Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP IPA kelas 7 semester 2 terbaru – dunia guru 87

RPP IPA kelas 7 semester 2 terbaru – dunia guru 87
Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels

RPP IPA kelas 7 semester 2 terbaru – dunia guru 87

RPP IPA – kegiatan mengajar merupakan kegiatan wajib bagi kita yang berprofesi sebagai seorang guru, kegiatan pembelajaran ini bisa kita lakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Tujuannya adalah untuk mencerdaskan anak didik kita, karena merekalah yang akan menjadi penerus kita di masa yang akan datang.

Untuk mempermudah kita dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, kita harus memiliki suatu rencana agar tujuan dari pembelajaran tersebut bisa tercapai. Rencana tersebut adalah RPP IPA, dengan bantuan RPP IPA ini kita akan lebih mudah dalam mengajar dan mendidik anak didik kita. 

Dengan bantuan RPP IPA ini, semua kegiatan kita akan tertata dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Hal ini di sebabkan karena RPP yang kita susun ini telah terperinci semua kegiatan yang akan kita lakukan baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas.

Memang masih bisa kita melaksanakan suatu pembelajaran tanpa adanya RPP IPA, tapi hasil yang akan di capai tidak akan maksimal seperti ketika menggunakan RPP. Tapi tidak sedikit dari kita yang mengacuhkan RPP IPA ini, karena sebagian dari kita telah menganggap materi yang ada di kelas 7 ini telah kita kuasai .

RPP IPA kelas 7 semester 2

Pembelajaran yang kita lakukan tanpa menggunakan RPP IPA akan lebih cenderung asal – asalan, asal selesai saja itu materi yang ada di kelas 7. Materi memang akan selesai di berikan, tapi hal ini akan mempersulit peserta didik untuk menyerap apa yang kita berikan.

Selain itu tujuan yang ingin di capai dari pembelajaran tersebut juga akan sulit untuk tercapai, karena kita lebih cenderung untuk menyelesaikan materi dengan secepat cepatnya. Selain itu kemungkinan kita melenceng dari materi juga akan semakin besar, hal ini bisa terjadi karena kita tidak memiliki pegangan dalam mengajar.

Dalam beberapa kasus guru  - guru yang tidak memakai RPP IPA sebagai pegangan mengajar, akan mengalami kekurangan waktu dalam mengajar. Hal ini akan berakibat terhadap materi – materi yang ada di bagian akhir, materi tersebut biasanya akan di selesaikan dengan sistem ngebut sehari atau beberapa hari.

Dengan terjadinya sistem ngebut ini, akan mengakibatkan kondisi kelas kita menjadi tidak kondusif, dan juga penurunan semangat belajar dari anak didik kita. Secara tidak langsung hal ini akan berimbas terhadap kegiatan penilaian yang kita lakukan.

Kita akan lebih sibuk untuk mengadakan kegiatan remidial di bandingkan dengan kegiatan pengayaan, karena hasil yang di capai peserta didik tentu tidak akan sesuai dengan harapan kita. Tentu saja hal ini sangat tidak kita inginkan terjadi pada anak didik yang kita ampu.

RPP IPA kelas 7

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk kita meluangkan sejenak waktu untuk menyusun RPP IPA ini. hilangkanlah rasa malas untuk menyusun RPP, karena kita tahu dan juga sadar akan pentingnya RPP ini terhadap pembelajaran yang kita laksanakan.

Tata cara penyusunan RPP IPA ini juga sudah kita pahami, dan sudah menjadi makanan sehari – hari kita sebagai seorang guru. Selain itu kita juga telah sering di ikut sertakan dalam kegiatan penyusunan RPP IPA yang di adakan baik itu dari kecamatan, kabupaten , provinsi, hingga pusat.

Selain itu kita juga bisa menggunakan RPP IPA yang telah saya share di artikel ini, dengan tujuan untuk memudahkan kita dalam melengkapi administrasi – administrasi . selain itu kita juga akan memiliki waktu yang lebih banyak, sehingga kita bisa melaksanakan atau menyelesaikan tugas kita yang lainnya.

Download RPP IPA kelas 7 semester 2

RPP IPA bab 7 ( LINK )
RPP IPA bab 8 ( LINK )
RPP IPA bab 9 ( LINK )
RPP IPA bab 10 ( LINK )
RPP IPA bab 11 ( LINK )
RPP IPA bab 12 ( LINK )

Terimakasih karena telah berkunjung ke artikel ini, semoga saja artikel ini bisa bermanfaat.