Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota Promes Kelas 5 Semester 2

 

Prota Promes Kelas 5 Tahun 2021

Bapak ibu guru kelas 5 pasti tengah mencari Prota promes kelas 5 tahun 2021, yang akan bapak ibu gunakan pada semester 2 tahun ajaran 2021 2022. Prota dan promes yang akan saya bagikan kepada bapak dan ibu guru ini adalah contoh yang bisa bapak ibu gunakan di kelas dan bisa bapak ibu modifikasi agar sesuai dengan karakteristik dan kemampuan peserta didik bapak ibu di dalam kelas.

Kita semua tahu bahwa kelas 5 dipenuhi oleh kegiatan kegiatan yang sangat padat di luar kegiatan pembelajaran, mulai dari olimpiade, porseni, lomba lomba dan lain sebagainya. Sehingga kita harus menyusun prota promes kelas 5 tahun 2021 yang sesuai dengan padatnya kegiatan kelas 5 sekolah dasar.

Prota Promes Kelas 5 Semester 2
Prota Promes Kelas 5 Semester 2


Ini bertujuan agar anak anak yang tengah mengikuti kegiatan di luar kegiatan pembelajaran di kelas dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan tujuan yang ingin dicapai dapat tersampaikan dengan tuntas.dan ini akan menjadi tantangan bagi kita guru kelas 5 sd agar semua anak didik kita dapat mengikuti pembelajaran dan tidak ada siswa yang tertinggal karena mengikuti kegiatan di luar kelas.

Prota Promes Kelas 5 Kurikulum 2013

Sebelum kita menyusun prota promes kelas 5 kurikulum 2013 ini kita harus mengetahui apa sih itu Prota dan promes sehingga sangat penting untuk kita miliki. Secara garis besarnya Prota adalah susunan waktu pembelajaran yang kita susun dalam kurun waktu 1 tahun kedepan.

Sedangkan pengertian dari promes dalam prota promes kelas 5 kurikulum 2013 ini secara garis besarnya adalah bagian dari Prota yang telah kita susun sebelumnya , promes ini akan kita gunakan dalam 1 semester penuh

Prota Promes Kelas 5 2021

prota promes kelas 5 2021 yang telah kita susun ini akan menjadi pedoman penting dalam penyusunan administrasi kelas 5 berikutnya, seperti penyusunan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ). Sehingga prota dan promes ini harus lengkap dan memenuhi kriterian yang telah di tentukan agar bisa menjadi pedoman dalam penyusunan administrasi kelas lainnya.

Prota promes kelas 5 2021 ini kita susun di awal semester dan di awal tahun dengan berpatokan dengan kalender pendidikan yang telah di tentukan oleh Dinas  yang terkait. Dalam kalender pendidikan sudah tercantum dengan jelas waktu belajar yang efektif yang bisa kita gunakan dalam menentukan tanggal tanggal yang akan kita masukkan atau yang akan kita input kedalam Prota dan promes ini.

 

Prota Promes Kelas 5 k13

Tapi yang perlu kita ketahui bahwa kalender pendidikan ini akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, maka dari itu dalam penyusunan prota promes kelas 5 k13 ini, kita harus menggunakan kalender pendidikan yang berlaku di daerah bapak ibu bertugas.

Jangan sampai bapak ibu guru menggunakan kalender pendidikan daerah lain dalam penyusunan prota promes kelas 5 k13 ini, karena akan mengakibatkan prota dan promes kita menjadi berantakan karena waktu efektif belajar setiap daerah yang berbeda beda , ini di sebabkan oleh perbedaan hari besar adat istiadat suatu daerah. Maka dari itu saya tekankan agar bapak ibu guru kelas 5 menggunakan kalender pendidikan yang berlaku di daerah bapak ibu guru masing masing.

Prota Promes Kelas 5 SD

prota promes kelas 5 sd adalah pilar utama dalam penyusunan administrasi kelas lainnya, dan harus kita susun pertama sebelum kita menyusun administrasi lainnya, jika prota dan promes ini telah selesai kita susun, ini akan memudahkan kita dalam penyusunan administrasi kelas lainnya.

Seperti yang saya katakan tadi sebelum kita menyusun prota promes kelas 5 sd ini, kita harus menelaah kalender pendidikan terlebih dahulu. Setelah kita tahu berapa hari efektif yang bisa kita gunakan langkah selanjutnya adalah membagi waktu efektif tersebut kedalam tabel alokasi waktu yang tersedia. Ketika kita membagi waktu efektif ini , kita juga harus tahu materi apa yang padat dan membutuhkan waktu pembelajaran yang lebih agar materi tersebut dapat tercapai

Ini menjadi kebijakan kita sebagai guru kelas 5 dalam membagi alokasi waktu setiap materi. Setelah selesai menginput alokasi waktu yang sesuai dengan materi pelajaran yang tersedia di kelas 5 semester 2 , langkah selanjutnya adalah menempatkan identitas bapak ibu guru di bawah prota promes kelas 5 sd yang telah bapak ibu susun tersebut. Ini akan mematenkan bahwa benar prota dan promes tersebut dibuat oleh bapak ibu guru sendiri. Dan tidak lupa di samping kiri dari identitas bapak ibu guru terdapat identitas kepala sekolah sebagai tim audit dalam penyusunan prota dan promes.

Langkah terakhir adalah meminta tanda tangan dari kepala sekolah dan cap stempel sekolah, biasanya kepala sekolah akan memeriksa Prota promes kelas 5 sd ini sebelum kepala sekolah menandatanganinya, dengan adanya tanda tangan dan cap stempel sekolah akan menandakan bahwa prota dan promes yang bapak ibu susun ini telah mendapat persetujuan dan telah di periksa oleh kepala sekolah bapak ibu, dan bisa untuk bapak ibu guru terapkan dalam penyusunan administrasi guru kelas 5 semester 2 lainnya.

 

Download Prota Promes Kelas 5

Di bawah ini adalah link download Prota promes kelas 5 yang bisa bapak unduh untuk melengkapi administrasi bapak ibu guru

1.       Prota kelas 5 ( LINK )

2.       Promes Kelas 5 semester 2 ( LINK )

Demikianlah Prota promes kelas 5 sd yang bisa saya bagikan, besar harapan saya prota dan promes ini bisa melengkapi administrasi kelas yang telah bapak ibu guru miliki. Seperti yang saya katakan tadi prota dan promes ini hanyalah contoh yang bisa bapak ibu guru gunakan sebagai patokan dalam menyusun prota dan promes yang sesuai dengan keadaan di kelas bapak ibu guru, karena saya yakin keadaan setiap kelas yang bapak ibu guru pegang akan berbeda beda dengan kelas lain.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya karena telah mengunjungi www.duniaguru87.com , dan besar harapan saya bapak ibu bisa berkunjung lagi kesini. Karena dalam web ini tidak hanya tersedia prota promes kelas 5 sd, tapi telah saya sediakan administrasi guru kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 yang bisa bapak ibu gunakan dalam melengkapi administrasi kelas yang harus bapak ibu miliki

Dengan memiliki Prota promes kelas 5 sd ini saya yakin bapak ibu akan lebih siap dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Karena dengan lengkapnya administrasi kelas yang lengkap akan membuat kegiatan pembelajaran kita di dalam kelas menjadi terukur dan terorganisasi dengan rapi, sehingga kegiatan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan akhir yang ingin di capai oleh bapak ibu guru.