Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surat lamaran Pekerjaan berbagai jenis pekerjaan terbaru

 

Surat lamaran Pekerjaan berbagai jenis pekerjaan terbaru
Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels

Surat lamaran Pekerjaan berbagai jenis pekerjaan terbaru

Surat lamaran pekerjaan – tak dapat kita pungkiri bahwa persaingan pada masa sekarang sangatlah ketat, begitu juga dalam hal mencari suatu pekerjaan. Hal ini terjadi karena bertambahnya jumlah penduduk yang bisa di katakan di luar kendali, sehingga menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam berbagai hal.

Jangankan yang tidak memiliki ijasah, yang memiliki ijasah hingga S2 pun mengalami kesulitan dalam mencari suatu pekerjaan. Hal ini terjadi karena jumlah pelamar yang terlalu banyak, sehingga membuat orang orang lebih selektif dalam memilih pelamar yang mampu memenuhi kriteria yang telah di tentukan.

Maka dari itu, lebih baik mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan skill yang kita miliki, hal ini akan lebih memperbesar peluang kita untuk dapat di terima di tempat kerja yang ingin kita lamar. Sebenarnya bisa saja sih kita melamar di luar kemampuan dan skill yang kita miliki, akan tetapi peluang di terima akan lebih kecil karena seperti yang saya katakan di atas perusahaan akan lebih selektif karena banyaknya pelamar yang tersedia.

Sebelum teman – teman menyusun sebuah surat lamarann, ada baiknya teman – teman terlebih dahulu menyiapkan berkas – berkas yang akan menjadi salah satu pertimbangan bagi tempat yang mencari pekerja, hal ini akan mempermudah teman – teman dalam menyusun surat lamaran. Karena hal pentingnya sudah teman teman penuhi

Hal kedua yang harus teman – teman pastikan adalah jenis lowongan yang ada di tempat yang ingin teman – teman lamar, apakah lowongan tersebut cocok dengan spesifikasi yang teman - teman miliki. Seperti yang telah dunia guru katakan di atas hal ini akan memperlebar kemungkinan teman – teman untuk di terima atau di rekrut.

Surat lamaran pekerjaan terbaru

Selanjutnya yang akan kita bahas adalah bagian – bagian dari surat lamaran pekerjaan. Bagian pertama adalah alamat dari pengirim surat, alamat pengirim surat ini biasanya akan kita tempatkan di bagian atas surat atau di bagian bawah surat untuk mempermudah perusahaan mengetahui alamat dari pelamar itu sendiri.

Selanjutnya adalah tanggal dari surat, tanggal ini biasanya akan di isi dengan tanggal kita membuat/ menyusun surat lamaran pekerjaan. Biasanya tanggal yang kita susun ini berkisar di antara tanggal suatu lamaran di buka dan tanggal terakhir lamaran itu di tutup

Yang ketiga adalah alamat surat badan penyedia lamaran, usahakan untuk membuat alamat tersebut dengan serinci – rincinya. Karena hal tersebut juga akan menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan/ badan dalam menerima suatu lamaran pekerjaan.

Hal selanjutnya yang biasa terdapat dalam surat lamaran pekerjaan adalah salam pembuka. Salam pembuka yang lumrah di gunakan oleh seorang pelamar adalah kata “ Dengan Hormat “. Kata ini  paling saya sering temukan dalam setiap surat lamaran pekerjaan.

Berikutnya adalah bagian penting dari suatu surat lamaran pekerjaan yaitu isi dari surat lamaran. Isi dari surat ini adalah pokok dari suatu surat lamaran, usahakan untuk menyusun isi dari surat secara terperinci. Isi surat lamaran inilah yang akan menjadi tolak ukur dari suatu tempat dalam menerima seorang pencari kerja.

