Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 beserta jawaban terbaru

Soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2beserta jawaban terbaru

Soal PTS Bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 beserta jawaban terbaru

Soal PTS – setiap mata pelajaran yang ada di sekolah biasanya akan mengadakan kegiatan penilaian tengah semester atau lebih di kenal dengan istilah PTS. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan nilai dari peserta didik, selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar kita bisa mengetahui kedalaman dari pemahaman peserta didik.

Tujuan dari  kita mengetahui daya serap peserta didik, kita bisa lebih memaksimalkan kegiatan pembelajaran yang akan di laksanakan di pembelajaran yang berikutnya. Hal ini sangatlah penting karena akan mampu untuk meningkatkan taraf dari pembelajaran peserta didik kita di kelas 8 ini.

Soal PTS ini sendiri akan mencakup setengah materi yang ada di semester 2, maka dari itu sebelum kita melaksanakan kegiatan penilaian soal PTS, kita sudah harus menyelesaikan pembahasan dari materi – materi yang akan di input kedalam soal pts ini.

Jangan sampai kita tidak bisa menyelesaikan pembahasan materi tepat pada waktunya, karena akan mempengaruhi nilai dari peserta didik kita ketika mengkuti pelaksanaan soal pts. Untuk pelaksanaan soat pts ini sendiri telah di tentukan di dalam kalender pendidikan.

Untuk memastikan tanggal pelaksanaan PTS ini bisa berjalan tepat pada waktunya, kita membutuhkan bantuan dari administrasi guru bahasa Indonesia. Salah satu yang akan berpengaruh yaitu Prota dan promes, 2 administrasi ini adalah administrasi inti yang harus kita miliki.

Soal PTS semester 2 bahasa Indonesia kelas VIII

Kita tidak akan bisa menyusun administrasi – administrasi lain, jika kita belum menyelesaikan penyusunan prota dan promes bahasa Indonesia. Dengan tersedianya  prota dan promes ini, kita akan bisa membagi waktu pelaksanaan dari setiap materi bahasa Indonesia yang ada di kelas 8.

Hal ini akan memaksimalkan penggunaan waktu ajar, sehingga soal PTS ini bisa di laksanakan tepat pada waktunya dan bisa di kerjakan oleh anak – anak dengan baik. Semakin tinggi nilai yang bisa anak – anak ini capai , akan semakin baik pula hasil dari nilai akhir peserta didik nantinya.

Maka dari itu selain kita harus bisa memaksimalkan waktu ajar, kita juga harus bisa memaksimalkan pembelajaran itu sendiri. Ada banyak aspek yang harus kita perhitungkan di dalam memaksimalkan suatu pembelajaran, salah satunya adalah kondisi lingkungan sekitar kelas yang kita ajar. 

Peserta didik kita akan merasa tidak nyaman apabila kondisi lingkungan di luar kelasnya tidak kondusif. Dari perasaan yang tidak nyaman ini akan mempengaruhi daya serap dari anak – anak kita, sehingga akan tidak langsung mempengaruhi nilai dari soal pts peserta didik.

Yang harus kita lakukan adalah menjaga kondisi lingkungan sekitar tempat belajar, agar kegiatan belajar mengajar tidak terganggu. Semakin kondusif lingkungan sekitar tempat peserta didik kita belajar, semakin baik pula peserta didik kita ini bisa mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia.

Soal PTS bahasa Indonesia kelas 8 semester 2

Selain lingkungan sekitar tempat belajar yang harus kondusif, lingkungan belajar kita pun juga harus kondusif. Materi bahasa Indonesia ini akan sangat sulit untuk kita bahas apabila kondisi kelas kita tidak kondusif. Salah satu yang bisa kita  lakukan adalah dengan menyediakan buku bimbingan konseling.

Buku ini terbukti efektif untuk menjaga tingkat kondusif dari sebuah kelas, dan buku ini merupakan salah satu bagian dari administrasi guru bahasa Indonesia yang harus kita miliki. Fungsi dari buku konseling ini adalah untuk membatasi aktivitas dari peserta didik yang melenceng dari aktivitas kelas, buku ini juga akan memberikan kontribusi terhadap nilai akhir yang akan di capai oleh peserta didik kita.

Meskipun di sekolah telah ada guru BK sendiri, kita tetap harus memiliki administrasi ini. karena tujuan kita adalah untuk menjaga tingkat kondusif dari kelas yang kita ajar. Selain administrasi yang telah saya jelaskan di atas, masih banyak lagi administrasi – administrasi yang harus kita miliki.

Karena semakin lengkap administrasi yang kita miliki, semakin baik pula kegiatan pembelajaran yang bisa kita lakukan. Tapi dengan catatan , administrasi ini bisa kita terapkan dan laksanakan . akan menjadi kerugian bagi kita apabila kita tidak bisa menerapkan administrasi yang kita susun sendiri.

Tujuan kita pasti agar nilai yang di capai peserta didik ketika mengikuti pelaksanaan penilaian soal pts ini bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kita akan melakukan segala cara agar peserta didik kita bisa melalui tes ini dengan baik.

Download soal PTS bahasa Indonesia kelas 8 beserta kunci jawaban

Silahkan untuk mengklik kata link di bawah ini, untuk memulai pengunduhan

Soal PTS bahasa Indonesia ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang soal PTS bahasa Indonesia ini bisa dunia guru 87 berikan, semoga saja soal pts ini bisa membantu kita di dalam melakukan kegiatan penilaian.