Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Gadget pada anak

5 Tips mengatasi kecanduan gadget pada anak

Pada masa sekarang gadget sudah tidak bisa di masukkan lagi kedalam kategori barang mewah, karena hampir semua umur telah memiliki gadget sebagai alat komunikasi mereka. Fungsi gadget sangat penting dalam menunjang perekonomian masyarakat, semua aktivitas kita dimulai dari gadget.

Tapi apakah kalian tahu dan sadar, anak anak kita sudah mulai malas belajar, malas keluar rumah,mulai terlambat makan karena keasikan memainkan gadgetnya. Entah itu bermain game, menonton youtube ataupun tik tok. Mereka terlalu fokus pada apa yang di tampilkan gadget, dan mengacuhkan  keadaan di sekitarnya.

5 Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Gadget pada anak terbaru
5 Tips Jitu Mengatasi Kecanduan Gadget pada anak

Inilah tanda tanda anak anak kita telah kecanduan pada gadget, kecanduan gadget pada anak ini harus cepat kita antisipasi agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan nantinya. Karena kita tidak ingin masa depan anak anak kita di rusak oleh kecanduan gadget ini.

Dampak buruk gadget bagi anak

Yang perlu teman teman ketahui  adalah dampak buruk kecanduan gadget ini bisa mengganggu tumbuh kembang anak anak, oleh karena itu saya akan merangkum beberapa efek negatif yang di timbulkan akibat kecanduan gadget.

1.       Mengganggu perkembangan otak

Tidak dapat di pungkiri kecanduan gadget anak mengganggu perkembangan otak anak. Perkembangan otak yang terganggu akibat kecanduan gadget adalah berkurangnya daya ingat anak, bahasa,daya tangkap dan memorinya juga akan berkurang ,dan anak anak juga kemungkinan besar akan mengalami masalah yang berhubungan dengan konsentrasi.

2.       Merusak mata

Untuk hal ini tidak perlu saya jelaskan lagi secara terperinci, karena kita tahu secara pasti pengaruh negatif penggunaan gadget dalam jangka waktu yang lama terhadap mata. Coba bayangkan lagi, kita akan merusak masa depan anak jika membiarkan mereka kecanduan gadget.

3.       Obesitas pada anak

Semakin parah kecanduan gadget yang terjadi pada anak anak kita, akan semakin meningkat pula kemungkinan mereka untuk mengalami obesitas. Ini disebabkan oleh berkurangnya aktivitas gerak mereka karena mereka  akan lebih fokus pada gadget, sehingga yang terjadi adalah penimbunan lemak.

4.       Tempramental/ lebih agresif

Tidak semua tontonan anak anak kita sesuai dengan umurnya, ada banyak tontonan yang seharusnya tidak mereka tonton tetapi sudah menjadi tontonan rutin mereka. Ini akan menyebabkan terjadinya perubahan sikap menjadi lebih agresif mengikuti apa yang mereka tonton.

Tips mengatasi kecanduan gadget pada anak

Untuk mencegah kecanduan gadget pada anak , saya akan memberikan beberapa tips yang bisa bapak ibu terapkan di rumah

1.       Kita harus menjadi contoh yang baik untuk anak

Bapak ibu sebagai orang tua adalah contoh yang pasti di tiru oleh anak anak. Apapun yang mereka lakukan akan berpatokan pada apa yang kita lakukan, oleh karena itu saya harapkan dalam rangka menghilangkan kecanduan gadget pada anak ini. bapak ibu juga ikut mengurangi penggunaan gadget di rumah, ini bertujuan agar anak anak tidak melihat kita saat menggunakan gadget.

Atau kita juga bisa membuat suatu peraturan, saya ambilkan contoh ada suatu ruangan di dalam rumah yang bebas dari pengaruh gadget. Jika kita ingin memasuki ruangan tersebut, kita harus melepas gadget kita. Ini otomatis akan membuat anak mengurangi penggunaan gadget di rumah.

2.       Membatasi anak menggunakan gadget

Selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah membatasi waktu anak dalam menggunakan gadget, kita bisa memberikan mereka waktu 1 hingga 2 jam sehari untuk menggunakan gadget mereka. Setelah lewat waktu yang di tentukan, mereka harus meletakkan gadget tersebut dan tidak boleh menyentuhnya hingga esok hari.

Kegiatan inilah yang saya terapkan di rumah, dan saya sudah merasakan hasilnya. Anak menjadi tidak kecanduan gadget lagi, karena keterbatasan waktu yang di miliki anak ketika memegang gadget.

3.       Memberi tahu bahaya gadget pada anak

Dalam usaha kita untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak, kita bisa memberi tahu bahaya gadget pada mereka.  Dengan memberi tahu efek negatif dari kecanduan gadget tersebut, kita harapkan anak anak akan mengurangi penggunaan gadget tersebut.

Dan kita juga bisa memberi tahu mereka akan bahaya gadget melalui media gambar, kita bisa menempelkan gambar gambar penyakit yang bisa terjadi karena kecanduan gadget di sekeliling rumah. Otomatis otak anak akan merespon gambar yang telah kita tempel di areal rumah, dan kita harapkan akan memberi efek positif terhadap anak.

4.       Meluangkan waktu lebih banyak dengan anak

Langkah lain yang bisa kita lakukan dalam rangka mengurangi kecanduan gadget pada anak adalah dengan cara meluangkan waktu yang lebih untuk anak. habiskanlah waktu luang kita bersama anak anak, agar mereka lupa akan adanya gadget.

Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan dengan anak anak, kita mungkin bisa mengajaknya olahraga bersama, memancing, mendaki, dan masih banyak kegiatan lain yang akan mampu mengurangi ketergantungan mereka kepada gadget.

5.       Dokter sebagai partner kita

Langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah mengajak anak anak untuk konsultasi langsung ke dokter. Dan saya sangat yakin anak anak akan sangat menuruti apa saja yang di anjurkan oleh sang dokter.

Selain itu kita bisa menggunakan cita cita anak, sebagai alat untuk mengurangi pengaruh kecanduan gadget. Misalnya cita cita anak ingin menjadi seorang polisi, kita bisa memaparkan syaratsyarat untuk menjadi anggota polisi kepada anak. Salah satu syarat untuk menjadi polisi yang bisa kita gunakan adalah mata, dan mata inilah yang akan menjadi senjata utama kita untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak. . Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.