Surat lamaran pekerjaan

Yang terakhir dalam surat – surat lamaran pekerjaan adalah bagian penutup dari surat, bagian ini akan berisikan kalimat yang sopan dalam rangka menutup suatu surat. Pada bagian terakhir akan berisi identitas dari pelamar pekerjaan, dan biasanya akan di isi juga dengan materai yang nominalnya akan di tentukan oleh perusahaan / badan yang mencari pelamar.

Setelah surat lamaran pekerjaan ini selesai di susun, teman teman akan melampiri persayaratan – persyaratan yang di minta oleh perusahaan . biasanya persyaratan persyaratan tersebut akan di kirim/ di setor berbarengan dengan surat lamaran pekerjaan yang teman – teman susun.

Dalam melamar suatu pekerjaan kita tidak bisa hanya berpatokan pada satu lamaran saja, saran saya adalah teman – teman membuat beberapa surat lamaran untuk di berikan kepada beberapa perusahaan/ badan yang mencari pelamar. Hal ini juga akan memperbesar kemungkinan teman – teman untuk mendapatkan suatu pekerjaan, selain itu jika surat lamaran tersebut di terima lebih dari satu pihak, kita bisa memilih dan menimbang mana yang lebih baik bagi kita.

Pada artikel ini saya juga telah melengkapinya dengan contoh – contoh surat lamaran dari berbagai jenis pekerjaan yang bisa teman – teman pakai. Surat lamaran pekerjaan ini harus teman – teman perbaharui lagi agar lebih sesuai dengan tempat di mana teman teman ingin melamar suatu pekerjaan.

Seperti yang saya katakan tadi, lengkapilah semua persyaratan yang di inginkan oleh perusahaan/ badan usaha yang memerlukan pencari kerja. Buat mereka percaya dan mau menerima teman – teman sebagai pekerja baru, dengan bantuan surat ini.

Pada beberapa kasus, biasanya teman teman yang kalian miliki yang telah lebih dahulu bekerja pada tempat yang mencari pekerja baru juga bisa menjadi sarana kita dalam mendapatkan suatu pekerjaan. Mintalah bantuan dari teman kalian yang telah lebih dahulu bekerja di perusahaan / badan tersebut untuk merekomendasikan kalian, agar kalian lebih mudah lagi untuk di terima bekerja.

Yang terpenting adalah selalu berusaha, tidak pantang menyerah , dan rajin berdoa. Percaya atau tidak, Tuhan tidak akan menjerumuskan umatnya di jalan yang salah. Tuhan pasti telah mempersiapkan jalan yang terindah untuk kita lalui, tugas kita adalah untuk mencari jalan tersebut dan tidak mudah untuk berputus asa.

Download surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Surat lamaran Pekerjaan berbagai jenis pekerjaan terbaru, yang bisa saya bagikan kali ini. semoga saja contoh surat lamaran yang saya bagikan ini bisa bermanfaat dan bisa di gunakan oleh teman teman.

Harapan saya teman – teman tidak cepat untuk berputus asa ketika melamar suatu pekerjaan, anggap saja hal ini hanya sebuah cobaan untuk mencapai sesuatu yang teman – teman impikan. Tetaplah bersemangat demi membuat kehidupan yang lebih baik lagi.

Dan harapan saya agar teman – teman tetap berpikir positif juga tidak berpikir pendek / sempit, karena hal tersebut tidak akan membawa berkah dan sangat di larang oleh agama manapun. Tetaplah berjalan di jalan yang benar karena tidak ada jalan yang benar mudah untuk di lalui, pasti akan ada halangan – halangan yang akan menghadang teman teman. Tapi yang saya pastikan hal tersebut akan membawa berkah yang sangat melimpah untuk teman teman sendiri.

Hal yang terpenting adalah selalu fokus dalam mencari suatu pekerjaan, jangan melihat teman – teman kalian yang telah memiliki pekerjaan tetap. Hal ini akan menimbulkan rasa isi, dan percaya tidak percaya hal ini akan mampu untuk menutup rejeki teman teman sendiri. Percayalah pada kemampuan sendiri dan motivasilah diri sendiri bahwa kita bisa lebih baik lagi.