Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 manfaat ikan laut bagi kesehatan tubuh manusia

 

8 manfaat ikan laut bagi kesehatan tubuh manusia

Manfaat ikan laut – Siapa dari kita yang tidak menyukai ikan laut ? pasti hampir semua dari kita akan menjawab suka mengkonsumsi ikan laut.  Seperti yang kita ketahui ikan adalah salah satu sumber protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Dalam Ikan terdapat nutrisi nutrisi penting , nutrisi itu adalah asam lemak omega 3 yang merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk membuat tubuh kita tetap langsing dan kuat.

Manfaat ikan laut tidak hanya untuk program diet, tetapi ikan laut memiliki fungsi penting bagi tubuh kita.  Maka dari itu, mulailah mengkonsumsi ikan laut dari sekarang agar tubuh kita tetap sehat dan segar.

8 manfaat ikan laut bagi kesehatan tubuh manusia
Foto oleh cottonbro dari Pexels


Manfaat ikan laut antara lain sebagai berikut :

  • Menjaga kesehatan dan juga fungsi otak kita

Manfaat ikan laut yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak kita, ini disebabkan karena kandungan asam lemak omega 3 itu sendiri yang mampu mengendalikan gejala gejala depresi, dan demensia pada lansia. asam lemak omega 3 ini juga sangat dianjurkan dalam rangka menjaga kesehatan otak. 
Selain itu  kandungan omega 3 pada ikan laut ini, sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak anak kita.

  • Menjaga kesehatan tulang kita

Manfaat ikan laut yang kedua adalah menjaga kesehatan tulang kita. Kita tahu bahwa vitamin D dibentuk oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari. Tapi selain matahari, ikan laut pun termasuk kedalam pemasok vitamin D yang sangat menunjang kesehatan tulang.

  • Sangat direkomendasikan untuk  para pengidap tiroid

Yodium serta selenium yang terdapat di dalam ikan laut, sangat bagus untuk para pengidap tiroid, dan kemungkinan seseorang bisa terpapar penyakit tiroid ini karena kekurangan yodium. saya sangat menyarankan agar teman- teman bisa lebih sering untuk mengkonsumsi ikan laut agar mengurangi kemungkinan terpapar penyakit tiroid ini.

  • Menekan kemungkinan penyakit jantung

Manfaat ikan laut yang berikutnya yaitu mampu menekan kemungkinan penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui, lemak omega 3 yang terdapat di ikan laut sangat baik untuk jantung. Dari berbagai penelitian yang telah di lakukan menunjukkan orang orang yang senang mengkonsumsi ikan laut  memiliki risiko jauh lebih rendah buat terkena penyakit jantung serta stroke.

Secara garis besarnya, omega 3 ini mampu menekan kolesterol LDL dan mampu meningkatkan kolesterol baik.

  • Membantu janin berkembang

Omega 3 yang terdapat di Ikan laut memiliki fungsi penting untuk para Bumil, karena omega 3 ini sangat membantu tumbuh kembang mata dan otak janin. Dan lemak omega 3 ini sangat berperan penting dalam lamanya suatu masa kehamilan.

Maka dari itu, bagi teman teman yang saat ini tengah mengandung, saya sangat menyarankan untuk mengkonsumsi ikan laut. Karena pastinya kita mengharapkan hal yang terbaik untuk janin kita.

  • Merawat mata

Manfaat ikan laut yang selanjutnya adalah mampu merawat mata kita, karena semakin tua kita, semakin tinggi pula kemungkinan kita untuk terpapar degenerasi makula. Apabila hal ini tidak kita cegah ,  risiko yang bisa kita terima adalah kebutaan.

Dengan mengkonsumsi ikan laut, terbukti mampu menekan degenerasi makula pada mata kita. Sehingga tingkat kemungkinan penyakit ini menyerang kita akan semakin menurun.

  • Tidur menjadi lebih nyenyak

Ada beberapa faktor penentu kita bisa tidur nyenyak, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi ikan laut. Susah tidur atau insomnia bisa diakibatkan karena kita kekurangan vitamin D, dan salah satu pemasok terbaik vitamin D adalah dengan mengkonsumsi ikan laut.

  • menghambat serta meredakan depresi

Ada sebuah penelitian yang di laksanakan pada tahun 2014, yang membuktikan bahwa orang yang sering mengkonsumsi ikan laut memiliki kemungkinan lebih kecil untuk depresi daripada orang yang jarang mengkonsumsi ikan laut.

Jenis Jenis Ikan yang sangat baik untuk di konsumsi

  • Ikan Gabus

Manfaat ikan gabus antara lain mempercepat Proses penyembuhan setelah operasi, mampu menyehatkan sistem pencernaan kita, mampu meningkatkan hemoglobin,mampu mencegah penyakit diabetes, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Ikan tuna

Manfaat ikan tuna antara lain mampu menyehatkan jantung kita, kesehatan reproduksi kita terjaga, menghindari hipertensi, mampu menyehatkan mata kita, salah satu opsi untuk diet, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Ikan salmon

Manfaat ikan salmon antara lain menjaga jantung kita supaya tetap sehat, mampu menjaga kesehatan otak manusia, menjaga kesehatan tulang, mampu mencegah terjadinya depresi, dan lain lain

  • dll

Demikianlah artikel yang bisa saya bagikan kali ini, semoga saja artikel ini bisa membantu teman teman dalam menjaga kesehatan. Saran saya adalah mulai hari ini kita bisa lebih sering lagi mengkonsumsi ikan laut, karena kita telah mengetahui manfaat ikan laut tersebut.

Jika teman teman sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.

Dan jika teman teman membutuhkan tips kecantikan, tips hidup sehat, karier, teman teman bisa berkunjung ke blog saya di SINI