Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus Matematika kelas 8 semester 1 terbaru

Silabus Matematika kelas 8 semester 1 terbaru
Foto oleh rikka ameboshi: https://www.pexels.com/

Silabus Matematika kelas 8 semester 1 terbaru

Silabus matematika – salah satu administrasi yang wajib kita miliki sebagai seorang guru matematika yang mengajar di kelas 8 adalah silabus ini, silabus matematika ini merupakan salah satu administrasi wajib yang harus kita miliki sebelum kita memulai suatu pembelajaran.

Silabus matematika ini sendiri akan menjadi dasar kita di dalam menyusun RPP matematika, maka untuk mendapatkan RPP yang baik dan bisa kita pergunakan di dalam kelas, kita harus bisa mempersiapkan silabus ini dengan semaksimal mungkin.

Silabus matematika di kelas 8 ini ada dua , yaitu silabus matematika untuk semester 1 dan silabus matematika untuk semester 2. Pada kesempatan kali inni dunia guru 87 akan membahas tentang silabus matematika untuk semester 1.

Dalam menyusun silabus matematika ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu materi – materi matematika yang ada di kelas 8 semester 1. Hal ini sangatlah penting karena akan menentukan isi dari silabus yang tengah kita susun.

Seperti yang telah di katakan di atas, kita harus mampu untuk menginput semua materi yang ada di semester 1 ini kedalam silabus yang tengah kita susun. Tujuannya adalah untuk mempermudah kita di dalam menyusun administrasi – administrasi berikutnya seperti RPP matematika.

Silabus matematika kelas 8 semester gasal

Sebelum kita bisa menyusun silabus matematika ini, kita harus bisa menyelesaikan penyusunan dari prota dan promes matematika untuk kelas 8. Dari prota dan promes inilah yang akan menjadi patokan kita di dalam menyusun silabus matematika.

Untuk format dari silabus matematika ini sendiri , masih sama seperti silabus matematika pada tahun ajaran yang telah kita lewati. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi kita, karena format silabus matematika ini telah kita kuasai sehingga akan sangat mempermudah kita di dalam menyusun dan menyelesaikan pembuatan silabus matematika ini.

Yang sering menjadi permasalahan bagi kita adalah rasa malas yang sering mendera kita di tengah menjalankan tugas wajib sebagai seorang guru. Rasa malas ini yang biasanya akan berimbas kepada kreativitas kita di kelas maupun di lingkungan tugas.

Tidak sedikit dari kita yang enggan untuk menyusun silabus matematika ini di awal semester, dan bukan hanya silabus ini saja, semua administrasi guru matematika terkadang malas untuk kita lengkapi dan kita selesaikan. Mungkin saja karena anggapan tanpa administrasi pun semua materi matematika yang ada di kelas 8 ini bisa kita selesaikan.

Hal ini tentu saja tidak baik bagi kita dan juga bagi peserta didik. efek bagi peserta didik adalah tidak akan bisa mendapatkan pengajaran yang maksimal dari kita, sehingga daya serap dari materi matematika pun tidak akan maksimal. Sudah barang tentu juga akan berimbas kepada kegiatan penilaian seperti PTS, PAS dan kegiatan penilaian lainnya.

Silabus matematika kelas 8

Efek negatif yang akan kita dapatkan adalah kegiatan pembelajaran yang kita lakukan tidak akan mempunyai tujuan yang pasti, sehingga kegiatan pembelajaran akan melebar tidak pada tempat dan tujuannya. Selain itu biasanya yang akan terjadi adalah kekurangan waktu ajar pada akhir – akhir semester 1.

Materi yang berada di akhir semester akan tidak mampu kita sampaikan dengan maksimal, bahkan biasanya akan terkesan terburu buru. Hal ini tentu akan sangat membebani peserta didik kita di dalam kelas, karena dengan penyampaian yang terburu buru akan membuat anak – anak kita menjadi planga plongo.

Apalagi mata pelajaran ini adalah mata pelajaran matematika, yang menuntut ketelitian tinggi dan latihan yang rutin. Maka dari itu dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa meluangkan sedikit waktu kita untuk bisa menyelesaikan penyusunan administrasi – administrasi guru matematika seperti silabus dan lain sebagainya.

Karena format dari adminstrasi seperti silabus matematika ini masih sama, tentu akan sangat mempermudah kita di dalam menyelesaikan penyusunan dari silabus ini. tapi tidak semua guru memiliki waktu yang cukup untuk menyusun administrasi wajib dari guru matematika.

Oleh karena itu dunia guru 87 telah berusaha untuk melengkapi semua yang kita butuhkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Seperti silabus matematika ini yang telah di sediakan pada bagian bawah artikel, yang semoga saja bisa kita maksimalkan penggunaannya. 

Download silabus matematika kelas 8 semester 1

Bagi teman – teman yang menginginkan silabus matematika kelas 8 yang di bagikan oleh dunia guru 87 ini, bisa langsung mengunduhnya pada link di bawah ini.

Silabus matematika kelas 8 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang silabus matematika untuk kelas 8 yang akan di pergunakan di semester 1, semoga saja dengan bantuan silabus matematika kelas 8 ini akan membantu kita di dalam mengelola kelas dan memanage kegiatan pembelajaran yang akan kita adakan di kelas 8.