Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Promes matematika kelas 7 semester 2 terbaru

Promes matematika kelas 7 semester 2 terbaru
Foto oleh Pew Nguyen dari Pexels


Promes matematika kelas 7 semester 2 terbaru

Promes matematika – salah satu administrasi wajib yang harus kita miliki adalah promes matematika, promes ini akan kita susun di awal semester agar kegiatan pembelajaran yang kita lakukan selama satu semester bisa tertata dengan rapi dan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Promes matematika selama satu satu tahun ajaran ada dua, yaitu promes matematika semester 1 dan promes matematika semester 2. Promes ini juga merupakan turunan dari prota yang harusnya sudah kita susun terlebih dahulu, jadi kita tidak akan bisa untuk menyusun promes apabila kita belum menyelesaikan penyusunan dari prota matematika.

Oleh karena itu kita harus bisa menyusun prota matematika terlebih dahulu , agar administrasi – administrasi lainnya seperti promes matematika ini bisa kita susun. Dan di dalam penyusunan prota matematika, kita membutuhkan kalender pendidikan untuk membantu menganalisa waktu pembelajaran yang tersedia selama satu tahun ajaran.

Promes matematika ini sangatlah penting terhadap keberhasilan suatu pembelajaran, promes ini akan berperan terhadap pembagian waktu mengajar dari setiap materi. Sehingga akan meminimalisir kemungkinan kita untuk mengalami kekurangan waktu di dalam mengajar.

Tapi tidak sedikit dari kita yang tidak memperdulikan kelengkapan administrasi di dalam mengajar. Jangankan untuk menyusun promes matematika , untuk menyusun RPP matematika yang kita butuhkan di dalam pembelajaran setiap harinya pun terkadang tidak kita miliki.

Promes matematika semester 2 kelas 7

Beberapa dari kita lebih nyaman untuk langsung mengajar, karena materi – materi tersebut telah berkali – kali kita ajarkan , jadi kita menganggap tidak membutuhkan administrasi tersebut di dalam mengajar. Meskipun kita semua ketahui bahwa sering kali kita mengalami kekurangan waktu di dalam mengajar , dan kerap kali materi – materi yang ada di  akhir tidak bisa kita selesaikan dengan maksimal karena mengalami kekurangan waktu.

Dan kita juga mengetahui bahwa hal tersebut juga akan mempengaruhi kegiatan penilaian yang akan di ikuti oleh peserta didik kita di kelas 7 . biasanya untuk soal – soal yang mencakup materi – materi yang ada di akhir semester, tidak mendapatkan hasil yang memuaskan karena penyampaian dan pembahasan kita yang kurang maksimal. 

Hal tersebut tentu sangat tidak kita inginkan untuk terjadi , karena akan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang kita lakukan tidak berhasil. Semua guru pasti menginginkan kegiatan pembelajaran yang kita lakukan ini bisa berhasil , dan bisa mencapai target yang di tentukan ketika mereka mengikuti kegiatan penilaian.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk kita bisa menyusun administrasi berupa promes matematika ini, tapi promes matematika ini tidak akan bisa berdiri sendiri karena kita membutuhkan administrasi lain yang akan saling berkaitan satu sama lainnya.

Promes matematika kelas 7 semester 2

Ada banyak sekali administrasi guru matematika yang harus kita miliki selain promes matematika ini, salah satunya adalah jurnal harian mengajar. Di dalam jurnal harian mengajar ini akan terpampang dengan jelas , kegiatan seperti apa yang akan kita lakukan di dalam kelas.

Kita hanya perlu mengikuti kegiatan – kegiatan yang telah tertulis di dalam jurnal mengajar, agar pembelajaran yang kita lakukan bisa berjalan sesuai dengan rencana. Dengan mengikuti kegiatan yang ada di dalam jurnal pembelajaran , kita tidak akan bisa keluar dari pembahasan materi . hal ini akan memaksimalkan penyerapan dari suatu materi.

Selain itu kita juga membutuhkan daftar absensi di dalam mengajar, daftar absen ini akan mencerminkan jumlah peserta didik kita yang bisa mengikuti pembelajaran pada hari tersebut. Dengan bantuan absensi ini , kita bisa mengoptimalkan pembelajaran dan mengejar ketertinggalan dari peserta didik yang tidak bisa hadir pada saat pembahasan materi.

Seperti yang telah saya jabarkan di atas , kita tidak bisa hanya berpatokan hanya kepada promes matematika yang kita susun. Kita juga membutuhkan administrasi – administrasi lainnya agar pembelajaran yang kita lakukan ini bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Harapan dunia guru 87 adalah kita bisa meluangkan sedikit waktu kita untuk bisa menyusun semua administrasi yang kita butuhkan di dalam rencana memuluskan pembahasan materi yang akan kita laksanakan.

Download promes matematika kelas 7 semester 2 

Promes semester 2  ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang promes matematika kelas 7 semester 2, semoga saja dengan adanya administrasi ini bisa membantu kita di dalam menyusun administrasi – administrasi lainnya.