Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus matematika kelas 7 semester 1 terbaru

Silabus matematika kelas 7 semester 1 terbaru
Foto oleh olia danilevich dari Pexels

Silabus matematika kelas 7 semester 1 terbaru

Silabus matematika – mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak di sukai oleh sebagian besar peserta didik. mata pelajaran ini sering menjadi momok yang menakutkan bagi anak – anak , apalagi jika mendapatkan karakter guru yang tegas akan membuat anak – anak semakin enggan untuk mempelajaran mata pelajaran ini.

Untuk menghilangkan mind set seperti ini , kita harus bisa membangun kelas yang menarik . menarik disini diartikan sebagai pembelajaran yang inovatif dan mampu membangkitkan semangat belajar matematika peserta didik kita di kelas 7.

Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menarik, kita harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin media pembelajaran yang tersedia. Media pembelajaran ini akan sangat membantu kita di dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, materi kita akan lebih mudah untuk kita sampaikan dan akan lebih cepat pula untuk bisa di serap oleh peserta didik kita.

Kita bisa memanfaatkan media pembelajaran yang ada di sekolah , apabila kita tidak mempunyai waktu yang lebih di dalam menyediakan media pembelajaran tersebut. Saya sangat yakin , akan sangat banyak media yang tersedia di sekolah sehingga kita hanya tinggal mencocokkan media tersebut dengan materi pelajaran yang akan kita berikan nantinya.

Tapi saran saya adalah kita bisa menyediakan atau mengkreasikan sendiri media pembelajaran, karena media pembelajaran yang kita susun akan lebih sesuai dengan pembahasan materi matematika kita. selain itu dengan mengkreasikan sendiri media pembelajaran , akan mengasah kreativitas kita di dalam menyediakan sarana pembelajaran.

Silabus matematika kelas 7 semester 1

Selain media pembelajaran , kita juga harus bisa mengelola kelas seoptimal mungkin . karena pembelajaran akan bisa berjalan dengan lebih baik bila hal tersebut bisa terlaksana. Kita bisa memulainya dengan mengelola kebersihan kelas yang akan kita ajar, kita bisa mengajak anak – anak kita untuk mengadakan pembersihan terlebih dahulu sebelum memulai suatu pembelajaran.

Kebersihan ini akan sangat mendongkrak keberhasilan suatu pembelajaran, karena peserta didik kita akan lebih mudah untuk berkonsentrasi apabila kelas yang menjadi tempat mereka belajar bersih dan rapi. Hal yang sebaliknya akan terjadi apabila kelas dari peserta didik kotor dan berbau , dalam kondisi kelas seperti ini akan sangat mengganggu proses belajar mengajar. 

Materi yang kita berikan tidak akan bisa maksimal untuk bisa di serap oleh anak – anak karena kondisi kelas yang kotor dan tidak layak untuk dijadikan tempat belajar. Setelah kita bisa memastikan kebersihan kelas , kita akan lanjut ke tahap memeriksa kelengkapan belajar dari anak – anak ini. 

Kelengkapan belajar merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk kita persiapkan, dengan lengkapnya peralatan belajar mulai dari buku , buku paket , hingga alat belajar akan membantu anak – anak kita ini di dalam belajar. Jadi kita bisa meluangkan sedikit waktu kita untuk bisa mengecek hal ini sebelum kita memulai suatu pembelajaran.

Silabus matematika kelas 7

Setelah semua hal tersebut bisa terpenuhi, baru kita bisa memulai suatu pembelajaran dengan harapan pembelajaran yang kita lakukan bisa berjalan sesuai dengan rencana. Agar pembelajaran yang kita lakukan bisa berjalan sesuai dengan rencana, kita membutuhkan bantuan dari administrasi guru matematika.

Salah satunya adalah silabus matematika, dengan adanya administrasi ini kita akan lebih mudah di dalam mengelola waktu pembelajaran di setiap  materi. Silabus matematika ini akan berfungsi sebagai pembagi waktu ajar dari setiap materi , sehingga akan berimbas kepada pembelajaran yang akan kita adakan.

Semua pembelajaran yang akan kita laksanakan akan tepat waktu, dan tidak ada materi yang tidak bisa kita selesaikan sesuai dengan rencana. Silabus matematika ini adalah salah satu administrasi yang harus kita miliki sebelum kita memulai suatu kegiatan pembelajaran.

Tapi silabus matematika ini tidak bisa berdiri sendiri, ada banyak lagi administrasi guru matematika yang harus kita sediakan dalam rangka mendongkrak kegiatan kita di dalam kelas. Salah satunya adalah buku absensi, dengan adanya buku absensi ini kita bisa mengetahui jumlah peserta didik yang hadir pada saat itu , dan bisa menerapkan kegiatan sesuai dengan kondisi kelas kita.

Selain absensi, kita juga membutuhkan buku bimbingan konseling, tujuannya adalah untuk menjaga tingkat kekondusifan kelas yang kita ajarkan. Dengan adanya buku bimbingan konseling ini , kita akan lebih baik lagi di dalam mengontrol prilaku peserta didik kita di dalam kelas sehingga akan meningkatkan tingkat kondusif di dalam kelas.

Download silabus matematika kelas 7 semester 1

Silabus matematika kelas 7 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang silabus matematika kelas 7 semester 1, semoga saja silabus ini bisa memudahkan kita didalam mengelola waktu pembelajaran.