pelajaran yang akan kita ajarkan di kelas, agar tidak keluar jauh dari materi yang harus kita ajarkan.

Untuk mendukung rencana pelaksanaan pembelajaran, kita harus memiliki media pembelajaran yang akan mampu memotivasi dan membangun konsentrasi belajar peserta didik. Media pembelajaran ini sangat membantu kita dalam mengajar, bapak ibu guru bisa membandingkan sendiri pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran atau tidak menggunakan media pembelajaran yang lebih bagus.

Sudah bisa di pastikan bahwa pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran lebih jauh unggul di bandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran. Alangkah baikknya media pembelajaran ini bisa bapak ibu susun atau rakit sendiri, karena selain mengasah keterampilan bapak ibu guru dalam menyusun media pembelajaran, media tersebut juga lebih sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah bapak ibu guru miliki.

Bank soal kelas 3 tema 3

Dibawah ini adalah bank soal kelas 3 yang telah saya sediakan untuk bapak ibu guru

bank soal kelas 3 tema 3 subtema 1 ( LINK )
bank soal kelas 3 tema 3 subtema 2 ( LINK )
bank soal kelas 3 tema 3 subtema 3 ( LINK )
bank soal kelas 3 tema 3 subtema 4 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang soal kelas 3 tema 3 benda di sekitarku yang bisa saya bagikan, semoga saja artikel ini bisa membantu bapak ibu guru dalam melaksanakan penilaian di dalam kelas. Dan semoga saja hasil yang di capai oleh peserta didik bapak ibu guru bisa sesuai dengan target yang telah di tentukan.