Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal kelas 5 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 baru

Soal kelas 5 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 baru

Soal kelas 5 – penilaian adalah salah satu kegiatan yang harus di laksanakan oleh peserta didik di dalam kelas. Tanpa diadakannya kegiatan penilaian, pembelajaran di dalam kelas tidak akan lengkap karena peserta didik tidak akan mengetahui sejauh mana mereka memahami materi dari tema 5 ini.

Soal kelas 5 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 baru
Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Soal kelas 5 ini akan bapak ibu guru berikan ke peserta didik, ketika peserta didik telah menyelesaikan pembelajaran tema 5 di dalam kelas. Soal kelas 5 ini akan menjadi gambaran sedalam apa peserta didik mampu menyerap materi di tema 5.

Keberhasilan dari soal kelas 5 ini akan di tentukan oleh keberhasilan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Oleh karena itu dalam kegiatan belajar mengajar , kita harus bisa memotivasi dan mengaktifkan peserta didik agar peserta didik bisa mengikuti kegiatan penilaian dengan baik.

Kita harus bisa memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan kita ajarkan, pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat penting dalam pembelajaran di dalam kelas, karena dengan model pembelajaran yang tepat akan memudahkan peserta didik dalam mencerna dan memahami materi yang tengah kita bahas.

Pada tema 5 yang membahas tentang ekosistem ini, biasanya saya lebih suka menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah lebih suka saya gunakan untuk materi ekosistem karena dengan bantuan model pembelajaran ini saya bisa lebih mudah untuk mengaktifkan peserta didik di kelas. Selain itu model pembelajaran berbasis masalah ini juga akan mengarahkan peserta didik untuk belajar berpikir kritis dan kreatif. 

Tapi jika bapak ibu lebih memilih model pembelajaran lain, itu sah – sah saja selama model pembelajaran tersebut sesuai atau cocok dengan materi yang akan bapak ibu guru ajarkan. Selain itu karakteristik peserta didik yang ada di dalam kelas, juga menjadi penentu dalam pemilihan model pembelajaran yang akan di terapkan.

Soal kelas 5 tema 5

Selain model pembelajaran, media pembelajaran juga berperan penting dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Kita bisa membandingkan sendiri, pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran. Pasti kelas yang menggunakan media pembelajaran yang akan lebih cepat untuk di serap materinya di bandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran.

Selain itu dengan menggunakan media pembelajaran, kita akan lebih mudah dalam membangun keaktifan peserta didik sehingga kegiatan belajar mengajar akan berlangsung dengan baik. Untuk materi tentang ekosistem ini, media pembelajaran yang saya gunakan biasanya berupa video singkat tentang ekosistem

Penggunaan media pembelajaran berupa video singkat saya rasa lebih cocok untuk materi ekosistem , karena dengan bantuan video tersebut peserta didik akan lebih mudah dalam menyerap materi. Video pembelajaran juga akan membangun konsentrasi dari peserta didik, peserta didik akan lebih serius untuk melihat video pembelajaran, karena biasanya setelah selesai memutarkan video singkat ini saya akan mengadakan tanya jawab seputar video tersebut.

Selain video pembelajaran, saya juga sering menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang berkaitan dengan materi ekosistem. Biasanya setiap gambar – gambar yang saya tampilkan akan di barengi dengan kegiatan tanya jawab. Tujuannya juga sama adalah untuk mengasah keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah.

Terkadang saya menggabungkan 2 media ini dalam kegiatan pembelajaran tema 5 , kelemahan dari penggunaan media ini adalah kita membutuhkan waktu lebih dalam mempersiapkan media pembelajaran berupa video dan gambar ini. tapi semua itu akan terbayarkan, ketika kita bisa membuat peserta didik kita aktif di dalam kelas. 

Tema 5 kelas 5 ini akan membahas tentang ekosistem, materi ekosistem ini akan di bagi lagi kedalam beberapa subtema diantaranya komponen ekosistem ( subtema 1 ), hubungan antar mahkluk dalam ekosistem ( subtema 2), keseimbangan ekosistem ( subtema 3 ). Ketiga subtema inilah yang akan kita input kedalam soal kelas 5 tema 5 .

Soal kelas 5 tema 5 subtema 1

Soal kelas 5 tema 5 subtema 1 ini akan membahas tentang komponen ekosistem. Kita harus bisa menginput materi tema 5 subtema 1 kedalam soal kelas 5 agar peserta didik mengetahui komponen – komponen ekosistem.

Soal kelas 5 tema 5 subtema 2

Soal kelas 5 tema 5 subtema 2  ini akan berfokus pada hubungan antar mahkluk hidup dalam ekosistem. Kita harus bisa menginput materi hubungan antar mahkluk hidup dalam ekosistem agar peserta didik mengetahui hubungan antar mahkluk hidup dalam ekosistem.

Soal kelas 5 tema 5 subtema 3

Soal kelas 5 tema 5 subtema 3 ini akan membahas tentang keseimbangan ekosistem. Soal kelas 5 ini harus merangkum materi keseimbangan ekosistem agar peserta didik mengetahui keseimbangan ekosistem dan bagaimana cara untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Download soal kelas 5 tema 5 

Silahkan melakukan pengunduhan pada link di bawah ini.

Soal kelas 5 tema 5 subtema 1 ( LINK )
Soal kelas 5 tema 5 subtema 2 ( LINK )
Soal kelas 5 tema 5 subtema 3 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Soal kelas 5 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 yang bisa saya bagikan. Soal kelas 5 ini adalah contoh soal yang semoga saja bisa bapak ibu guru gunakan di dalam kelas. Dan terimakasih karena telah bersedia untuk mengunjungi blog www.duniaguru87.com .