Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS IPS kelas 8 semester 1 beserta kunci jawabannya

Soal PTS IPS kelas 8 semester 1 beserta kunci jawabannya
Gambar oleh eslfuntaiwan dari Pixabay

Soal PTS IPS kelas 8 semester 1 beserta kunci jawabannya

PTS IPS – apapun mata pelajarannya, minumnya tetap teh botol sosro,,, eh salah.. apapun mata pelajarannya, kegiatan penilaian harus tetap di adakan entah itu penilaian harian , atau penilaian apapun.

Salah satu tujuan dari diadakannya kegiatan penilaian ini adalah untuk perengkingan dari peserta didik, dengan adanya perengkingan ini kita akan memotivasi anak secara tidak langsung. Karena anak anak akan berlomba – lomba untuk menjadi peringkat pertama di kelas.

Hal ini sangatlah penting untuk membangun semangat belajar dari peserta didik kita di kelas 8, selain untuk perengkingan fungsi dari kegiatan penilaian adalah  untuk mengetahui sedalam apa anak – anak ini bisa menyerap pembahasan materi IPS yang kita berikan.

Termasuk juga PTS IPS ini, kegiatan penilaian tengah semester ini akan menggambarkan  seperti apa keberhasilan pembelajaran selama setengah semester. Apabila masih di bawah standart, kita harus bisa memperbaikinya agar di sisa setengah semester hal tersebut bisa di perbaiki dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Agar PTS IPS ini bisa kita jadikan gambaran, kita harus bisa merangkum semua materi IPS untuk setengah semester yang ada di kelas 8 semester 1 ini kedalam soal pts ips. Kita juga boleh untuk mengembangkan soal pts ini, dengan catatan soal tersebut masih berkaitan dengan materi yang ada di pertengahan semester 1 ini.

Soal PTS IPS kelas 8 semester 1

Pengembangan soal pts ips ini memang perlu untuk di lakukan , karena akan memperluas pengetahuan anak didik kita di kelas 8. Tapi dunia guru 87 sangat tidak merekomendasikan untuk mengembangkan soal yang terlalu luas hingga keluar dari pembahasan materi ini.

Hal ini akan merusak kegiatan penilaian PTS IPS, karena selain nilai yang akan berada di bawah standart yang telah di tentukan, kegiatan penilaian pts ips ini juga tidak akan bisa menggambarkan apakah kegiatan pembelajaran yang kita lakukan sudah berhasil atau belum.

Maka dari itu dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita tidak menyusun soal yang terlalu luas hingga keluar dari teritorial materi tersebut. Soal PTS IPS ini juga harus kita kaji secara terperinci tingkat kesukaran dari setiap soalnya.

Kita tidak boleh menyusun soal yang terlalu mudah atau terlalu sulit, kita harus memvariasikan soal soal ini sehingga tingkat kesukarannya bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi tidak sedikit dari kita yang menyusun soal yang hanya terdiri dari soal soal yang sulit, soal – soal yang sulit untuk di selesaikan oleh anak didik kita.

Mereka akan merasa senang apabila soal yang mereka susun tidak bisa di selesaikan oleh peserta didik, mereka akan merasa berhasil apabila anak – anak ini merasa kesulitan ketika mengikuti kegiatan penilain PTS IPS kelas 8 semester 1.

Soal PTS IPS kelas 8

Hal ini tentu sudah pasti salah, karena akan merugikan kita dan juga peserta didik. kita akan mendapatkan nilai peserta didik yang berada di bawah standar, dan harus melaksanakan kegiatan remidial yang notabene membutuhkan waktu penyusunan dan pelaksanaannya.

Bagi anak – anak, akan mempengaruhi psikologi mereka . anak – anak akan mengalami penurunan semangat belajar IPS, dan secara tidak langsung akan mempengaruhi daya serap mereka pada kegiatan pembelajaran berikutnya.

Untuk mencegah hal ini bisa terjadi, kita harus menyusun soal PTS IPS dengan sebaik – baiknya mulai dari materinya hingga tingkat kesulitan dari setiap soal yang hrus menjadi prioritas utama bagi kita di dalam menyusun soal PTS IPS ini.

Kita pasti berharap anak – anak kita di kelas 8 ini bisa mencapai target yang telah di tentukan, karena nilai dari PTS IPS ini akan kita gabungkan dengan nilai – nilai lainnya dan akan menjadi nilai akhir semester nantinya. Oleh karena itu kita harus memaksimalkan kegiatan penilaian ini, karena kegiatan penilaian ini adalah salah satu penentu apakah peserta didik bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Downlaod soal PTS IPS kelas 8 semester 1 

Bagi bapak ibu yang menginginkan soal pts ips untuk kelas 8 semester 1, bisa langsung mengunduhnya pada link yang telah di sediakan di bawah ini. semoga saja pts ips kelas 8 ini sesuai dengan harapan kita semua.

Soal PTS IPS gasal ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang PTS IPS untuk kelas 8 semester 1, semoga saja kegiatan penilaian pts ips ini bisa berjalan sesuai dengan rencana dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Dunia guru 87 sangat mengharapkan hasil dari PTS ini bisa mencapai standar minimal yang telah di tentukan, karena hal tersebut akan menandakan bahwa kegiatan pembelajaran yang kita lakukan telah berhasil sesuai dengan harapan.