Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ADMINISTRASI GURU KELAS 2 kurikulum 2013

 ADMINISTRASI GURU KELAS 2 kurikulum 2013


Adminstrasi guru kelas 2 semester 1

Salam sejahtera bagi kita semua, Bapak Ibu guru kelas 2 pasti sedang mencari  administrasi guru kelas 2 kurikulum 2013. Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan link download administrasi guru kelas 2 kurikulum 2013 yang bisa bapak ibu gunakan dalam menunjang pembelajaran di kelas.

Administrasi guru kelas yang saya bagikan ini adalah administrasi untuk guru kelas 2 semester 1, administrasi ini sangatlah penting untuk dimiliki karena semua kegiatan kita akan lebih tertata apabila telah memiliki administrasi kelas. selain itu, saya jamin pekerjaan kita sebagai seorang guru akan lebih mudah lagi di laksanakan.

Administrasi guru kelas 2

Administrasi di katakan  sebagai penunjang pembelajaran yang akan bapak ibu lakukan di kelas, karena dalam administrasi kelas bapak ibu dapat mengetahui sejauh mana perkembangan anak didik yang bapak ibu ampu di kelas masing masing

Dalam administrasi kelas terdapat banyak berkas yang perlu bapak ibu siapkan misalnya berkas bimbingan dan penyuluhan yang isinya tentang bimbingan yang dilakukan kepada siswa apabila siswa tersebut melakukan kesalahan yang harus kita bimbing dan berikan penyuluhan agar prilaku siswa tersebut tidak terulang lagi

administrasi guru kelas 2 kurikulum 2013
administrasi guru kelas 2 kurikulum 2013


Selain bimbingan dan penyuluhan terdapat juga berkas buku kas kelas, dimana isinya adalah kas keuangan yang ada di kelas 2, baik itu berupa sumbangan masing masing siswa dan dana lain yang masuk ke kelas 2 harus tercatat secara terperinci dalam berkas buku kas kelas sebagai bentuk pertanggung jawab kita terhadap keuangan kelas.

 Selain itu juga dalam administrasi guru kelas terdapat berkas mutasi siswa, data siswa baru yang masuk ke kelas kita akan tercatat di dalam berkas ini. Selain data siswa baru dalam berkas ini juga terdapat data siswa yang pindah sekolah atau keluar dari kelas yang kita ampu. Sehingga kita bisa tahu jumlah pasti peserta didik yang ada di dalam Kelas kita.

Dan yang tidak kalah penting adalah jurnal harian mengajar guru kelas 2, karena dengan adanya berkas ini kita bisa menyusun materi apa saja yang bisa kita sampaikan pada hari tersebut, dengan adanya jurnal harian mengajar ini kita dapat menyusun pembelajaran sesuai dengan kemampuan daya tangkap anak anak kita di kelas

Perangkat silabus juga harus tersedia dalam administrasi kelas karena dalam silabus kita bisa melihat secara garis besar kegiatan kita di kelas, materi apa yang tersedia, jenis penilaian yang bisa kita berikan yang sesuai dengan materi hari itu, pendidikan penguatan karakter apa saja yang bisa kita berikan pada materi itu, alokasi waktu yang tersedia ketika mengajarkan materi tersebut, dan  sumber belajar yang  sesuai dengan materi itu, karena dengan sumber belajar yang sesuai akan lebih mempermudah siswa dalam mengerti dan memahami materi yang kita sampaikan di kelas

Dalam administrasi kelas terdapat juga struktur organisasi kelas, yang menjadi gambaran siapa saja dari siswa kita yang di berikan tugas menjadi perangkat kelas, mulai dari ketua kelas , wakil ketua kelas, sekretaris, bendahara sampai pembagian piket siswa juga terdapat di dalamnya.

Dan yang terakhir adalah berkas supervisi, supervisi ini adalah bentuk penilaian kepala sekolah terhadap administrasi yang telah kita susun, kepala sekolah akan memeriksa kelengkapan administrasi yangkita miliki  dan memberikan penilaian kepada kita berdasarkan kelengkapan administrasi tersebut, selain kelengkapan administrasi tersebut kita juga di haruskan untuk mengisi administrasi kelas yang kita buat sesuai dengan data yang kita temukan dalam pelaksanaan di kelas.

Administrasi yang saya bagikan ini masih jauh dari kata sempurna karena masih banyak kekurangan kekurangan yang mendasar yang belum bisa saya tutupi, maka dari itu saya sangat berharap kepada Bapak Ibu guru kelas 2 Sekolah dasar untuk membantu saya dalam menyempurnakan administrasi guru kelas 2 ini. Karena dengan semakin sempurnanya Administrasi ini akan mencerminkan kesiapan bapak ibu guru dalam mempersiapkan kelas yang bapak ibu ampu.

Download administrasi guru kelas 2

Di bawah ini adalah link download administrasi siswa kelas 2 sekolah dasar yang bisa bapak ibu download

Bimbingan dan penyuluhan kelas 2 ( LINK )

Buku kas kelas 2 ( LINK )

Buku mutasi kelas 2 ( LINK )

Buku penilaian kelas 2 ( LINK )

Buku tamu kelas 2 ( LINK )

Daftar inventaris kelas 2 ( LINK )

Denah tempat duduk kelas 2 ( LINK )

Grafik absen murid kelas 2 ( LINK )

Jurnal harian pembelajaran tema 1 ( LINK )

Jurnal harian pembelajaran tema 2 ( LINK )

Jurnal harian pembelajaran tema 3 ( LINK )

Jurnal harian pembelajaran tema 4 ( LINK )

Pengambilan dan pengembalian raport kelas 2 ( LINK )

Silabus tema 1 kelas 2 ( LINK )

Silabus tema 2 kelas 2 ( LINK )

Silabus tema 3 kelas 2 ( LINK )

Silabus tema 4 kelas 2 ( LINK )

Struktur organisasi kelas 2 ( LINK )

Supervisi kelas 2 ( LINK )

Demikianlah administrasi guru kelas 2 sekolah dasar yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, besar harapan saya agar administrasi guru kelas 2 sekolah dasar ini dapat dipergunakan sebagai mana mestinya, karena dengan administrasi guru yang baik dan lengkap akan membuat kegiatan pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih baik lagi. . Dan jika bapak ibu sedang mencari tutorial tentang komputer, android, dan tutorial tutorial lain bapak ibu guru bisa berkunjung ke channel youtube saya duniatutorial87.

Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih karena sudah berkunjung ke blog ini, dan semoga bapak dan ibu tidak jera untuk berkunjung lagi ke blog ini, jika ada sumur di ladang mari kita mandi bersama sama