Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota bahasa Indonesia kelas 8 terbaru

Prota bahasa Indonesia kelas 8 terbaru
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Prota bahasa Indonesia kelas 8 terbaru

Prota bahasa Indonesia – prota ini merupakan salah satu administrasi inti yang harus kita miliki, prota ini sendiri akan menentukan penyusunan administrasi – administrasi lainnya. Maka dari itu kita harus bisa menyusun prota bahasa Indonesia ini dengan sebaik – baiknya agar kita bisa lebih mudah lagi di dalam menyusun administrasi lainnya.

Sebelum kita bisa menyusun prota bahasa Indonesia, kita harus memiliki kalender pendidikan terlebih dahulu. Kalender pendidikan inilah yang akan menentukan pembagian waktu efektif di dalam prota bahasa Indonesia.

Karena Indonesia ini adalah negara yang kaya akan kebudayaan dan adat istiadat, kita tidak bisa asal menggunakan kalender pendidikan. Kita tidak bisa menggunakan kalender pendidikan yang bukan berasal dari daerah kita bertugas karena akan merusak prota yang kita susun ini.

Kita harus menunggu kalender pendidikan yang akan di keluarkan oleh dinas yang terkait di daerah kita. setelah kalender pendidika ini selesai, baru kita bisa menyusun prota bahasa Indonesia untuk kelas 8. Dalam rangka menyusun prota ini, kita harus mengetahui semua materi yang ada di kelas 8 selama  satu tahun ajaran.

Dengan mengetahui materi – materi yang ada di kelas 8 ini akan memudahkan kita didalam menyusun prota dan membagi waktu yang tepat bagi setiap  materi tersebut. Kita harus benar – benar teliti di dalam menyusun prota ini, agar tidak mengganggu administrasi lainnya .

Prota bahasa Indonesia kelas viii

Prota ini tidak akan bisa berdiri sendiri di dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar dari peserta didik kita di kelas 8. Prota bahasa Indonesia ini membutuhkan administrasi – administrasi lain yang akan saling berkaitan satu sama lainnya.

Maka dari itu, kita harus bisa melengkapi semua administrasi – administrasi guru bahasa Indonesia sebelum melaksanakan suatu pembelajaran. Tapi administasi berupa prota bahasa Indonesia beserta kawan – kawannya ini bukan menjadi penentu mutlak keberhasilan suatu pembelajaran, penentu keberhasilan pembelajaran adalah bagaimana cara kita mempresentasikan materi – materi ajar di kelas 8.

Tidak banyak dari kita yang mau mempersiapkan media pembelajaran untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar di kelas. Ada banyak sekali alasan, mulai dari tidak memiliki waktu yang luang , hingga alasan malas untuk menyediakan media pembelajaran.

Sebenarnya kita memiliki waktu luang yang sangat banyak ketika berada di luar sekolah dan di luar jam kerja. Tapi waktu luang tersebut biasanya kita gunakan untuk hal – hal lain yang kita anggap juga penting dan tidak bisa untuk kita tinggalkan.

Kalau saya biasanya akan mengambil waktu luang ketika bangun pagi, saya akan memajukan waktu tidur agar nantinya bisa bangun lebih pagi lagi. Di  waktu itulah saya mengerjakan administrasi dan tugas – tugas sekolah, dan di waktu itulah otak dan pikiran kita masih fresh sehingga akan memudahkan kita untuk menyelesaikan semua tugas tersebut.

Prota kelas 8 bahasa Indonesia

Itu kebiasaanku , tapi kebiasaan tersebut tidak mungkin untuk bisa di ikuti oleh semua orang. Hanya sedikit orang yang mau mengorbankan waktu malamnya untuk tidur lebih awal, dan hanya sedikit orang saja yang mau mengorbankan waktu tidurnya di waktu subuh untuk mengerjakan tugas – tugas sekolah.

Selain itu saya paling sering mendapatkan alasan malas, rasa malas ini timbul karena materi – materi yang ada di kelas 8 ini telah kita kuasai atau dengan kata lain sudah ada di luar kepala. Kita sangat yakin akan pembahasan kita, meskipun kita tahu bahwa jika menggunakan media pembelajaran, materi akan lebih mudah untuk kita serap.

Selain itu kita juga harus bisa menerapkan model pembelajaran yang atraktif dan mampu membangkitkan semangat belajar dari peserta didik kita di kelas 8. Model pembelajaran yang kita gunakan ini harus bisa atau mampu untuk di terapkan juga oleh peserta didik, jangan sampai kita memilih media yang akan menyulitkan kita dan peserta didik di kelas 8, karena kita tidak akan bisa mendapatkan hasil pembelajaran yang baik.

Download prota bahasa Indonesia kelas 8

Prota bahasa Indonesia ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang prota bahasa Indonesia kelas 8, semoga saja prota ini bisa mempermudah kita di dalam menyusun administrasi – administrasi lainnya.