Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP PKN kelas 8 semester 2 terbaru – dunia guru 87

RPP PKN kelas 8 semester 2 terbaru – dunia guru 87
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

RPP PKN kelas 8 semester 2 terbaru – dunia guru 87

RPP PKN – administrasi ini sangatlah penting untuk kita miliki karena administrasi ini adalah gambaran dari kegiatan pembelajaran yang akan kita lakukan di kelas 8  semester 2 ini. semua kegiatan kita mulai dari pendahuluan hingga penutup akan tersedia di dalam RPP PKN ini.

Kita hanya tinggal mengikuti RPP PKN ini ketika mengajar, harapannya adalah dengan perencanaan yang matang akan mempermudah kita untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah di tentukan. Dari tujuan inilah yang akan menentukan keberhasilan kegiatan pembelajaran yang kita lakukan.

Maka dari itu untuk bisa menghasilkan pembelajaran yang baik dan maksimal, kita harus bisa menyusun RPP PKN ini dengan sebaik baiknya dan semaksimal mungkin agar tujuan yang ingin kita capai bisa dengan mudah tercapai.

Tapi sebelum kita menyusun RPP PKN ini, kita harus menyelesaikan terlebih dahulu penyusunan silabus PKN, karena dari silabus inilah kita akan memiliki patokan seperti apa RPP yang nantinya akan kita susun. Karena di dalam silabus akan tertera inti – inti dari kegiatan yang akan kita lakukan.

Di dalam pelaksanaanya, RPP PKN ini membutuhkan media pembelajaran dan model pembelajaran yang tepat. Misalnya model pembelajaran, dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat akan membuat pembelajaran yang kita lakukan akan lebih mudah, dan kelas kita juga akan mengikutinya dengan baik.

RPP PKN kelas 8 semester 2 

Tapi jika model pembelajaran yang kita pilih ini tidak sesuai dengan pembahasan materi , dan juga karakteristik kelas kita akan mempersulit kita di dalam mengajar. Selain itu pemilihan model pembelajaran yang tidak tepat akan menyulitkan anak – anak kita di dalam mengikuti pembelajaran.

Yang berikutnya adalah media pembelajaran, tidak sedikit dari kita yang tidak menyediakan media pembelajaran ketika mengajar. Padahal peran dari media pembelajaran ini sangatlah besar sebagai pendamping dari RPP PKN yang telah kita susun. Alasan yang paling klasik adalah ribet menyiapkan media pembelajaran.

Seharusnya hal ini tidak menjadi masalah, karena akan terbayarkan ketika materi yang kita bahas ini bisa dengan cepat di serap dan di mengerti oleh anak – anak kita. anggap saja pengorbanan kecil untuk mendapatkan hasil yang besar.

Di dalam menerapkan RPP PKN ini, kita juga harus bisa memaksimalkan kondisi kelas kita, mulai dari kebersihannya, tingkat kondusifnya, hingga kelengkapan belajar dari anak – anak kita di kelas 8 ini harus kita pantau dengan seksama.

Kita mulai dari tingkat kebersihan kelas, kita harus mengecek terlebih dahulu kebersihan kelas yang kita ampu sebelum memulai suatu pembelajaran. Kebersihan kelas ini akan mempengaruhi kondisi belajar anak – anak kita, karena jika kelasnya kotor dan juga bau akan mempersulit peserta didik untuk berkonsentrasi.

RPP semester 2 PKN kelas 8

Dengan sulitnya berkonsentrasi tersebut otomatis juga akan mempengaruhi daya serap anak – anak ini. maka dari itu alangkah baiknya sebelum kita memulai suatu pembelajaran , kita bisa memulainya dengan mengecek dan mengadakan pembersihan terlebih dahulu.

Yang berikutnya adalah kondisi kelas yang kondusif, pada bagian ini kita membutuhkan administrasi seperti buku bimbingan konseling. Meskipun di sekolah kita telah ada guru BK sendiri, kita juga harus memiliki buku ini agar kita bisa mengontrol prilaku dari anak – anak kita di kelas. Dengan adanya buku bimbingan konseling ini otomatis akan meningkatkan tingkat kondusif dari kelas kita.

Selain itu masih banyak lagi hal – hal yang harus kita penuhi untuk memaksimalkan RPP PKN yang telah kita susun ini. tujuannya adalah dengan pembelajaran yang maksimal akan menghasilkan hasil belajar yang maksimal juga.

Karena kita semua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak – anak kita di kelas 8 ini, semua daya upaya akan kita lakukan agar anak – anak ini mendapatkan pembelajaran yang maksimal.  Mulai dari mempersiapkan RPP PKN , hingga melaksanakan kegiatan penilaian. Kita juga tidak boleh berhenti untuk memotivasi peserta didik kita, karena dari motivasi – motivasi kitalah anak – anak akan tetap berjalan pada jalur yang kita harapkan. 

Download RPP PKN kelas 8 semester 2

Untuk mempermudah kita di dalam melengkapi RPP, di bawah ini telah di sediakan link unduhan untuk mengunduh RPP PKN kelas 8 semester 2.

RPP PKN semester 2 bab 4 ( LINK )
RPP PKN semester 2 bab 5 ( LINK )
RPP PKN semester 2 bab 6 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang RPP PKN semester 2 , semoga saja RPP PKN ini bisa membantu kita di dalam mengelola pembelajaran dan memaksimalkan pembelajaran. Karena dengan maksimalnya pembelajaran yang bisa tercipta, maka akan memaksimalkan daya serap dari anak – anak kita di kelas 8.