Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerutan di Wajah Hilang dengan 7 Cara Alami

 Kerutan di Wajah Hilang dengan 7 Cara Alami 

Selain masalah kulit lainnya, keriput atau kerutan adalah salah satu masalah yang sering di keluhkan oleh para ibu ibu. Ini terjadi karena gangguan kulit ini mengubah tampilan menjadi jauh dari usia asli kita. Tapi jangan risau dahulu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerutan di wajah dengan mudah.

Kerutan di Wajah Hilang dengan 7 Cara Alami
Foto oleh Edu Carvalho dari Pexels

Penyebab kerutan di wajah

Saat kolagen dan elastin di kulit dermal kita mengalami degenerasi, atau bisa di sebut dengan penurunan kualitas saat itu pula kulit kita mulai mengalami penuaan. Faktor utama yang bisa menyebabkan terjadinya degenerasi ini adalah sinar matahari atau sinar Ultra violet.

Biasanya ketika kita memasuki usia 40 tahun, proses penuaan kita baru akan di mulai. Namun, di beberapa kasus sering terjadi penuaan dini di usia 20an hingga 30an. Dan penuaan inipun bisa semakin cepat terjadi apabila kita membiarkan kulit kita kering tanpa memberikan pelembab.

Tidak serumit yang kita sering pikirkan, mengurangi keriput ini bisa kita lakukan dengan beberapa cara sederhana dan cepat. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi keriput di wajah.

1. Mengurangi kebiasaan mengerutkan dahi dan mata

Dua kebiasaan ini secara tidak sadar mampu menimbulkan keriput di kulit wajah kita, karena kebiasaan yang kita lakukan berulang ulang inilah yang akan otomatis membentung kerutan di wajah tanpa kita sadari.

Selain itu, kebiasaan terlalu sering meluapkan amarah juga mempengaruhi keriput pada wajah. Sehingga wajah terlihat lebih tua dari aslinya, oleh karena itu mulai dari sekarang mulailai untuk tidak terlalu sering meluapkan amarah.

2. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung AHAs

AHAs atau yang sering di sebut dengan Alpha Hydrocy Acids adalah kelompik asam alami yang di temukan dalam makanan. AHAs ini tidak hanya tersedia makanan saja, Ahas juga terdapat dalam Produk kecantikan. Kandungan AHAs inilah yang akan membantu kulit kita dalam membentuk kolagen.

Dan saya lebih menyarankan untuk mencari kandungan AHAs dalam makanan saja ( apel dan Jeruk ), karena Ahas yang kita dapatkan dari produk kecantikan memiliki beberapa efek samping salah satunya adalah bisa membuat kita lebih sensitif terhadap efek dari sinar matahari.

3. Memperbanyak mengkonsumsi ikan

Seperti yang kita ketahui bersama, ikan yang kita konsumsi memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya adalah asam lemak yang terkandung dalam ikan membantu kita untuk mendapatkan nutrisi yang baik untuk kulit kita. Hal inilah yang bisa membuat kulit kita terlihat lebih muda lagi. Salmon adalah salah satu ikan yang banyak di percaya orang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat.

4. Selalu gunakan pelembab

Waktu yang tepat untuk kita menggunakan pelembab adalah ketika kita baru selesai mandi. Ini di sebabkan karena setelah mandi kulit kita menjadi lebih baik dalam menyerap pelembab tersebut. Kita sangat di anjurkan untuk menggunakan pelembab kulit, apalagi jika usia kita sudah tidak muda lagi.

Karena Semakin tua usia kita, kelenjar minyak yang bertugas untuk menjaga kelembapan kulit kita pun ikut menurun kemampuannya. Dan yang akan terjadi adalah kulit kita menjadi kering dan mudah untuk menimbulkan kerutan baru

5. Tidur terlentang

Yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerutan di wajah adalah tidur terlentang. Kenapa tidur terlentang termasuk cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerutan? karena dengan posisi tidur terlentang ini wajah kita tidak mendapatkan tekanan dari sisi manapun, sehingga bisa meminimalisir timbulnya kerutan di wajah.

6. Menghindari rokok dan begadang

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa seorang perokok lebih susah tidur nyenyak di bandingkan orang yang tidak merokok.

Dan kegiatan merokok ini, tanpa disadari dapat menyebabkan kulit kita kehilangan kolagen dan elastisitas kulit yang di sebabkan oleh asap rokok itu sendiri. Dan tanpa kita sadari kebiasaan merokok ini, dapat merusak penampilan pada wajah kita.

Selain itu begadang juga merupakan salah satu penyebab timbulnya kerutan di wajah kita, yang pertama terjadi ketika kita begadang adalah timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam yang akan muncul di bawah mata. Apabila kegiatan begadang ini terus kita lakukan, tidak hanya akan merusak penampilan wajah kita saja tetapi kesehatan tubuh kita juga akan terganggu.

7. Mengkonsumsi vitamin c

Jika teman teman ingin terlihat lebih muda, teman teman bisa memulai dengan buah jeruk. Buah jeruk mengandung vitamin c yang sangat tinggi, dan juruk juga dapat membantu tubuh kita untuk memproduksi kolagen.

Selain itu fungsi buah jeruk lainnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Selain Jeruk masih banyak buah buah lain yang kaya akan vitamin c, buah buah tersebut antara lain jambu biji, mangga, stroberi, nanas, pepaya, kiwi, pisang, dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah cara mengurangi keriput yang bisa teman teman coba di rumah, dan cara cara di atas harus teman teman lakukan secara berkelanjutan agar hasil yang di dapatkan lebih baik lagi. Dan wajah yang lebih muda bukan hanya sebatas hayalan saja.

Dan tetaplah menjaga kesehatan dengan baik, agar semua rencana yang telah kita rencanakan bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Semoga semuanya lancar selancar – lancarnya tanpa ada suatu hambatan apapun. Akhir kata saya ucapkan terimakasih karena telah berkunjung ke www.duniaguru87.com .